Alhamdulillah seluruh Program Studi di STIKES SURYA GLOBAL telah ter-Akreditasi -- Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat (Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi) Akreditasi Peringkat B (SK No. 157/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013) -- ♥ PENDAFTARAN MAHASISWA SANTRI BARU STIKES SURYA GLOBAL TA 2017/2018 TELAH DUBUKA ♥

Beranda

Konsultasi

Kategori konsultasi


Polling

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan menyejahterakan bangsa harus dimulai dari mencerdaskan melalui pendidikan. Oleh karena itu pendidikan agama menempati posisi yang vital dalam menigkatkan kesejahteraan bangsa.




Lihat Hasil

SEJARAH SINGKAT STIKes Surya Global (STIKes Surga)

A. SEJARAH SINGKAT STIKes Surya Global (STIKes Surga)

Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan merupakan sebuah pengabdian warga negara terhadap bangsa dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Masyarakat mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan suatu pendidikan formal melalui suatu lembaga yang berbadan hukum sejalan dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 54 yang menyatakan bahwa masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil pendidikan.
Pendidikan tenaga kesehatan sebagai bagian integral dari pembangunan kesehatan, merupakan salah satu elemen yang penting dalam menunjang terwujudnya visi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yaitu Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan. Karenanya ditetapkan visi pendidikan tenaga kesehatan yaitu dihasilkannya tenaga kesehatan yang profesional sesuai dengan kebutuhan program pelayanan kesehatan dan menuju masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.
Misi pendidikan tenaga kesehatan untuk mewujudkan visi tersebut adalah meningkatkan mutu lulusan, meningkatkan mutu institusi pendidikan tenaga kesehatan, termasuk pendidikan tenaga kesehatan yang didirikan dan diselenggarakan oleh pihak masyarakat, serta meningkatkan kemitraan dan kemandirian institusi, pemerintah, masyarakat termasuk swasta dalam pelaksanaan diknakes. Perwujudan misi ini perlu sejalan kondisi nyata perkembangan internasional antara lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pemberlakuan pasar bebas, maka tujuan pendidikan tenaga kesehatan diarahkan untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang kompeten, profesional, dan berdaya saing yang jumlah dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dalam tatanan pelayanan kesehatan di tingkat nasional dan global.
Penyediaan tenaga kesehatan juga perlu didasarkan atas proyeksi kebutuhan tenaga tersebut yang sejalan dengan tuntutan dan permintaan pasar (demand-driven) serta perkembangan epidemiologi penyakit dan perubahan demografi. Transisi demografi dan epidemiologi penyakit telah mendorong perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat dan perubahan ini sudah barang tentu mendorong perkembangan teknologi kesehatan/kedokteran terutama dalam bidang instrumentasi diagnostik, terapi, dan rehabilitasi medis. Sejalan dengan hal tersebut maka keberadaan tenaga kesehatan, khususnya tenaga farmasi, kesehatan masyarakat dan perawat profesional sangat strategis dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
Berawal dari niatan tulus untuk turut berkiprah di dunia pendidikan dalam usaha mencerdasakan anak bangsa, maka Yayasan Surya Global Yogyakarta mengambil peran aktif dalam bidang pendidikan tinggi kesehatan sebagai sarana konkrit dalam usaha mencerdaskan anak bangsa. Dengan komitmen tersebut Yayasan Surya Global mendirikan dan meresmikan Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang Ilmu Kesehatan yang diberi nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta. Tepatnya pada tanggal 13 Maret 2003 dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 35/D/O/2003 tanggal 23 Maret 2003 dengan resmi STIKES Surya Global berdiri.

Dalam perjalanannya setelah 2 (dua) tahun berjalan, STIKes Surya Global Yogyakarta telah mendapatkan Ijin Perpanjangan Program Studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan No. 2202/D/T/2005 untuk Program Studi Kesehatan Masyarakat serta Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggarakan Program Studi Kesehatan Masyarakat dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan No 2970/D/T/K-V/2009 dan Surat Keputusan No. 2203/D/T/2005 untuk Program Studi Ilmu Keperawatan serta Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggarakan Program Studi Ilmu Keperawatan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan No 2971/D/T/K-V/2009.

Pada bulan Juni 2007 STIKes Surya Global Yogyakarta mengikuti proses visitasi (Akreditasi) yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan berdasarkan SK BAN PT nomor : 015/BAN-PT/Ak.-X/S1/VII/2007 Program Studi Ilmu Keperawatan dinyatakan telah Terakreditasi dan untuk Program Studi Kesehatan Masyarakat juga teah dinyatakan Terakreditasi sesuai dengan nomor BAN PT yaitu : SK. No.020/BAN-PT/Ak.-X/S1/IX/2007.

Pada bulan Desember 2008, STIKES Surya Global menambah satu lagi program studi yaitu Program Studi Profesi Ners dengan ijin penyelenggaraan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI No. 267/D/O/2008. Pada tahun 2011, Program Studi Profesi Ners mendapatkan Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Profesi Ners dari Kementerian Pendidikan Nasional Kopertis Wilayah V DIY  No. 6972/D/T/K-V/2011.
 
Tahun 2011, STIKES Surya Global menambah 1 (satu) program studi yaitu Program Studi Diploma III yaitu Program Studi Farmasi dengan ijin penyelenggaraan Surat Keputusan No 224/E/O/2013. Tahun 2014 STIKES Surya Global mengajukan proses Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dan pada tahun 2015 STIKES Surya Global telah Terakreditasi BAN PT dengan Surat Keputusan BAN PT Nomor: 152/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015. Kampus STIKes Surya Global Yogyakarta yang terletak di Ringroad Selatan, Blado, Potorono, Banguntapan, Bantul dengan beberapa ruangan dan asrama yang dibangun untuk menampung kegiatan perkuliahan, praktikum, asrama , perpustakaan dan klinik kesehatan, sebagai Kampus Terpadu STIKes Surya Global. Oleh karena kepercayaan dari seluruh civitas akademika, saat ini STIKes Surya Global mengelola 4 (empat) Program Studi dan beberapa konsentrasi peminatan studi di masing-masing program studi.

Dalam rangka untuk mencapai visi dan misi dari STIKES Surga yang terdiri dari 3 (tiga) pilar utama yaitu Agamis, Humanis dan Kompeten. Visi agamis akan kita capai melalui program-program yang ada di Pondok Pesantren Mahasiswa STIKES SURGA untuk mahasiswa muslim dan untuk mahasiswa non muslim melaui kegiatan-kegiatan yang telah disusun oleh lembaga keagamaan terkait yang telah bekerjasama dengan STIKES SURGA. Untuk visi Humanis akan dicapai melalui kegiatan-kegiatan dalam payung kepanduan pramuka surge. Dan visi kompeten melalui kegiatan-kegiatan tri dharma yang dilakukan di kampus STIKES SURGA.


B. BADAN HUKUM PENYELENGGARA

Yayasan Surya Global

Akte Notaris Muhammad Kamaludin Purnomo SH Nomor 15 tanggal 29 Maret 2002 Yayasan ini juga telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI nomor C-27.HT.01.02.TH 2005 Tanggal 10 Januari 2005.

C.    LEGALITAS KELEMBAGAAN

1.    Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 35/D/O/2003 tanggal 13 Maret 2003 Tentang pemberian ijin penyelenggaraan program-program studi dan pendirian STIKES Surya Global Yogyakarta diselenggarakan oleh Yayasan Surya Global.
2.    Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 152/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015 tanggal 10 April 2015 tentang nilai dan peringkat akreditasi perguruan tinggi.
3.    Surat Keputusan Dirjen DIKTI tentang perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi Kesehatan Masyarakat di STIKES Surya Global Yogyakarta Nomor 2202/D/T/2005 tanggal 11 Juli 2005.
4.    Surat Keputusan Dirjen DIKTI tentang perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi Kesehatan Masyarakat di STIKES Surya Global Yogyakarta Nomor 2970/T/K-V/2009 tanggal 24 Juli 2009.
5.    Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013 tanggal 20 Juli 2013 tentang Nilai dan peringkat Akreditasi pada program sarjana.
6.    Surat Keputusan Dirjen DIKTI tentang perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi Ilmu Keperawatan di STIKES Surya Global Yogyakarta Nomor 2203/D/T/2005 tanggal 11 Juli 2005.
7.    Surat Keputusan Dirjen DIKTI tentang perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi Ilmu Keperawatan di STIKES Surya Global Yogyakarta Nomor 2971/T/K-V/2009 tanggal 24 Juli 2009.
8.    Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 084/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/III/2013 tanggal 23 Maret 2014 tentang Nilai dan peringkat Akreditasi pada program sarjana.
9.    Surat Keputusan Dirjen DIKTI Nomor 267/D/O/2008 tanggal 31 Desember 2008 tentang pemberian ijin penyelenggaraan program pendidikan profesi ners pada perguruan tinggi.
10.    Surat Keputusan Dirjen DIKTI nomor 6972/D/T/K-V/2011 tanggal 9 Mei 2011 tentang perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi profesi ners.
11.    Surat Keputusan LAM PT Kes Nomor 0182/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2015 tanggal 20 Desember 2015 tentang Status, nilai dan peringkat akreditasi program studi profesi ners STIKES Surya Global.
12.    Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 224/E/O/2013 tanggal 7 Juni 2013 Tentang Izin penyelenggaraan program studi Farmasi (D III) pada STIKES Surya Global.
13.    Surat Keputusan LAM PT Kes Nomor 0233/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2015 tanggal 20 Desember 2015 tentang Status, nilai dan peringkat akreditasi program studi Farmasi (D III) STIKES Surya Global.


D.    REPUTASI KELEMBAGAAN

1.    Tahun 2009 sebagai penerima Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI) dari Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kemendiknas RI.
2.    Tahun 2012 sebagai penerima Hibah Kompetisi Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) dari Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kemdiknas RI.
3.    Tahun 2013, 2014 dan 2015 sebagai penerima hibah penelitian dosen DIPA Kopertis wilayah V Yogyakarta.
4.    Tahun 2016, sebagai penerima hibah pembangunan Masjid kampus STIKES Surya Global kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat dari Kuwait.