PENDAFTARAN MAHASISWA SANTRI BARU STIKES SURYA GLOBAL 2018 2019 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Manajemen Jaminan & Asuransi Kesehatan Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Beranda

Konsultasi

Kategori konsultasi


Polling

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan menyejahterakan bangsa harus dimulai dari mencerdaskan melalui pendidikan. Oleh karena itu pendidikan agama menempati posisi yang vital dalam menigkatkan kesejahteraan bangsa.




Lihat Hasil

CAMPUS NEWS

MEET AND GREAT PMKM STIKES SURYA GLOBAL

Senin, 20 November 2017, 9:13 WIB - CAMPUS NEWS

MEET AND GREAT PMKM STIKES SURYA GLOBAL .

Alhamdullillah puji syukur kehadirat Allah SWT akhirnya pengurus PMKM STIKes Surya Global telah usai melakukan salah satu program kerja khusus pada Pengurus Harian yaitu dengan mengadakan kegiatan "Meet and Great" atau penyambutan kepada mahasiswa baru Kesehatan Masyarakat, Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa baru mengetahui tentang program studi Kesehatan Masyarakat dan bagaimana peran PMKM dalam dunia kampus maupun di luar kampus untuk membangun kualitas pada mahasiswa baru Kesehatan Masyarakat tahun ajaran 2017-2018.

Sebagai calon tenaga Kesehatan Masyarakat yang nantinya akan memberikan promotif dan preventif kepada masyarakat, maka melalui PMKM ini mahasiswa yang bergabung dalam kepengurusan organisasi HMJ STIKes Surya Global akan senatiasa melakukan kegiatan yang mampu membangun skiil mahasiswa dan meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat.

Pada tanggal 8 September 2017 Perhimpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat ( PMKM ) mengadakan kegiatan “Meet and Great “ dalam rangka penyambutan mahasiswa baru yang dilaksanakan di Aula 1 kampus Timur Stikes Surya Global dengan pemahaman lebih lanjut tentang apa itu Kesehatan Masyarakat, apa itu PMKM, dan seberapa besar peranan PMKM di kampus..Berbicara tentang Kesehatan Masyarakat pasti tidak terlepas dari 2 tokoh metodologi yunani,yakni Asclepius dan Higean. Berdasarkan cerita mitos yunani tersebut Asclepius disebutkan sebagai dokter pertama yang dapat mengobati penyakit dan bahkan melakukan operasi bedah berdasarkan prosedur-prosedur dengan baik.dan Higean seorang asistennya yang kemudian dikisahkan menjadi istrinya telah melakukan upaya-upaya kesehatan.

Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiesi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol inveksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan dan lainsebagainya. Ruang lingkup Kesmas terdiri dari beberapa pilar: epidemiologi dan biostatistik, kesehatan lingkungan, pendidikan kesehatan dan perilaku,administrasi kesmas, gizi kesmas, kesehatan dan keselamatan kerja, Kespro, SIK, dan surveiler penyakit menular.

Apa itu PMKM ?


PMKM merupakan organisasi mahasiswa jurusan yang berdiri pada tanggal 7 September 2007, dan mempunyai wewenang penting dalam prodi Kesehatan Masyarakat. PMKM merupakan wadah mahasiswa Kesmas di kampus.Tujuan PMKM yaitu dapat membuat suatu organisasi yang kokoh dan menerapkan pola kerja yang profesional, yang didasarkan pada visi-misi PMKM secara konsisten dan komprehensif yang akan menunjang. Di samping itu juga PMKM merupakan wadah untuk menampung aspirasi, mengolah potensi mahasiswa.dan merealisasikan dalam program kerja serta memupuk rasa tanggung jawab yang lebih.di dalam struktur kepengurusan PMKM mempunyai beberapa devisi,yaitu antara lain :

 Divisi humas yang bergerak dalam mencari informasi baik itu dilingkungan eksternal maupun di internal serta dapat menjalin hubungan baik dengan organisasi-organisasi lain baik dalam kampus maupun di luar kampus;

 Pokja merupakan rahannya ISMKMI, dimana ISMKMI ini merupakan organisasi nasional yang dapat mengampaikan atau menginformasikan isu-isu Kesmas terbaru.

 Danus merupakan dana usaha yang dapat mengembangan berbagai macam usaha di PMKM.

 Litbang merupakan bidang yang bergerak pada karya tulis ilmiah,dan menggembangkan potensi-potensi mahasiswa.

 PSDM merupakan tempat untuk mengelola berbagai keahlian maupun sumber daya manusianya, yang saling bekerjasama dalam membentuk tujuan bersama demi menjalankan proker selama satu periode kepegurusan.

Dalam kegiatan "meet and great" mahasiswa baru diberikan gambaran terkait dengan kegiatan-kegiatan PMKM baik internal maupun eksternal, sehingga dapat membangun rasa penasaran dan semangat tinggi dalam memajukan dunia kesehatan di Indonesia. (PMKM/2017)

Berita Lain