Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Senin, 28 September 2020, 11:18 WIB

BERITA DUKA

๐๐„๐‘๐ˆ๐“๐€ ๐ƒ๐”๐Š๐€

ุงูู†ู‘ุง ู„ูู„ู‘ู‡ู ูˆูŽุงูู†ู‘ุง ุงูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽุฌูุนููˆู’ู†ูŽ

Pesantren Mahasiswa STIKes SurGa dan segenap sivitas akademika STIKes Surya Global kembali berduka cita atas wafatnya bapak ๐Œ๐€๐‡๐…๐”๐ƒ ๐’๐”๐–๐€๐๐ƒ๐ˆ, ayahanda dari bapak ๐ƒ๐„๐ƒ๐˜ ๐Š๐Ž๐„๐’๐–๐Ž๐˜๐Ž, ๐’.๐ˆ๐.,๐Œ.๐๐‡. (Wakil Ketua I STIKes Surya Global).

Almarhum wafat pada
Hari: Senin, 28 September 2020

Semoga almarhum husnul khotimah dan dirahmati Allah dengan JannahNya. Semoga segala kebaikan yang dibawa menjadi amal jariyah beliau dan keluarga yang ditinggalkan tabah, tawakal dan ikhlas

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู‡ ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู‡ ูˆูŽุนูŽุงููู‡ ูˆูŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู’ู‡ ุŒ ูˆูŽุฃูŽูƒู’ุฑูู…ู’ ู†ูŽุฒูŽู„ูŽู‡ ุŒ ูˆูŽูˆูŽุณู‘ูุนู’ ู…ูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽู‡ ุŒ ูˆูŽุงุบู’ุณูู„ู’ู‡ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽู„ู’ุฌู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุฑูŽุฏู ุŒ ูˆูŽู†ูŽู‚ู‘ูู‡ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุทูŽุงูŠูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ู†ูŽู‚ู‘ูŽูŠู’ุชูŽ ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจูŽ ุงู’ู„ุฃูŽุจู’ูŠูŽุถูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽู†ูŽุณู ุŒ ูˆูŽุฃูŽุฏู’ุฎูู„ู’ู‡ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ุŒ ูˆูŽุฃูŽุนูุฐู’ู‡ ู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู
Lihat Selengkapnya
Rabu, 23 September 2020, 10:37 WIB

MEMULAI POLA MAKAN SEHAT

Oleh: Nแดส€ WษชแดŠแด€สแด€ษดแด›ษช, S.K.M., M.Kแด‡s,
๐–ฃ๐—ˆ๐—Œ๐–พ๐—‡ ๐–ฏ๐—‹๐—ˆ๐–ฝ๐—‚ ๐–ช๐–พ๐—Œ๐–พ๐—๐–บ๐—๐–บ๐—‡ ๐–ฌ๐–บ๐—Œ๐—’๐–บ๐—‹๐–บ๐—„๐–บ๐— ๐–ฒ๐–ณ๐–จ๐–ช๐–พ๐—Œ ๐–ฒ๐—Ž๐—‹๐—’๐–บ ๐–ฆ๐—…๐—ˆ๐–ป๐–บ๐—…

Pola makan yang sehat adalah perilaku untuk mengonsumsi makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh. Dikatakan memiliki pola makan yang sehat jika konsumsi sehari-hari sudah terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air dalam jumlah seimbang yang didapatkan dari bahan alami.
Perilaku dalam menerapkan pola makan sehat, berikut ini:

๐Ÿ. ๐‡๐ข๐ง๐๐š๐ซ๐ข ๐Œ๐š๐ค๐š๐ง๐š๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐“๐ข๐ง๐ ๐ ๐ข ๐‹๐ž๐ฆ๐š๐ค
Pastikan untuk membatasi asupan lemak, biasanya terdapat pada makanan yang dimasak dengan minyak, mentega, margarin dan santan. Apakah itu artinya manusia tidak membutuhkan lemak? Manusia tetap butuh lemak, namun dalam jumlah yang cukup dan berasal dari sumber alami. Jadi, daripada makan gorengan atau asupan bersantan, lebih baik pilih sumber lemak alami seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

๐Ÿ. ๐‡๐ข๐ง๐๐š๐ซ๐ข ๐Œ๐š๐ค๐š๐ง๐š๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐Œ๐ž๐ง๐ ๐š๐ง๐๐ฎ๐ง๐  ๐๐š๐ก๐š๐ง ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ฐ๐ž๐ญ
Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet dapat memicu efek jangka panjang berupa munculnya kanker. Bahan pengawet sering ditemukan dalam makanan kemasan, termasuk makanan dalam kaleng. Kalaupun terpaksa harus membeli makanan dalam kemasan, pilihlah yang mencantumkan dengan jelas label “Tanpa Pengawet” pada kemasannya.

๐Ÿ‘. ๐๐ข๐ฅ๐ข๐ก ๐Œ๐š๐ค๐š๐ง๐š๐ง ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ƒ๐ข๐จ๐ฅ๐š๐ก ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐“๐ž๐ฉ๐š๐ญ
Menggoreng, memanggang dan dibakar kurang dianjurkan sebagai teknik mengolah makanan. Sebab, cara-cara tersebut dapat merusak nilai gizi yang ada di dalam makanan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memilih makanan yang diolah dengan cara kukus, rebus atau tumis dengan sedikit minyak.

๐Ÿ’. ๐‡๐ข๐ง๐๐š๐ซ๐ข ๐Œ๐ž๐ง๐š๐ฆ๐›๐š๐ก๐ค๐š๐ง ๐๐ฎ๐ฆ๐›๐ฎ ๐๐ž๐ง๐ฒ๐ž๐๐š๐ฉ ๐’๐ž๐œ๐š๐ซ๐š ๐๐ž๐ซ๐ฅ๐ž๐›๐ข๐ก๐š๐ง
Batasi penggunaan bumbu penyedap dalam mengolah makanan. Jika memang bisa, hindari sepenuhnya karena unsur senyawa ๐‘€๐‘œ๐‘›๐‘œ๐‘ ๐‘œ๐‘‘๐‘–๐‘ข๐‘š ๐บ๐‘™๐‘ข๐‘ก๐‘Ž๐‘š๐‘Ž๐‘ก (MSG) yang ada di dalam bumbu penyedap bisa menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

๐Ÿ“. ๐๐ž๐ซ๐›๐š๐ง๐ฒ๐š๐ค ๐Œ๐š๐ค๐š๐ง ๐๐ฎ๐š๐ก ๐๐š๐ง ๐’๐š๐ฒ๐ฎ๐ซ
Mayoritas buah dan sayur mengandung serat yang mampu mengikat zat karsinogen yang merupakan penyebab kanker. Namun, bukan berarti semua buah itu menyehatkan. Salah satu buah yang sebaiknya dihindari adalah durian, karena mengandung lemak yang sangat tinggi. Selain itu, hindari juga melinjo atau emping, karena mengandung purin tinggi sehingga bisa mencetuskan asam urat tinggi. Perlu selalu dilakukan, cucilah dengan bersih buah dan sayur sebelum dimakan untuk mengindari kontaminasi bakteri dan residu pestisida.

๐Ÿ”. ๐‡๐ข๐ง๐๐š๐ซ๐ข ๐‰๐ž๐ซ๐จ๐š๐ง, ๐‹๐ž๐ฆ๐š๐ค, ๐Ž๐ญ๐š๐ค ๐๐š๐ง ๐Š๐ฎ๐ฅ๐ข๐ญ ๐€๐ฒ๐š๐ฆ
Jeroan, lemak, otak dan kulit ayam adalah beberapa makanan yang tinggi purin dan lemak. Jika dikonsumsi teralu sering, berisiko mengalami penyakit asam urat dan jantung. Alihkan dengan pilihan makanan pada daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yoghurt, putih telur serta ikan sebagai sumber protein terbaik.

๐Ÿ•. ๐๐ž๐ซ๐›๐š๐ง๐ฒ๐š๐ค ๐Œ๐ข๐ง๐ฎ๐ฆ ๐€๐ข๐ซ ๐๐ฎ๐ญ๐ข๐ก
Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari cairan. Jika kita kekurangan cairan, kinerja organ vital akan ikut terganggu. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut, air putih adalah asupan yang paling baik. Jika ingin sedikit variasi, konsumsilah jus sayur atau buah yang tidak ditambah apapun. Sebaliknya, wajib menghindari minuman beralkohol, bersoda, atau mengandung gula dan kafein yang tinggi.

๐Ÿ–. ๐‰๐š๐ง๐ ๐š๐ง ๐“๐ž๐ซ๐›๐ข๐š๐ฌ๐š ๐Œ๐ž๐ฆ๐š๐ค๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐Œ๐ž๐ฆ๐ข๐ง๐ฎ๐ฆ ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ž๐ซ๐ฐ๐š๐ซ๐ง๐š
Hindari memilih makanan atau minuman yang memiliki warna modifikasi atau telah ditambahkan zat-zat kimia. Pilihlah makanan atau minuman yang berwarna bening alami. Makanan yang memiliki warna alami dari bahan makanan tersebut sendiri, seperti cokelat, merahnya stroberi dan lain-lain.

๐Ÿ—. ๐€๐ญ๐ฎ๐ซ ๐๐จ๐ซ๐ฌ๐ข
Makanan sehat yang dikonsumsi, tetap harus memerhatikan porsi agar tidak berlebihan. Faktanya, mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah terlalu banyak malah akan menyebabkan pada risiko obesitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

๐Ÿ๐ŸŽ. ๐Œ๐š๐ค๐š๐ง ๐“๐ž๐ฉ๐š๐ญ ๐–๐š๐ค๐ญ๐ฎ
Pastikan untuk selalu makan di waktu yang sama setiap hari. Dengan ini, sistem pencernaan akan lebih teratur dalam memproses makanan yang masuk sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

๐Ÿ๐Ÿ. ๐Œ๐ข๐ง๐ฎ๐ฆ ๐’๐ฎ๐ฉ๐ฅ๐ž๐ฆ๐ž๐ง ๐‰๐ข๐ค๐š ๐๐ž๐ซ๐ฅ๐ฎ
Suplemen bertujuan untuk melengkapi zat gizi yang tidak sepenuhnya didapatkan dari makanan. Oleh karena itu, sebagai pelengkap pola makan sehat, dianjurkan untuk minum suplemen secara teratur. Untuk mengetahui dosis dan jenis suplemen yang sepenuhnya sesuai, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter.
Jangan ragu untuk segera menerapkan pola makan sehat mulai saat ini. Agar terhindar dari penyakit yang akan mengganggu kehidupan.
Lihat Selengkapnya
Selasa, 22 September 2020, 1:31 WIB

YUK, CEGAH ANEMIA DARI SEKARANG!


Oleh: Sส€ษช SแดœสŸแด€ส€sษชสœ Eษดแด…แด€ส€แด›ษชแดกษช, S.K.M., M.P.H.

๐–ฃ๐—ˆ๐—Œ๐–พ๐—‡ ๐–ฏ๐—‹๐—ˆ๐–ฝ๐—‚ ๐–ช๐–พ๐—Œ๐–พ๐—๐–บ๐—๐–บ๐—‡ ๐–ฌ๐–บ๐—Œ๐—’๐–บ๐—‹๐–บ๐—„๐–บ๐— ๐–ฒ๐–ณ๐–จ๐–ช๐–พ๐—Œ ๐–ฒ๐—Ž๐—‹๐—’๐–บ ๐–ฆ๐—…๐—ˆ๐–ป๐–บ๐—…



Hai, kaum milenial! Kalian pasti sudah tahu kan tentang anemia? Anemia ini sering juga disebut kurang darah. Nah, sebenarnya apa sih anemia itu? Anemia adalah suatu kondisi di aman kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari batas normal. Untuk setiap jenis kelamin berbeda batasannya. Pada perempuan normalnya adalah 12 mg/dL. Sedangkan pada laki-laki batas normalnya adalah 13 mg/dL. Akan tetapi, pada perempuan yang sedang hamil dikatakan normal kalau tidak kurang dari 11 mg/dL. Orang yang menderita anemia biasanya memiliki tanda-tanda nih, yaitu 5 L (Lemah, Letih, Lesu, Lelah, Lunglai).



Anemia bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja kah dampaknya? Pada anak sekolah atau mahasiswa bisa berdampak pada penurunan kemampuan intelektual, misalnya prestasi belajar yang menurun, nilai rapor turun, nilai IPK turun. Kalau pada orang yang sudah bekerja, anemia bisa mengakibatkan penurunan produktivitas. Kondisi anemia jika dialami oleh ibu hamil bisa berakibat fatal, misalnya mengalami kematian, keguguran dan bayi yang dilahirkan mengalami BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah).



Sekarang, penyebab terjadinya anemia itu apa saja ya? Ternyata banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya anemia. Jumlah zat besi (Fe) dari makanan yang dikonsumsi kurang memenuhi kebutuhan zat besi oelh tubuh. Bisa juga terjadi karena absorbsi (penyerapan) Fe di dalam tubuh tidak maksimal, hal ini bisa disebabkan karena sedang dalam kondisi sakit. Kemudian yang sering terjadi pada perempuan adalah kehilangan Hb dalam darah pada waktu haid (menstruasi).



Kemudian tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia ya? Sebenarnya mudah saja untuk mencegah dari anemia. Pertama, rajin mengkonsumsi sayuran yang berwarna hijau, misalnya daun bayam, daun singkong, daun pepaya. Rajin makan daging yang berwarna merah seperti daging sapi dan hati. Bisa juga dengan mengkonsumsi tablet tambah darah setiap sedang haid atau menstruasi.*

Lihat Selengkapnya
Kamis, 17 September 2020, 1:56 WIB

KARNANDO Dan ANNISA MAS'UL Dan WAKIL MAS'UL LDK JAKHFI Periode 2020-2021

Dengan adanya wabah pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi para aktivis dakwah kampus untuk tetap menunaikan kewajibannya. Apalagi dengan adanya satu tahun kepengurusan yang telah mereka jalankan, maka pada tangggal 12-13 September 2020 Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Jamaah Al Kahfi STIKes Surya Global Yogyakarta melaksanakan Musyawarah Akbar yang ke-XIX secara daring (online) dengan tema “๐‘†๐‘Ž๐‘ก๐‘ข๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘†๐‘ข๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž, ๐ต๐‘ข๐‘™๐‘Ž๐‘ก๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐‘‡๐‘’๐‘˜๐‘Ž๐‘‘, ๐ฝ๐‘Ž๐‘™๐‘–๐‘› ๐‘ˆ๐‘˜โ„Ž๐‘ข๐‘ค๐‘Žโ„Ž ๐ท๐‘’๐‘›๐‘”๐‘Ž๐‘› ๐‘€๐‘ข๐‘ ๐‘ฆ๐‘Ž๐‘ค๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Žโ„Ž”.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan secara virtual melaui video conference Google Meet. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua kader LDK Jamaah Al Kahfi.

Rangkaian kegiatan Musyawarah Akbar terdiri dari sambutan pertama oleh Ketua Panitia yaitu Rifki Tohirudin dan sambutan kedua oleh Ketua Umum LDK Jamaah Al Kahfi periode 2019/2020, Muhammad Sukma Muta’al Amin.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dan pembahasan Tata Tertib oleh Presidium 1 Ajay Saifullah, Presidium 2 Ahmad Khusaini, dan Presidium 3 Rinani Kumalasari. Kegiatan selanjutnya penetapan presidium tetap yaitu Ajay Saifullah.

Acara selanjutnya adalah Sidang Pleno I yang merupakan laporan pertanggung jawaban baik dari Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekertaris Umum, Bendahara Umum, maupun beberapa Departemen yaitu Departemen Syiar, Biro Kaderisasi, Departemen Humas, Departemen Ekonomi, Departemen Akpro, dan Departemen Kemuslimahan.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan Sidang Pleno II yang merupakan pemilihan ๐‘€๐‘Ž๐‘ ’๐‘ข๐‘™ (Ketua Umum) dan ๐‘Š๐‘Ž๐‘˜๐‘–๐‘™ ๐‘€๐‘Ž๐‘ ’๐‘ข๐‘™ (Wakil Ketua Umum) oleh tim formatur, pengesahan, Jakhfi Award, dan diakhiri dengan doa dan penutup di hari berikutnya.

Alhamdulillah serangkaian acara tersebut berjalan dengan lancar meskipun bertempat di kediaman masing-masing dan dilakukan secara daring namun tidak menyurutkan semangat para peserta Musyawarah Akbar yang ke-XIX ini.

Setelah melalui penentuan kandidat calon Mas’ul dan Wakil Mas’ul dilanjutkan tahap wawancara atas kesediaannya menjadi mas’ul dan wakil mas’ul yang kemudian dilakukan voting oleh semua peserta. Akhirnya terpilihlah ๐‘ฒ๐’‚๐’“๐’๐’‚๐’๐’…๐’ ๐‘น๐’๐’”๐’Š๐’’๐’–๐’ ‘๐‘ฐ๐’๐’Ž๐’Š sebagai Mas’ul dan ๐‘จ๐’๐’๐’Š๐’”๐’‚ ๐‘น๐’‚๐’„๐’‰๐’Ž๐’‚๐’˜๐’‚๐’•๐’Š sebagai Wakil Mas’ul LDK Jamaah Al Kahfi periode 2020/2021.

“Semoga ke depannya LDK Jakhfi dapat merangkul masyarakat kampus STIKes Surya Global Yogyakarta, dengan varian konsep acara yang mungkin berbeda dari sebelumnya karena pandemi ini. InsyaaAllah… Kami butuh dukungan dan kontribusi dari semua pihak, sekalipun itu kontribusi berupa doa terbaik untuk kami.” kata Karnando Rosiqul ‘Ilmi selaku Mas’ul baru LDK Jakhfi periode 2020/2021.

Sedangkan Annisa Rachmawati selaku Wakil Mas'ul berpesan, "Jika kita yakin yang kita lakukan adalah kebermanfaatan jangan jadikan menyerah sebagai pilihan. Tetep semangat geng, ๐‘š๐‘Ž๐‘ฆ ๐ด๐‘™๐‘™๐‘Žโ„Ž ๐‘š๐‘Ž๐‘˜๐‘’ ๐‘–๐‘ก ๐‘’๐‘Ž๐‘ ๐‘ฆ ๐‘“๐‘œ๐‘Ÿ ๐‘ข๐‘ ".

๐˜‰๐˜ข๐˜ณ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ธ๐˜ข ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ, semoga dengan terpilihnya pemimpin baru semakin dikuatkan pundaknya dan menjadikan LDK Jamaah Al Kahfi semakin baik kedepannya.

LDK JAKHFI!!! Sแด€แด›แดœ Lแด€ษดษขแด‹แด€สœ, Sแด€แด›แดœ TแดœแดŠแดœแด€ษด, Kษชแด›แด€ Bษชsแด€, AสŸสŸแด€สœแดœ Aแด‹ส™แด€ส€!!!

๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ: ๐˜š๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ง๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข ๐˜š๐˜ข๐˜ณ๐˜ช
Lihat Selengkapnya