Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2019 2020 masih dibuka sampai akhir September 2019 -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Kamis, 08 Agustus 2019, 9:30 WIB

MASA TA'ARUF MAHASISWA SANTRI BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019



MASA TA'ARUF MAHASISWA SANTRI BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019


Sekitar 300 mahasiswa baru sudah mulai berdatangan ke Pesantren STIKes Surya Global di Jogjakarta. Para mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini sebagian besar tentu asing dengan suasana Jogja khususnya di pesantren dan kampus STIKes Surya Global. Oleh karena itu diselenggarakanlah Masa Ta'aruf Mahasiswa Santri STIKes Surya Global yang bertema "Profesiku Jalan Dakwahku". Kegiatan ini berlangsung sejak 1 Agustus 2019 yang kegiatannya dipusatkan di Grha Santri dan Masjid Baitu Surga. Pada masa ta'aruf ini juga diperkenalkan para ustadz dan ustadzah pengasuh pesantren STIKes Surya Global yang asrama santri mahasiswanya tersebar di beberapa lokasi selain di kabupaten Bantul, kota Jogja dan kabupaten Sleman.




Di STIKes Surya Global para mahasiswa wajib mondok di Pesantren STIKes Surya Global selama 3 tahun. "Ngapain sih harus mondok? "Mondok terus mau jadi apa ? "Mau makan apa?" Sering kita dengar dari pertanyaan-pertanyaan seperti itu, bahkan mungkin itu adalah bisikan hati kita sendiri. Bagi yang belum pernah mondok kata "pesantren" kadang menjadi momok yang membuat mereka enggan mendaftar di Pesantren STIKes Surya Global.


Tidak seperti kebanyakan di kampus-kampus lain, di STIKes Surya Global selain mendapatkan ilmu kesehatan juga mendapatkan ilmu-ilmu agama.


Dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ


“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)


Sampai-sampai Ibnu Rajab menyimpulkan: "menuntut ilmu adalah jalan paling ringkas menuju surga." (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 2: 297-298)


Dan maqolah Imam Syafi'i:


من أراد الدنيا فعليه بالعلم ومن أراد الآخرة فعليه بالعلم
Urusan dunia atau akhirat akan dimudahkan jika disertai dengan ilmu.


Oleh karena itu selamat datang para santri mahasiswa baru di pesantren STIKes Surya Global. Selamat menempuh ilmu baik ilmu agama maupun ilmu kesehatan.


Oh ya pendaftaran santri mahasiswa baru STIKes Surya Global tahun Ajaran 2019 - 2020 masih dibuka sampai September 2019. 😊


reporter: Selfi





 
Lihat Selengkapnya
Kamis, 08 Agustus 2019, 9:30 WIB

APEL TA'LIFUL QULUB MAHASISWA SANTRI DI LAPANGAN KAMPUS TIMUR STIKES SURYA GLOBAL

Senin 5 Agustus 2019 jam 7:30 pagi di lapangan Kampus Timur STIKES Surya Global dilangsungkan Apel Ta'liful Qulub dengan peserta santri mahasiswa baru STIKes Surya Global. Acara ini dihadiri oleh Ketua STIKes Surya Global bapak Dwi Suharyanta, S.T, MM, M.Kes., Wakil Ketua I bapak Dedy Koeswoyo, S.IP, MPH, Wakil Ketua III bapak Suyatno S.Pd.I, M.Pd.I, Ketua BEM dan perwakilan organisasi mahasiswa dan Unit-unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan STIKes Surya Global. Bertindak selaku inspektur upacara Apel Ta'liful Qulub ini adalah Ketua STIKes Surya Global.



Dalam amanahnya selaku Inspektur Apel bapak Dwi Suharyanta, ST.,MM,M.Kes menyampaikan: "Bagi mahasiswa, bagi santri yang menginginkan kejayaan, kemenangan kalau ditanya semuanya kenapa berada di sini? Semuanya pasti ingin jaya, ingin sukses. Itulah kenapa kita harus berjuang, dengan harta kita, dengan tenaga kita, dengan pikiran kita. Maka kalau kita ingin sukses, ingin jaya maka kuncinya adalah ilmu. Ilmu semakin banyak akan menjaga diri kita, sedangkan harta yang banyak itu akan menjadi kesibukan bagi diri kita. Harta yang dibagikan akan habis tetapi ilmu yang kita bagikan akan semakin bertambah. Kita semuanya telah menetapkan diri, memantaskan diri, meluruskan niat sudah melangkahkan kaki kita untuk mencari keridhoan Allah melalui jalan yang telah ditetapkan Seabagaimana telah sama-sama kita ketahui bahwa hari ini telah memantapkan diri menjadi kader-kader penerus Dakwah Profesi. Kita lihat sejauh mana tantangan ke depan dunia kesehatan, baik itu sehat jiwa, sehat fisik, dan kesehatan spiritual kita. Ujian yang sulit bukan menjadikan diri kita lemah dan tidak bersemangat. Kita tidak perlu takut dengan yang namanya ujian, tidak perlu takut dengan yang namanya tantangan, tetapi takutlah manakala kita ini tidak tergolong orang yang ditolong Allah Subhanahu wa Ta'ala. Seberat, sesulit apapun ujian kalau mendapat pertolongan dari Allah semuanya akan terasa menjadi mudah. Tetapi, kalau kita tidak mendapat pertolongan Allah, semudah apapun ujian yang kita hadapi pasti kita tidak akan merasakan kemudahan dan tidak akan bisa menyelesaikan setiap persoalan kehidupan yang akan kita hadapi."


Selanjutnya dilakukan penyematan secara simbolis kartu tanda peserta Ta'liful Qulub Tahun 2019 oleh Ketua STIKes Surya Global kepada dua wakil peserta yang diikut seluruh peserta Ta'liful Qulub mahasiswa santri baru.


Pembacaan doa menutup rangkaian upacara Apel Ta'liful Qulub 2019 STIKes Surya Global.


Lihat Selengkapnya
Sabtu, 13 Juli 2019, 9:06 WIB

STUDI EKSKURSI MAHASISWA KESMAS STIKES SURYA GLOBAL KE B2P2TOOT

Tawangmangu di kabupaten Karanganyar Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi bagi para mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global yang melaksanakan kunjungan Studi Ekskursi (SE). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 - 3 Juli 2019 untuk mahasiswa semester 2 dan tanggal 4 Juli 2019 untuk mahasiswa semester 4. SE ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat dan 5 dosen pembimbing. Selain waktu yang berbeda, tempat kunjungan antara mahasiswa semester 2 dan semester 4 pun berbeda. Untuk mahasiswa semester 2 berkunjung ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Tanaman Tradisional (B2P2TOOT) di Tawangmangu, sedangkan untuk semester 4 berkunjung ke PT.Sidomuncul dan Pabrik Sosro.


Studi Ekskursi adalah Program Tahunan yang diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang instansi atau perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan perindustrian. Studi ekskursi berasal dari kata excursion, yang berarti keluar. Studi Ekskursi hampir sama seperti tour atau live in, yang intinya adalah pembelajaran keluar. Proses pembelajaran melalui studi ekskursi bertujuan membawa mahasiswa keluar kelas agar dapat melihat secara langsung dunia realita keilmuaannya serta dapat menambah informasi dari praktisi serta ikut merasakan suasana dunia kerja.


Para mahasiswa yang melaksanakan SE di Tawangmangu sangat antusias dalam mengikuti kunjungan tersebut, terbukti mereka banyak bertanya saat diajak berkeliling untuk mengenal berbagai tanaman dan fasilitas di B2P2TOOT. Selain itu, mahasiswa pun sangat tertarik dengan cara pengolahan tanaman obat dan obat tradisional yang dikembangkan. B2P2TOOT yang merupakan bagian dari Litbang Kementerian Kesehatan ini memprioritaskan pada Saintifikasi Jamu, dari hulu ke hilir, mulai dari riset etnofarmakologi tumbuhan obat dan Jamu, pelestarian, budidaya, pascapanen, riset praklinik, riset klinik, teknologi, manajemen bahan Jamu, pelatihan iptek, pelayanan iptek, dan diseminasi sampai dengan peningkatan kemandirian masyarakat.


Seusai melaksanakan kunjungan di B2P2TOOT, para mahasiswa berwisata di air terjun Grojogan Sewu sambil berfoto-foto ria. Setelah itu rombongan pun kembali ke Jogja, ke pesantren STIKes Surga tercinta dengan membawa oleh-oleh ilmu dan kenangan yang sangat berharga. 🥰🚌


reporter: Selfi & Mira

Lihat Selengkapnya
Kamis, 20 Juni 2019, 2:01 WIB

KUNJUNGAN & KERJASAMA STIKES SURYA GLOBAL dengan BOROMARAJONANI COLLEGE of NURSING KHON KAEN THAILAND

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global memenuhi undangan untuk berkunjung ke Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen Thailand dari tanggal 16 - 19 Juni 2019. Delegasi STIKes Surya Global yang hadir memenuhi undangan ke Thailand tersebut antara lain: bapak Dwi Suharyanta, ST, MM., M.Kes., ibu Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ners, I Made Moh. Yanuar Saifudin, S.Kep., Ners, dan Gani Apriningtyas Budiyati, S.Kep., Ners, M.Kep.



Kunjungan ini dimaksudkan agar terjalin interaksi antar dosen dan peneliti di kedua perguruan tinggi ini agar dapat saling berkolaborasi untuk memajukan tujuan akademis. Kedua perguruan tinggi kesehatan ini akan saling berbagi kurikulum dan pengalaman di bidang penelitian Keperawatan. Disamping itu perwakilan delegasi dari STIKes Surya Global juga diminta untuk memberikan materi kuliah Asuhan Keperawatan Holistik bagi mahasiswa program studi Keperawatan di Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen selama kunjungan di sana.


Kunjungan ini sebagai balasan ketika tahun lalu delegasi Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen yang dipimpin direkturnya Dr. Wacharee Amornrojanavaravutti melaksanakan Teacher and Student Exchange ke kampus STIKes Surya Global pada 6 - 12 Mei 2018.


Lihat Selengkapnya