PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Beranda

Konsultasi

Kategori konsultasi


Gladi Lapang dan Pelantikan (GLP) KSR PMI Unit XI STIKES Surya Global

Kamis, 01 Februari 2018, 1:01 WIB -

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hingga saat ini Palang Merah Indonesia Yogyakarta dalam melakukan aksi aksi kemanusiaannya senantiasa didukung oleh personil relawan yang memiliki kemampuan khusus dan terus meningkatkan kualitasnya. Anggota KSR PMI Yogyakarta harus memiliki kapasitas SDM yang dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan karena hal ini menjadi hal yang sangat penting. Dengan dasar inilah maka diadakan Diklat yang diadakan kurang lebih 3 bulan. Diklat ini terdiri dari dua macam yaitu Diklat Ruang dan Diklat Lapangan. Diklat ruang meliputi penyampaian materi tentang KePalang-Merahan. Sedangkan Diklat Lapangan merupakan praktek dari semua materi yang didapat dari diklat ruang ditambah dengan pembentukan karakter-perpeloncoan- dan juga simulasi bencana.


Puncak dari Diklat ini adalah Gladi Lapang dan Pelantikan (GLP) maka seluruh Calon Anggota (CATA) wajib mengikuti Diklat ini yang tahun ini diselenggarakan mulai tanggal 26-28 Januari 2018 di Bumi Perkemahan Babarsari Jl. Babarsari Blok 16 No 1A, Caturtunggal, Depok, Sleman..Diklat GLP dan Simulasi Bencana yang dilaksanakan selama tiga hari ini melibatkan + 212 Calon Anggota, 59 panitia dan + 50 anggota KSR dan TSR. GLP dimulai pada hari Jum'at yang di mulai pada jam 10:00 WIB di PMI Markas Kota Yogyakarta Jl. Tegalgendu yang diawali dengan proses registrasi untuk Calon Anggota dan anggota panitia maupun anggota PMI Markas Kota Yogyakarta yang terlibat dalam GLP 2018 di Posko Markas Kota Yogyakarta. Dalam registrasi ini para calon anggota harus memenuhi  syarat-syarat yang telah ditentukan panitia untuk keperluan sandang, pangan, papan ketika melaksanakan GLP. Sebelum melakukan perjalanan ke lokasi GLP para  peserta Calon anggota KSR PMI Markas Kota Yogyakarta dan seluruh anggota KSR melakukan Apel pembukaan pada pukul 13:15 WIB.

Akhir dari Apel Koordinasi kebencanaan SDM membuat tim fase 1 yang terdiri dari: .- tim Assesment, - tim PP (Pertolongan Pertama), Evak, dan Triage.Setelah loading SDM dan peralatan penunjang penanganan bencana tim Assesment dan juga Tim PP di berangkatkan ke TKP. Sebagian SDM dibentuk tim lalu diberangkatkan ke lokasi setelah mendapatkan informasi bencana banjir di Babarsari. Dalam tim ini terdiri dari tim PP, tim Assesment, Logistik, Posko, tim Shelter, dan tim DU (Dapur Umum) yang langsung melakukan tugasnya untuk menyiapkan makan  untuk seluruh SDM. Kemudian tim Posko menjaring informasi dari tim lapangan yang melakukan koordinasi pelaksaan rencana operasi. Setelah tim lapangan melaksanakan rencana operasi lalu tim Assessment mencari data, tim PP melakukan penanganan hingga terevakuasi ke RSL (Rumah Sakit Lapangan), tim Assessment kembali ke markas melakukan pelaporan penjabaran data dari hasil Assessment ke tim Posko. Lalu tim Posko mengolah data pengolahan hasil Assessment yang kemudian dilanjutkan kepada SDM untuk membuat tim: Dapur Umum di TKP Shelter dengan kebutuhan dengan sejumlah orang Posko Lapangan RSLLogistik.Setelah itu pelaksaan rencana operasi dan juga pembuatan shelter untuk posko RSL, penampungan dan DU sedangkan logistic melakukan Listing peralatan dan posko lapangan menyiapkan berkas lalu tim assessment melakukan detail Assessment hingga lanjut. Pada hari selanjutnya yaitu hari Sabtu, 27 januari 2018 ada informasi kebencanaan Angin Cempaka di Babarsari dari pagi hingga sore. Setiap peserta dapat melakukan praktek secara langsung apa yang mereka pelajari dalam ruangan selama ini sebagai bekal untuk menjadi relawan yang professional.


Hari terakhir GLP ini para peserta CATA dan operasioanal melakukan Long March dimulai pada pukul 08:30 sampai pukul 13:00 dari BumPer ke PMI Markas Kota Yogyakarta. Dalam perjalanan ini para calon anggota dipelonco oleh bagian oprasional. Kemudian Cata  melaksanakan ISHOMA yang diikuti seluruh Anggota KSR dari UPN Veteran, INSTIPER, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, UIN Yogyakarta, Universitas Marcubuana Yogyakarta, UMY, UAD, dan STIKes Surya Global Yogyakarta yang mempersiapkan sambutan kedatangan mereka dengan penuh semangat dan bangga,  berbaris rapi dari gerbang menuju penyiraman. Dalam prosesi haru ini para Anggota dan Calon Anggota menyanyikan Mars PMI bersama yang terkadang di iringi isak tangis para calon anggota yang di penuhi rasa syukur dan bangga. Dalam proses penyiraman para calon anggota mencium bendera Merah Putih sebagai bukti cinta tanah air Indonesia. .Pelaksanaan upacara pelantikan di lakukan dengan khidmat, dengan sambutan dari Pengurus  PMI Markas Kota Yogyakarta memberikan motivasi tersendiri untuk para calon anggota dan juga anggota lama. Setelah melakukan sambutan pengurus PMI  membubarkan GLP 2018 yang di iringi tepuk tangan riuh oleh para peserta, dengan begitu para Anggota Relawan Baru telah lahir dan Resmi Menjadi Anggota KSR PMI Markas Kota Yogyakarta.

Berita Lain