Pimpinan dan Anggota Majelis STIKes Surya Global mengucapkan: SELAMAT IDUL FITRI 1 Syawal 1439 H Semoga Allah SWT menerima Amal Ibadah kita -- PENDAFTARAN MAHASISWA SANTRI BARU STIKES SURYA GLOBAL 2018 2019 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Beranda

Konsultasi

Kategori konsultasi


CAMPUS NEWS

Sosialisasi Program Nusantara Sehat Kemenkes RI

Senin, 11 Desember 2017, 12:36 WIB - CAMPUS NEWS

Indonesia merupakan negara yang termasuk dalam empat besar di dunia dengan penduduk terbanyak. Banyaknya penduduk di Indonesia sayangnya belum semua warganya dapat merasakan kesehatan yang merata. Padahal kesehatan adalah hak semua masyarakat yang harus didapatkan. Semua tenaga kesehatan telah berusaha dalam melakukan tugas dan tanggung jawab serta kewajibannya dalam memberikan pelayanan kesehatan sebaik mungkin. Akan tetapi realitas yang terjadi di Indonesia masih didapatkan daerah-daerah yang belum merata kesehatannya. Namun disisi lain ada juga daerah-daerah di Indonesia yang sudah dikatakan layak dalam hal kesehatannya. Tentu saja ini menjadi permasalahan bagi masyarakat Indonesia terhadap ketimpangan pemenuhan tenaga kesehatan di Indonesia.


Melihat hal demikian maka Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan suatu program pelayanan kesehatan yang melibatkan dalam bentuk pengabdian khusus untuk 9 jenis tenaga kesehatan di Indonesia yang akan ditempatkan di daerah-daerah dengan kriteria daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Program ini disebut Nusantara Sehat. Akan tetapi, tidak semua masyarakat terutama para tenaga kesehatan dan calon kesehatan di Indonesia mengetahui terkait program Nusantara Sehat.


Demi keberhasilan program Nusantara Sehat tersebut maka Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan kegiatan Pertemuan Sosialisasi Nusantara Sehat Tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Quality Yogyakarta. Pertemuan Sosialisasi Nusantara Sehat Tahun 2017 dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari hari kamis malam 16 november 2017 sampai hari sabtu 18 november 2017 siang.


Pada kegiatan Pertemuan Sosialisasi Nusantara Sehat Tahun 2017 ini dihadiri oleh organisasi profesi kesehatan, ikatan senat mahasiswa kesehatan, dan alumni Nusantara Sehat angkatan 2015 (batch 1). Organisasi profesi kesehatan dan ikatan senat mahasiswa kesehatan yang diundang dalam Pertemuan Sosialisasi Nusantara Sehat Tahun 2015 adalah lima tenaga kesehatan yang masih kurang untuk ditempatkan dalam program Nusantara Sehat dari sembilan jenis tenaga kesehatan yang dibutuhkan untuk program Nusantara Sehat. Lima tenaga kesehatan yang dibutuhkan itu adalah dokter, dokter gigi, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, dan ahli gizi. Maka dari itu Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengundang organisasi profesi kesehatan seperti IDI, PERSAGI, HAKLI, PATEKLI, dan PDGI. Sedangkan untuk ikatan senat mahasiswa kesehatan yang diundang adalah ISMKI, ISMKMI, IMATEKLI, HAPLI,dan PSMKGI. (PMKM/2017)

Berita Lain