Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- PENDAFTARAN MAHASISWA SANTRI BARU STIKES SURYA GLOBAL Tahun Ajaran 2017 2018 MASIH DIBUKA -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺ -- DIRGAHAYU KEMERDEKAAN INDONESIA

Beranda

Konsultasi

Kategori konsultasi


Polling

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan menyejahterakan bangsa harus dimulai dari mencerdaskan melalui pendidikan. Oleh karena itu pendidikan agama menempati posisi yang vital dalam menigkatkan kesejahteraan bangsa.




Lihat Hasil

CAMPUS NEWS

Seminar Nasional: PELUANG KERJA TENAGA KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN ADANYA DOKTER LAYANAN PRIMER

Kamis, 27 April 2017, 3:54 WIB - CAMPUS NEWS

Kesehatan masyarakat di Indonesia memiliki berbagai masalah kesehatan yang kompleks seperti angka kematian bayi dan ibu hamil, burden penyakit menular belum selesai ditambah dengan penyakit tidak menular. Selain itu, dilihat dari latar belakang penguatan  layanan primer peran Kesehatan Masyarakat sebagai tenaga kesehatan layanan primer sangat penting hanya saja banyak profesionlisme SKM di dinas kesehatan serta di institusi pelayanan kesehatan tetapi belum menduduki jabatan strategis.


Dimana Peran SKM?


Seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat tetap memiliki berbagai peran dalam layanan kesehatan primer berdasar kompetensi meskipun adanya Dokter Layanan Primer. Semua itu dapat dilihat dari berbagai faktor seperti kompetensi DLP sendiri dan kompetensi SKM serta banyaknya permasalahan kesehatan yang ada. Salah satu peluang SKM adalah seperti konsultan kesehatan, menjadi dosen, akademisi, peneliti, tenaga ahli di Rumah Sakit, tenaga penyuluh kesehatan, administrasi kesehatan di institusi kesehatan, ahli informatika kesehatan, tenaga teknis di institusi pelayanan kesehatan, serta keterlibatan dalam upaya pencegahan penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja.Untuk itulah Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertema "PELUANG KERJA TENAGA KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN ADANYA DOKTER LAYANAN PRIMER" yang diselenggarakan di Hotel Satya Graha pada hari Ahad 9 April 2017 lalu dengan pemateri antara lain:


1.    Drg. Usman Sumantri, M.Sc (Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI)


2.    Hanifa M. Denny, SKM, MPH, Ph.D (Ketua Umum PERSAKMI 2013 – 2017)


3.    dr. Fitri Indah Setyawati, M.Sc (Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi DIY)



 


 


 



Apakah itu Dokter Layanan Primer?


Dokter Layanan Primer atau DLP adalah dokter setara dokter spesialis (KKNI 8) di bidang generatif yang secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip ilmu kedokteran keluarga ditunjang dengan ilmu kedokteran komunitas danilmu kesehatan masyarakat dan mampu memimpin maupun menyelenggarakan pelayanan kesehatan primer.


Apakah perbedaan kompetensi Dokter dan kompetensi Dokter Layanan Primer?


Kompetensi seorang dokter, yaitu:


a.    Profesionalitas yang luhur


b.    Mawas diri dan pengembangan diri


c.    Komunikasi efektif


d.    Pengelolaan informasi


e.    Landasan ilmiah ilmu kedokteran


f.    Ketrampilan klinis


g.    Pengelolaan masalah kesehatan


 


Kompetensi seorang Dokter Layanan Primer, yaitu:


a.    Etika, Hukum dan profesionalisme di pelayanan primer


b.    Komunikasi Holistik, Komprehensif dan Kecakapan Budaya


c.    Pengelolaan kesehatan yang berpusat pada individu dan keluarga


d.    Ketrampilan klinis


e.    Manajemen fasilitas pelayanan kesehatan primer


f.    Pengelolaan kesehatan yang beorientasi pada komunitas dan masyarakat


g.    Kepemimpinan


 

Berita Lain