PENDAFTARAN MAHASISWA SANTRI BARU STIKES SURYA GLOBAL 2018 2019 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Manajemen Jaminan & Asuransi Kesehatan Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Beranda

Konsultasi

Kategori konsultasi


Polling

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan menyejahterakan bangsa harus dimulai dari mencerdaskan melalui pendidikan. Oleh karena itu pendidikan agama menempati posisi yang vital dalam menigkatkan kesejahteraan bangsa.




Lihat Hasil

CAMPUS NEWS

PUBLIC SPEAKING “SPEAK UP! WE ARE THE GOOD SPEAKERS”

Senin, 20 November 2017, 9:50 WIB - CAMPUS NEWS

Alhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan dan kenikmatan sehingga penggurus PMKM telah usai melaksanakan salah satu program kerja dari Divisi LITBANG yang mengadakan kegiatan pelatihan Public Speaking dengan tema “SPEAK UP! WE ARE THE GOOD SPEAKERS”. Kegiatan Public Speaking ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berbicara di depan umum secara baik dan benar serta dapat memiliki kemampuan dalam menghidupkan suasana dan menempatkan intonasi secara tepat dan benar. Kenapa kita perlu belajar ilmu Public Speaking? Karena Public Speaking sangat diperlukan sekali dalam mendorong pekerjaan yang akan kita lakukan, tentunya setiap hari anda akan bertemu dengan orang banyak serta memerlukan kemampuan untuk berbicara secara baik diantaranya adalah dengan memahami ilmu Public Speaking.
.
Kegiatan ini dilakukan di Aula GSP 2 kampus STIKes Surya Global yang terletak di Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Sasaran kegiatan ini ditujukan pada seluruh mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang berstatus mahasiswa aktif di kampus STIKes Surya Global. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan Public Speaking sebanyak 25 orang serta tema yang terkait dengan dasar-dasar Public Speaking dan dasar-dasar ilmu Kepemimpinan. Dalam kegiatan ini diisi dengan materi dan praktek pelatihan Public Speaking yang dirangkai semenarik mungkin oleh panitia agar mahasiswa tidak jenuh dalam proses penerimaan materi, sehingga dihadirkan pemateri yang sekiranya dapat memberikan ilmu tentang Public Speaking yang sesungguhnya. Serta dapat menginsprasi bagi mahasiswa. 
.
Pelatihan Public Speaking dilaksanakan pada tanggal 15 dan tanggal 22 Oktober 2017 dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Pemateri yang dihadirkan pada pelatihan Public Speaking ini yaitu A.R.Asrari Puadi S.K.M. Beliau seorang anak muda sukses dan bertalenta yang memiliki berbagai pengalaman dalam pelatihan Public Speaking, Dalam penyampaiannya beliau mengatakan “berkomunikasi disini lebih diarahkan pada kemampuan komunikator dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat apalagi dalam ilmu Kesehatan Masyarakat sendiri yang memang mengacu pada promotif dan preventif, Sehingga mahasiswa dituntut untuk bisa aktif dan kreatif dalam berkomunikasi guna untuk menyampaikan pesan-pesan, baik kesehatan maupun lainnya. Kegiatan ini sangat penting dilakukan tujuannya agar mahasiswa selalu siap setiap saat berhadapan langsung dengan masyarakat dan lainnya. Kegiatan ini menjadi pemicu agar mahasiswa lebih kreatif lagi sebab ilmu Kesehatan Masyarakat itu merupakan seni yaitu untuk mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku supaya mudah di terima,maka juga harus dilatih mulai dari sekarang saat masih manjadi mahasiswa”.
.
Public Speaking merupakan kegiatan penyampaian pesan berupa ide/gagasan secara oral atau lisan, serta merupakan seni ilmu pengetahuan tentang komunikasi lisan yang efektif dengan pendengar. Pesan yang akan disampaikan harus sesuai dan pas, bahasa tubuh dan kontak mata yang sesuai, ekspresi wajah dan intonasi juga harus benar-benar diperhatikan. Pembawaan seseorang dalam berkomunikasi menjadi acuan penting apakah pesan tersebut mampu dipahami orang lain atau tidak, jadi kuncinya yaitu percaya diri dan mampu menguasai teknik-teknik dalam Public Speaking.
.
Harapannya dengan adanya pelatihan ini mampu memberikan pengetahuan dan kemampuan untuk berbicara di depan umum dengan baik dan benar. Metode yang dilakukan selama berlangsungnya acara yaitu dengan cara pemateri menyampaikan materi yang telah di siapkan berupa powerpoint dengan menggunakan sistem tanya jawab dan praktek berbicara di depan, masing-masing mahasiswa menyampaikan satu materi yang akan dipresentasikan di depan audiens. Disamping itu sesekali pemateri memberikan hiburan berupa video yang akan dipertontonkan di depan audiens agar peserta tidak jenuh sehingga pikiran kembali fresh dan dapat kembali menerima materi dengan baik. (PMKM/2017)

Berita Lain