Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Senin, 11 November 2019, 9:30 WIB

TIM STIKES SURYA GLOBAL MERAIH JUARA 2 LOMBA KTI & JUARA 3 OLIMPIADE KEPERAWATAN SYNCOS 2019

TIM STIKES SURYA GLOBAL MERAIH JUARA 2 LOMBA KTI & JUARA 3 OLIMPIADE KEPERAWATAN SYNCOS 2019


STIKes Surya Global Alhamdulillah berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang AISYIYAH NURSING COMPETITION AND SEMINAR (SYINCOS) 2019 di Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA).


Tema SYINCOS 2019 kali ini adalah "Peran Perawat dalam Menangani Kematian Ibu dan Bayi menuju SDGs 2030"💫 SYINCOS 2019 terdiri dari 3 cabang lomba :



1. Olimpiade Keperawatan2. Lomba Karya Tulis Ilmiah3. Lomba Poster Populer


Penghargaan pertama diraih oleh Siti Sundari, Tiana Putri Ladjamu, dan Andi Sukma yang meraih Juara 2 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan judul “Momcareapp dalam Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi Menuju SDGS 2030”. Penghargaan selanjutnya diraih oleh Anisa Nur Utami, Siti Aisyah Humairah, dan Nurhidayah yang memperoleh Juara 3 dalam Olimpiade Keperawatan.


Dalam ajang Syncos di Universitas Aisyiah ini tim STIKes Surya Global menurunkan beberapa tim, antara lain:


Lomba Karya Tulis Ilmiah 1 tim (HIMIKA Action) @ 3 orang:- Siti Sundari- Andi Sukma- Tiana Putri Ladjamu


Olimpiade Keperawatan 2 tim @ 3 orang:


Tim 1 (HIMIKA Inspiratif)
- Cerel Fransisco

- Nola Damayanti

- Ayun Pertiwi


Tim 2

- Anisa Nur Utami

- Siti Aisyah Humairah

- Nurhidayah


Lomba Poster populer 1 tim HIMIKA Inspiratif @ 3 orang:

- Mujiburahman

- Nia Larasati

- Na'imaturohmah


Jumlah 12 orang yang Alhamdulillah semuanya masuk Finalis.


Selamat kepada semua tim baik yang mendapat penghargaan maupun belum. Tetap semangat, semoga ke depannya semakin banyak mahasiswa Keperawatan STIKes Surya Global yang terus mencetak prestasi. 🧕


Reporter: Selfi


Lihat Selengkapnya
Jumat, 08 November 2019, 9:06 WIB

BASIC TRAINING OF PUBLIC HEALTH STIKES SURYA GLOBAL 2019 “ MEMBANGUN GENERASI KESMAISMKM’’



BASIC TRAINING OF PUBLIC HEALTH STIKES SURYA GLOBAL 2019 “ MEMBANGUN GENERASI KESMAISMKM’’


ISMKMI sebagai organisasi besar yang akan senantiasa berkembang dengan berbagai dinamika serta problematikanya, harus menjawab pertanyaan “apakah ISMKMI dapat berkembang apabila SDM kurang capable dan kompeten secara pemahaman maupun kinerja?!” Hal tersebut diatas merupakan sebuah refleksi organisasi bagi ISMKMI yang menaungi anggota-anggotanya. Panduan capacity building ini diharapkan menjadi sebuah pemikiran bersama tentang arti penting capacity building di semua bentuk organisasi apapun termasuk ISMKMI, bagaimanapun konsep capacity building-nya. Capacity building ini juga dapat menjadi quality control di dalam ISMKMI yang dapat dijadikan bahan acuan bagi Sekretaris Jenderal dan Koordinator Wilayah untuk mengevaluasi kinerja pengurusnya. Capacity building dapat dilakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan di tingkat Nasional, Daerah, maupun Institusi.



Kegiatan Basic Training Of Public Health ini dilakukan bertujuaan untuk meningkatkan pemahaman mengenai Kesman dan ISMKMI kedepannya. Kegiatan ini merupakan arahan nasional yang ditunjukan kepada institusi yang harus dijalankan. Kegiatan Basic Training of Public Health ini dijalankan setiap satu tahun sekali. Kegiatan ini dilakukan di STIKes Surya Global di ruang aula wisma pada hari Ahad 3 November 2019.


Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Suyatno, S.Pd.I, M.Pd.I selaku Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan dan Ibu Nor Wijayanti, S.KM, M.Kes selaku Kepala prodi Kesehatan Masyarakat dan sekaligus Pembina PMKM STIKes Surya Global.


Kegiatan BToPH diisi oleh 4 pemateri yaitu bapak Rachmad A Puageno S.KM, M.Kes selaku Wakil Sekretaris Jendral PERSAKMI, pemateri kedua Nadya Litakuna selaku Koordinator Wilayah 3 ISMKMI, pemateri ke tiga Rakhmatniwa selaku S.KM selaku Founder Kesmas-Id dan pemateri keempat adalah Dina Mudrikah Selaku Wakil Koordinator Wilayah 3 ISMKMI. Kegiatan ini di hadiri oleh 64 peserta yang terdiri dari mahasiswa Kesmas semester 1 sampai semester 5.






reporter: Mira





 
Lihat Selengkapnya
Selasa, 05 November 2019, 10:17 WIB

KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITY of THE SUNSHINE COAST AUSTRALIA KE STIKES SURYA GLOBAL

Pada hari Jum'at siang tanggal 1 November 2019 STIKes Surya Global kedatangan tamu dari mahasiswa School of Nursing, Midwifery and Paramedicine University of The Sunshine Coast (USC) yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Australia. Kedatangan mereka didampingi juga oleh beberapa dosen dan perwakilan dari Karima Health Care Community. Mereka diterima di ruang GSP 1 oleh Ketua STIKes Surya Global bapak Dwi Suharyanta, ST, M.PH., Amir Pesantren Surga bapak Sugiono, S.IP., MM.,M.PH., Wakil Ketua I bapak Dedy Koeswoyo,S.IP., M.PH., Wakil Ketua III bapak Suyatno, S.Pd.I.,M.Pd.I., Kepala prodi Pendidikan Prefesi Ners ibu Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ns., M.Kep., dan beberapa dosen lainnya. Dalam kesempatan ini Ketua STIKes Surya Global mengucapkan selamat datang kepada para dosen dan mahasiswa USC ke kampus STIKes Surya Global. Pak Antok juga memperkenalkan STIKes Surya Global dimana nama Surya Global disingkat menjadi Surga yang dalam bahasa Inggris adalah 'heaven'.


Sedangkan perwakilajn dari USC juga mengapresiasi sambutan yang baik dan ramah dari STIKes Surga. Dalam kesempatan ini pula dosen prodi Keperawatan bapak Aris Setyawan, S.Kep., Ns. menyampaikan presentasi tentang Keperawatan Holistik yang diajarkan kepada para mahasiswa Keperawatan STIKes Surga. Saat adzan berkumandang acara dihentikan sementara untuk memberi kesempatan bagi yang muslim untuk sholat Ashar di masjid Baitu Surga. Setelah itu dilanjutkan perkenalan oleh masing-masing mahasiswa dan dosen USC.


Kemudian dilangsunkan penyerahan sertifikat dari USC yang kemudian diterima Ketua STIKes Surya Global. Setelah itu dilangsungkan foto bersama di depan GSP STikes Surga. Para mahasiswa dan dosen USC dengan didampingi beberapa anggota Majelis dan mahasiswi prodi Keperawatan kemudian menuju ke kampus timur untuk mengunjungi Mini Hospital dengan berjalan kaki melewati pesantren mahasiswa STIkes Surga. Sesampainya di Mini Hospital STIKes Surya Global para mahasiswa USC tampak antusias melihat berbagai ruangan seperti ruang rawat inap, Instalasi Bedah Sentral, ruang rawat anak, dll sebagai tempat praktik simulasi bagi para mahasiswa Keperawatan STIKes Surya Global.


Sesampainya di lapangan kampus timur mereka menjumpai mahasiswa Keperawatan STIKes Surya Global sedang latihan simulasi Kegawat Daruratan, bahkan salah satu mahasiswa USC ikut terlibat dalam praktek penanganan fraktur. Keakraban mereka juga terjalin saat mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat keluar dari ruang kuliah dan tidak sungkan untuk berfoto bersama. Setelah berfoto bersama para mahasiswa santri STIKes Surya Global, para dosen dan mahasiswa USC kembali ke bus meninggalkan STIKes Surya Global. Rencananya mereka berada di Jogja selama 2 pekan untuk tinggal bersama masyarakat di desa Dlingo Bantul dalam kegiatan semacam kuliah kerja nyata.


Lihat Selengkapnya
Selasa, 15 Oktober 2019, 4:45 WIB

STIKES SURYA GLOBAL SABET 4 PENGHARGAAN DI RTA AIPNI 2019

Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) menggelar Konferensi Internasional serta Rapat Tahunan Anggota (RTA) yang pada tahun ini digelar di Regional Jawa Barat dengan mengusung tema “Current challenges, strategies and future direction of nursing education in Indonesia”. Acara digelar di El Royale Hotel Bandung mulai tanggal 10 hingga 12 Oktober 2019. STIKes Surya Global diwakili oleh Kepala Program Studi Keperawatan bapak Supriyadi, S.Kep., Ns. dan Kepala Program Studi Pendidikan Profesi Ners Ibu Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ns., M.Kep. Selain konferensi internasional serta RTA, juga terdapat kegiatan diseminasi hasil-hasil riset terkini yang berkaitan dengan dunia keperawatan.


Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Pembicara pada kegiatan ini beberapa di antaranya adalah Direktur Penjaminan Mutu Kemenristekdikti, Dirjen SD Ilmu Pengetahuan Kemenristekdikti, Kapusdik SDM Kesehatan Kemenkes, Sekretaris LLDIKTI wilayah IV Jabar Banten, Ketua AIPNI Pusat, Ketua DPP PPNI, dan pembicara-pembicara dari Thailand, Inggris, Malaysia, dan Taiwan.


Peserta pada kegiatan mencapai 466 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap Institusi Pendidikan Keperawatan tingkat Sarjana dan Magister Keperawatan se-Indonesia yang terdiri dari 13 regional, mulai dari Sabang hingga Merauke.


AIPNI berupaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan keperawatan di Indonesia agar setara satu sama lain sesuai standar yang ditetapkan. Ketua AIPNI bapak Muhammad Hadi, SKM,M.Kep. mengatakan bahwa institusi pendidikan Ners di Indonesia seyogyanya harus selalu memperhatikan dan melaksanakan budaya mutu agar terjadi perbaikan terus-menerus (continuous quality improvement) sehingga tercapai quality teaching improvement, research dan hilirisasi hasil evidence terkini. Sehingga nantinya tidak hanya menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang baik, dan unggul, akan tetapi akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan (quality health services) sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat.


"Terciptanya budaya mutu dan pencapaian kualitas pelayanan keperawatan dan kesehatan yang baik akan meningkatkan daya saing perawat Indonesia baik tingkat regional ASEAN maupun tingkat internasional. Tantangan AIPNI ke depan pada era disruption atau revolusi industri 4.0 tidaklah sedikit dan ringan, terutama bagaimana melakukan perbaikan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di institusi pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia yang harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu bekerja dengan baik di Indonesia maupun di luar negeri," kata Muhammad Hadi di sela Konferensi Internasional dan Rapat Tahunan Anggota AIPNI ke-18 di El Royal, Kamis (10/10/2019).


Hal lain yang harus dilakukan oleh pendidikan tinggi keperawatan, adalah bagaimana berkontribusi dalam hal perbaikan mutu pelayanan kesehatan yang berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.


Di era disruption ini dimana perkembangan teknologi berjalan sedemikian cepatnya, sudah seyogyanya mendorong dosen-dosen di perguruan tinggi keperawatan untuk senantiasa belajar hal-hal yang baru, current evidence, inovasi-inovasi terkini dengan masa kadaluarsa yang relatif cepat.


"Jika kita tidak update, maka akibatnya gap akan muncul apakah research practice gaps ataupun theory practice gaps akan semakin lebar," ujarnya.


Oleh karena itu, pak Muhammad Hadi menekankan bahwa pimpinan pendidikan tinggi keperawatan beserta dosen-dosen keperawatan harus senantiasa aware dan mampu beradaptasi terhadap berbagai tantangan dan perubahan yang terjadi, meningkatkan kompetensi, maupun melakukan berbagai inovasi agar kualitas pendidikan keperawatan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.


"Melalui konferensi internasional serta RTA AIPNI diharapkan akan lahirnya masukan untuk penguatan lembaga khususnya mempersiapkan pendidikan keperawatan dalam menghadapi tantangan global yang dihadapi saat ini, sehingga perlu dipersiapkan strategi yang tepat, serta diperolehnya berbagai informasi terkini dari publikasi hasil-hasil penelitian dari penyelenggara pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri sebagai upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar baik akademik maupun profesi melalui penjaminan mutu internal dan eksternal, usability lulusan, penataan kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam agenda RTA AIPNI ini juga bertujuan untuk menyusun strategi yang perlu dilakukan oleh seluruh institusi pendidikan keperawatan di Indonesia agar mampu menunjukkan eksistensi sebagai institusi pendidikan keperawatan yang berkualitas yang mampu bersaing baik ditingkat nasional mapun international terutama pada era revolusi industri 4.0 sekarang ini.


Penghargaan yang diraih STIKes Surya Global antara lain:



a. PERAIH NILAI RATA-RATA TERBAIK REGIONAL 8 RANKING: 1 PADA UJI KOMPETENSI NASIONAL NERS PERIODE APRIL 2019.

b. PERAIH NILAI RATA-RATA TERBAIK REGIONAL 8 RANKING: 1 PADA UJI KOMPETENSI NASIONAL NERS PERIODE JULI 2019.

c. PERAIH NILAI RATA-RATA TERBAIK NASIONAL RANKING: 3 PADA UJI KOMPETENSI NASIONAL NERS PERIODE JULI 2019.



d. PERAIH NILAI RATA-RATA TERBAIK REGIONAL 8 RANKING: 3 PADA UJI KOMPETENSI NASIONAL NERS PERIODE OKTOBER 2019




Dengan raihan penghargaan ini diharapkan dapat mendorong semangat untuk meningkatkan kinerja dosen dalam membina mahasiswa khususnya pada Program Pendidikan Profesi Ners STIKes Surya Global.


Barrakallahu, Maju Terus STIKes SURGA !!! 😍

Lihat Selengkapnya
Rabu, 02 Oktober 2019, 12:34 WIB

BAKTI SOSIAL BEM STIKES SURYA GLOBAL DI WONOLELO


BAKTI SOSIAL BEM STIKES SURYA GLOBAL DI WONOLELO


Hari Ahad 22 September 2019 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKes Surya Global melaksanakan kegiatan Bakti Sosial ke Desa Wonolelo Pleret Bantul. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan diikuti sekitar 80 warga. Kegiatan Baksos tersebut antara lain penyuluhan kesehatan dan cek kesehatan secara gratis. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari BEM STIKes Surya Global dan dilaksanakan setiap periode kepengurusan. Pada tahun ini kegiatan baksos juga didampingi langsung oleh bapak Suyatno, S.Pd.I, M.Pd.I selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKes Surya Global.


Reporter: Mira



 
Lihat Selengkapnya
Jumat, 20 September 2019, 11:01 WIB

TELEKONFERENSI STIKes SURGA GLOBAL Dengan BOROMARAJONANI COLLEGE Of NURSING KHON KAEN THAILAND

Pada hari Jum’at, 13 September 2019 berlangsung telekonferensi (teleconference) antara STIKes Surya Global dengan perguruan tinggi kesehatan negeri di Thailand yaitu Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen. Di STIKes Surya Global telekonferensi bertempat di ruang Grha SantriPreneur 1 yang diikuti oleh bapak Dwi Suharyanta, MM., M.Kes (Ketua STIKes Surya Global), bapak Supriyadi, S.Kep., Ns., M.Kes (Kepala Program Studi Keperawatan), ibu Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ns., M.Kep (Kepala Program Studi Pendidikan Ners), ibu Hariza Adnani, S.Ag., S.KM., M.Pd., M.Kes.(Kepala LPPM), bapak Eka Oktavianto, S.Kep., Ns., M.Kep., ibu Fitri Dian Kurniati, S.Kep., Ns., M.Kep., ibu Gani Apriningtyas Budiyati, S.Kep., Ns., M.Kep, dan I Made Moh. Yanuar S.,S.Kep., Ns.


Sedangkan di kampus Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen Thailand telekonferensi diikuti oleh: Dr. Khannistha Mahem, Ph.D., Dr. Suthida Intaraphet, Dr.Sc., Dr. Siranee Sihapark, Ph.D., Miss Kunlayarat Kadsanit , Miss Pawintra Manadee, Dr. Kulnaree Hanpatchaiyakul, Ph.D., Dr. Songsuda Muenthaisong, Ph.D., Dr. Aimon Butudom, Ph.D., dan Mrs. Piriyakorn Klaypeth. Telekonferensi ini mendiskusikan kerjasama penelitian antara kedua perguruan tinggi kesehatan di kedua negara.


Ringkasan dari telekonferensi ini antara lain:


1). Penelitian 1 dengan tema “Factors Related to the Quality of Life (QOL) Among Elderly”


Proyek penelitian ini akan membahas terkait “Hal-hal yang Mempengaruhi Kualitas Hidup Lansia” dan akan dilaksanakan selama 7 bulan, dimulai dari bulan September 2019 – Maret 2020.


Penanggung jawab sekaligus penulis utama dari penelitian ini adalah tim dari STIKes Surya Global yang beranggotakan:a. Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ns., M.Kep.b. Supriyadi, S.Kep., Ns., M.Kes.c. Fitri Dian Kurniati, S.Kep., Ns., M.Kep.


Sedangkan tim dari BCNKK sebagai supporting team, yang beranggotakan:a. Dr. Khannistha Mahem, Ph.D.b. Dr. Suthida Intaraphet, Dr.Sc.c. Dr. Siranee Sihapark, Ph.D.d. Miss Kunlayarat Kadsanite. Miss Pawintra Manadee


2). Penelitian 2 dengan tema “The Effectiveness of Smoking Cessation Intervention in Secondary School: A Systematic Review”


Proyek penelitian ini akan membahas terkait “Efektivitas Intervensi Penghentian Perilaku Merokok pada Remaja” dan akan dilaksanakan selama 6 bulan, dimulai dari bulan September 2019 – Februari 2020.


Penanggung jawab sekaligus penulis utama dari peneliti ini adalah tim dari BCNKK yang beranggotakan:a. Dr. Kulnaree Hanpatchaiyakul, Ph.D.b. Dr. Songsuda Muenthaisong, Ph.D.c. Dr. Aimon Butudom, Ph.D.d. Mrs. Piriyakorn Klaypeth


Sedangkan tim dari STIKes Surya Global sebagai supporting team, beranggotakan:a. Dwi Suharyanta, MM., M.Kes.b. Eka Oktavianto, S.Kep., Ns., M.Kep.c. Gani Apriningtyas Budiyati, S.Kep., Ns., M.Kep.


Kegiatan telekonferensi ini akan rutin dilakukan setiap bulan hingga penelitian telah berhasil diselesaikan dan dipublikasikan. Agenda selanjutnya akan dilaksanakan Insyaa Allah pada tanggal 18 Oktober 2019.


Yogyakarta, 16 September 2019


Project Manager


I Made Moh. Yanuar S. S.Kep., Ns

Lihat Selengkapnya