Beranda

YM Online

Admin

Admin Sistem Informasi

Akademik

Dakwah & Kerjasama Kawasan

Tracer Study

Phone :

0274-4469099 (CS)

0274-4469101 (Fax)

0274-4469098 (Office)

Polling

Program Studi apakah yang anda pilih?




Lihat Hasil

PROFIL

SEJARAH

Berawal dari niatan tulus untuk turut berkiprah di dunia pendidikan dalam usaha mencerdasakan anak bangsa, maka Yayasan Surya Global Yogyakarta mengambil peran aktif dalam bidang pendidikan tinggi kesehatan sebagai sarana konkrit dalam usaha mencerdaskan anak bangsa.


Dengan komitmen tersebut Yayasan Surya Global mendirikan dan meresmikan Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang Ilmu Kesehatan yang diberi nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta. Tepatnya pada tanggal 13 Maret 2003 dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 35/D/O/2003 tanggal 23 Maret 2003 dengan resmi STIKES Surya Global berdiri.

Dalam perjalanannya setelah 2 (dua) tahun berjalan, STIKES Surya Global Yogyakarta telah mendapatkan Ijin Perpanjangan Program Studi dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan No. 2202/D/T/2005 untuk Program Studi Kesehatan Masyarakat serta Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggarakan Program Studi Kesehatan Masyarakat dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan No 2970/D/T/K-V/2009 dan Surat Keputusan No. 2203/D/T/2005 untuk Program Studi Ilmu Keperawatan serta Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggarakan Program Studi Ilmu Keperawatan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan No 2971/D/T/K-V/2009


Pada bulan Juni 2007 STIKES Surya Global Yogyakarta mengikuti proses vitalisasi (Akreditasi) yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan berdsarkan SK BAN PT nomor : 015/BAN-PT/Ak.-X/S1/VII/2007 Program Studi Ilmu Keperawatan dinyatakan telah Terakreditasi dan untuk Program Studi Kesehatan Masyarakat juga teah dinyatakan Terakreditasi sesuai dengan nomor BAN PT yaitu : SK. No.020/BAN-PT/Ak.-X/S1/IX/2007. Awal tahun 2010 sudah akan dipersiapkan pengajuan akreditasi bagi Stikes Surya Global Yogyakarta. 

Pada bulan Desember 2008, STIKES Surya Global menambah satu lagi program studi yaitu program studi profesi ners dengan ijin penyelenggaraan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI No. 267/D/O/2008. Pada tahun 2010, program studi profesi ners mendapatkan Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Profesi Ners dari Kementerian Pendidikan Nasional Kopertis Wilayah V DIY  No. 6972/D/T/K-V/2012

Kampus STIKES Surya Global Yogyakarta terletak di Ringroad Selatan, Blado, Potorono Banguntapan Bantul dengan beberapa ruangan dan asrama dibangun di lokasi baru untuk menampung kegiatan perkuliahan, praktikum, asrama, perpustakaan dan klinik kesehatan sebagai Kampus Terpadu STIKES Surya Global.

Dengan rahmat Allah SWT sampai saat ini STIKES Surya Global telah diberikan amanah mengelola mahasiswa dengan jumlah mahasiswa yang aktif tercatat sampai dengan semester ganjil tahun akademik 2012/2013 sejumlah 3600 mahasiswa.

Dengan komitmen yang kuat, menjadikan pendidikan tinggi sebagai sarana berperan aktif dalam mencerdaskan anak bangsa yang diwujudkan dengan mengelola STIKES Surya Global Yogyakarta, lembaga pendidikan tinggi berjenjang Strata satu (S1) mengelola STIKES Surya Global Yogyakarta dengan program studi :


1. S1-KESEHATAN MASYARAKAT, Konsentrasi :

      - Manajemen Rumah Sakit (SKM) 
      - Kesehatan Reproduksi (SKM) 
      - Sistem Informasi Kesehatan & Rekam Medik (SKM) 

2. S1-ILMU KEPERAWATAN

3. PROGRAM PROFESI NERS

Dalam Usianya yang relatif muda  STIKES Surya Global Yogyakarta, berhasil mendapatkan status terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) 

SK. No. 084/BAN-PT/Ak-SURV/S/III/2014 - Prodi ILMU KEPERAWATAN

SK No. 157/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013 - Prodi KESEHATAN MASYARAKAT

Kemandirian, berkarakter dan profesional adalah bentuk pendidikan mental yang ditekankan di STIKES Surya Global Yogyakarta demi terlahirnya SDM yang handal dan selalu optimis menghadapi tantangan kedepan.

Pengembangan pola pikir, mengasah kreatifitas serta antisipatif  terhadap hal-hal baru yang terus berkembang adalah sentuhan rutin yang diprogramkan di STIKES Surya Global Yogyakarta untuk melengkapi bekal para mahasiswanya  agar  selalu terdepan dalam meraih peluang dan kesempatan.

Pengalaman serta reputasi Surya Global  dibidang pendidikan tinggi menjadikan STIKES Surya Global Yogyakarta sebagai alternatif studi yang patut dijadikan pilihan.


FASILITAS


Ruang Kuliah

Total ruang kuliah : 24 ruang

Ruang Kuliah di Kampus I : 18 ruang

Ruang Kuliah di Kampus II :  6 ruang


Laboratorium Komputer

Dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa STIKES Surya Global Yogyakarta juga menyediakan sarana Laboratorium Komputer sebagai wahana praktik dan belajar penerapan teknologi komputer. Laboratorium komputer dengan luas 120 m2 ini terletak di Kampus Utara yang terdiri dari dua ruang laboratorium komputer dengan jumlah 60 unit komputer dilengkapi dengan layanan teknologi internet, LCD, viewer, ruangan ber-AC dan dilengkapi dengan sarana belajar lainnya.

Laboratorium Praktikum


Fasilitas atau sarana penunjang kegiatan akademik/perkuliahan mahasiswa berupa sejumlah laboratorium, terdapat di Kampus STIKES Surya Global Yogyakarta. Laboratorium tersebut digunakan untuk memantapkan keilmuan (teori-teori, konsep-konsep) mahasiswa. Khususnya secara praktis. Di samping itu, baik mahasiswa maupun dosen dapat menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut untuk kegiatan/rekayasa dan keahlian serta profesi. Laboratorium praktikum yang dimiliki oleh STIKES Surya Global Yogyakarta, antara lain :

 A. Laboratorium Keperawatan :

  1. Laboratorium Keperawatan Dewasa
  2. Laboratorium Keperawatan Dasar
  3. Laboratorium Ketrampilan Dasar Dalam Keperawatan
  4. Laboratorium Keperawatan Gawat Darurat
  5. Laboratorium Maternitas
  6. Laboratorium Anak
  7. Laboratorium Keperawatan Jiwa
  8. Laboratorium Keperawatan Gerontik
  9. Laboratorium Keperawatan Komunitas
  10. Laboratorium Keperawatan Keluarga
  11. Laboratorium Pendidikan Kesehatan
  12. Laboratorium Nursing Simulation Program inspesialist UGD
  13. Laboratorium Nursing Simulation Program inspesialist Kamar Bedah
  14. Laboratorium Nursing Simulation Program inspesialist ICU
B. Laboratorium Kesehatan Masyarakat :
  1. Laboratorium Anatomi Fisiologi
  2. Laboratorium Mikrobiologi dan Parasitologi
  3. Laboratorium Fisika
  4. Laboratorium Biokimia
  5. Laboratorium Manajamen
  6. Laboratorium Rekam Medis
  7. Laboratorium Sistem Informasi Kesehatan (SIK)

Selamat datang di kota pendidikan dan kota budaya Jogja,

Selamat datang di STIKES Surya Global Yogyakarta .