Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Selasa, 15 Oktober 2019, 4:45 WIB

STIKES SURYA GLOBAL SABET 4 PENGHARGAAN DI RTA AIPNI 2019

Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) menggelar Konferensi Internasional serta Rapat Tahunan Anggota (RTA) yang pada tahun ini digelar di Regional Jawa Barat dengan mengusung tema “Current challenges, strategies and future direction of nursing education in Indonesia”. Acara digelar di El Royale Hotel Bandung mulai tanggal 10 hingga 12 Oktober 2019. STIKes Surya Global diwakili oleh Kepala Program Studi Keperawatan bapak Supriyadi, S.Kep., Ns. dan Kepala Program Studi Pendidikan Profesi Ners Ibu Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ns., M.Kep. Selain konferensi internasional serta RTA, juga terdapat kegiatan diseminasi hasil-hasil riset terkini yang berkaitan dengan dunia keperawatan.


Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Pembicara pada kegiatan ini beberapa di antaranya adalah Direktur Penjaminan Mutu Kemenristekdikti, Dirjen SD Ilmu Pengetahuan Kemenristekdikti, Kapusdik SDM Kesehatan Kemenkes, Sekretaris LLDIKTI wilayah IV Jabar Banten, Ketua AIPNI Pusat, Ketua DPP PPNI, dan pembicara-pembicara dari Thailand, Inggris, Malaysia, dan Taiwan.


Peserta pada kegiatan mencapai 466 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap Institusi Pendidikan Keperawatan tingkat Sarjana dan Magister Keperawatan se-Indonesia yang terdiri dari 13 regional, mulai dari Sabang hingga Merauke.


AIPNI berupaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan keperawatan di Indonesia agar setara satu sama lain sesuai standar yang ditetapkan. Ketua AIPNI bapak Muhammad Hadi, SKM,M.Kep. mengatakan bahwa institusi pendidikan Ners di Indonesia seyogyanya harus selalu memperhatikan dan melaksanakan budaya mutu agar terjadi perbaikan terus-menerus (continuous quality improvement) sehingga tercapai quality teaching improvement, research dan hilirisasi hasil evidence terkini. Sehingga nantinya tidak hanya menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang baik, dan unggul, akan tetapi akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan (quality health services) sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat.


"Terciptanya budaya mutu dan pencapaian kualitas pelayanan keperawatan dan kesehatan yang baik akan meningkatkan daya saing perawat Indonesia baik tingkat regional ASEAN maupun tingkat internasional. Tantangan AIPNI ke depan pada era disruption atau revolusi industri 4.0 tidaklah sedikit dan ringan, terutama bagaimana melakukan perbaikan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di institusi pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia yang harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu bekerja dengan baik di Indonesia maupun di luar negeri," kata Muhammad Hadi di sela Konferensi Internasional dan Rapat Tahunan Anggota AIPNI ke-18 di El Royal, Kamis (10/10/2019).


Hal lain yang harus dilakukan oleh pendidikan tinggi keperawatan, adalah bagaimana berkontribusi dalam hal perbaikan mutu pelayanan kesehatan yang berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.


Di era disruption ini dimana perkembangan teknologi berjalan sedemikian cepatnya, sudah seyogyanya mendorong dosen-dosen di perguruan tinggi keperawatan untuk senantiasa belajar hal-hal yang baru, current evidence, inovasi-inovasi terkini dengan masa kadaluarsa yang relatif cepat.


"Jika kita tidak update, maka akibatnya gap akan muncul apakah research practice gaps ataupun theory practice gaps akan semakin lebar," ujarnya.


Oleh karena itu, pak Muhammad Hadi menekankan bahwa pimpinan pendidikan tinggi keperawatan beserta dosen-dosen keperawatan harus senantiasa aware dan mampu beradaptasi terhadap berbagai tantangan dan perubahan yang terjadi, meningkatkan kompetensi, maupun melakukan berbagai inovasi agar kualitas pendidikan keperawatan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.


"Melalui konferensi internasional serta RTA AIPNI diharapkan akan lahirnya masukan untuk penguatan lembaga khususnya mempersiapkan pendidikan keperawatan dalam menghadapi tantangan global yang dihadapi saat ini, sehingga perlu dipersiapkan strategi yang tepat, serta diperolehnya berbagai informasi terkini dari publikasi hasil-hasil penelitian dari penyelenggara pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri sebagai upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar baik akademik maupun profesi melalui penjaminan mutu internal dan eksternal, usability lulusan, penataan kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam agenda RTA AIPNI ini juga bertujuan untuk menyusun strategi yang perlu dilakukan oleh seluruh institusi pendidikan keperawatan di Indonesia agar mampu menunjukkan eksistensi sebagai institusi pendidikan keperawatan yang berkualitas yang mampu bersaing baik ditingkat nasional mapun international terutama pada era revolusi industri 4.0 sekarang ini.


Penghargaan yang diraih STIKes Surya Global antara lain:


1. PERAIH NILAI RATA-RATA TERBAIK REGIONAL 8 RANKING: 1 PADA UJI KOMPETENSI NASIONAL NERS PERIODE APRIL 20192. PERAIH NILAI RATA-RATA TERBAIK REGIONAL 8 RANKING: 1 PADA UJI KOMPETENSI NASIONAL NERS PERIODE JULI 20193. PERAIH NILAI RATA-RATA TERBAIK NASIONAL RANKING: 3 PADA UJI KOMPETENSI NASIONAL NERS PERIODE JULI 20194. PERAIH NILAI RATA-RATA TERBAIK REGIONAL 8 RANKING: 3 PADA UJI KOMPETENSI NASIONAL NERS PERIODE OKTOBER 2019


Dengan raihan penghargaan ini diharapkan dapat mendorong semangat untuk meningkatkan kinerja dosen dalam membina mahasiswa khususnya pada Program Pendidikan Profesi Ners STIKes Surya Global.


Barrakallahu, Maju Terus STIKes SURGA !!! 😍




Lihat Selengkapnya
Selasa, 15 Oktober 2019, 4:26 WIB

PMKM STIKES SURYA GLOBAL GALANG DANA GEMPA AMBON



26 September 2019 gempa bumi dengan magnitude 6,5 mengguncang Maluku. 9 Oktober 2019 gempa bermagnitude 5,2 kembali mengguncang kota Ambon. Hingga saat ini BNPB mencatat 1334 gempa susulan. Data dari BPBD Provinsi Maluku jumlah korban meninggal duni sebanyak 34 orang, sedangkan luka-luka 149 dan pengungsi sebanyak 179.525 orang. Sementara itu, data BNPB per 3 Oktober 2019 pukul 16:00 WIB mencatat rumah rusak sebanyak 6.184 unit.



Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana alam dan peduli kasih kepada saudara-saudara kita di Maluku, Badan Khusus Siaga Bencana ISMKMI Nasional memberikan arahan gerakan ISMKMI PEDULI BENCANA GEMPA AMBON. Pelaksanaan gerakan ini berlangsung pada 5 - 15 Oktober 2019.


PMKM STIKes Surya Global telah melaksanakan arahan pada tanggal 11 Oktober 2019. Penggalangan dana dilaksanakan di perempatan Traffic Light Kota Gede. Dari penggalangan dana tersebut Alhamdulillah diperoleh uang sebesar Rp.1.250.000,-


Kegiatan ini sangat antusias diikuti oleh pengurus PMKM STIKes Surya Global bahkan mahasiswa di luar pengurus pun ikut serta dalam kegiatan penggalangan dana ini.


reporter: Mira






 
Lihat Selengkapnya
Rabu, 09 Oktober 2019, 4:31 WIB

DIKSARMENKOP KOPMA STIKES SURYA GLOBAL, AMAYO, IST AKPRIND DAN INSTITUT PERTANIAN (INTAN) YOGYAKATA

Koperasi Mahasiswa STIKes Surya Global melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar Menengah Koperasi (DIKSARMENKOP) pada hari Sabtu-Ahad, 5-6 Oktober 2019. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh KOPMA sebagai tahap pengkaderan calon Anggota. Dalam pelaksanaannya KOPMA STIKes Surya Global bekerjasama dengan IST Akprind Yogyakarta, AMA Yogyakarta, dan Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta. Tempat yang dipilih untuk kegiatan ini adalah Pondok pemuda Ambarbinangun.



Kegiatan DIKSARMENKOP ini bertujuan untuk meningkatkan semangat para calon anggota KOPMA. Tema yang diangkat pada DIKSARMENKOP tahun ini adalah "MENCIPTAKAN KADER KOPERASI YANG BERKARAKTER INOVATIF DAN BERINTEGRITAS TINGGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0".


Kegiatan yang kurang kebih diikuti oleh 130 peserta ini dibuka secara formal pada Sabtu, 6 Oktober 2019 pukul 13.00 WIB. Terdapat 4 sambutan yang disampaikan. Yang pertama dari Afif Ridho Rahmanto sebagai Ketua Panitia kegiatan yang merupakan mahasiswa AKPRIND angkatan 2016, sambutan kedua oleh Ketua Umum Kopma AMAYO mewakili ke empat kampus, selanjutnya dari pembina Kopma AMAYO dan terakhir sambutan sekaligus pembukaan acara DIKSARMENKOP dari Bapak Suyatno S.Pd.I.,M.Pd.I selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKes Surya Global. Pembukaan dilakukan secara simbolis dengan penyematan tanda peserta.


Harapannya dalam setiap event kegiatan peserta harus mendapat charger ilmu dan semangat. Oleh karena itu beberapa materi disuguhkan pada kegiatan ini. Diantaranya yang pertama oleh mas Sunu Wibowo dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Jogja yang membahas mengenai perkoperasian, yang kedua dari Johan Satori yang membahas mengenai Leadership, dan terakhir dilakukan sharing time.


Pada hari Ahad, 7 Oktober 2019 sekitar pukul 05.00 WIB seluruh peserta dan panitia melakukan senam bersama. Tak kalah seru dari hari sebelumnya, di hari Ahad ini seluruh peserta melakukan Outbond. Beberapa games yang dilakukan adalah estapet panjang, estapet karet, estapet klereng, estapet air, lomba karung, kursi goyang dan jaga lilin. Sepuluh kelompok bersaing dalam games ini.


Setelah melakukan outbond seluruh peserta yang merupakan gabungan 4 kampus melakukan istirahat, sholat dan makan, dilanjutkan dengan sosialisasi HKMY (Himpunan Koperasi Mahasiswa Yogyakarta) dan anggota baru KOPMA berkumpul dengan anggota/pengurus KOPMA lama untuk melakukan sharing. Perkumpulan ini dilakukan sesuai dengan kampus masing-masing. Diakhir acara sebelum penutupan para peserta saling bertukar kado.


Banyak harapan yang dilontarkan oleh panitia sebelum dan sesudah acara berlangsung, panitia berharap acara dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, acaranya seru, makin kompak, solid, dahsyat dan semoga kegiatan ini menjadi gerbang ke sekian untuk masuk lebih dalam lagi mengenal Koperasi Mahasiswa.


reporter: Yeti


Lihat Selengkapnya
Senin, 07 Oktober 2019, 10:35 WIB

DOSEN STIKES SURGA BUAT APLIKASI 'PASIPEDIA' UNTUK POSYANDU

Prihatin dengan akses informasi gizi untuk tumbuh kembang bayi belum maksimal, Tri Widayanti, S.Kom, MPH bersama tim melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di RW 01-14 Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta. Pengabdian ini khusus untuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Balita.


"Saat Posyandu, ibu-ibu biasanya datang menimbangkan bayinya, kemudian setelah mereka mendapatkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terus pulang. Informasi dan problematika memberi asupan makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu -peny.) masih kurang," ujar Tri Widayanti, S.Kom, MPH dosen STIKes Surya Global kepada surat kabar Kedaulatan Rakyat, Senin (16/9).



Karena keprihatinan itu Tri Widayanti dan tim membuat Aplikasi PASIpedia agar soal Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dan gizi Balita mudah diakses.


Tri Widayanti menjelaskan, PASIpedia adalah appguide dengan android untuk membantu para ibu yang mempunyai bayi 6-24 bulan dalam memberikan asupan makanan pendamping ASI yang tepat. "Aplikasi PASIpedia juga menawarkan palayanan konsultasi dengan tim ahli gizi yang diharapkan mampu menjawab ibu seputar tumbuh kembang bayi," ujarnya.


Aplikasi PASIpedia yang bisa diunduh di Playstore Android ini dibuat bersama tim, Tri Widayanti, S.Kom, MPH (Ketua Tim), Acimah Sidauruk, S.Ko,, M.Kom, Bety Agustina, S.Kep.,Ns., Sarni Anggoro STP, M.Gizi dan Jamroni, S.Kom.,M.Kom.


"Kami dari STIKes Surya Global bersama dosen Universitas AMIKOM Yogyakarta berkolaborasi membuat aplikasi PASIpedia. Pengabdian ini didukung Kemenristek Dikti," tuturnya.


sumber: Kedaulatan Rakyat


Lihat Selengkapnya
Rabu, 02 Oktober 2019, 12:34 WIB

BAKTI SOSIAL BEM STIKES SURYA GLOBAL DI WONOLELO


BAKTI SOSIAL BEM STIKES SURYA GLOBAL DI WONOLELO


Hari Ahad 22 September 2019 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKes Surya Global melaksanakan kegiatan Bakti Sosial ke Desa Wonolelo Pleret Bantul. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan diikuti sekitar 80 warga. Kegiatan Baksos tersebut antara lain penyuluhan kesehatan dan cek kesehatan secara gratis. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari BEM STIKes Surya Global dan dilaksanakan setiap periode kepengurusan. Pada tahun ini kegiatan baksos juga didampingi langsung oleh bapak Suyatno, S.Pd.I, M.Pd.I selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKes Surya Global.


Reporter: Mira



 
Lihat Selengkapnya
Jumat, 20 September 2019, 11:01 WIB

TELEKONFERENSI STIKes SURGA GLOBAL Dengan BOROMARAJONANI COLLEGE Of NURSING KHON KAEN THAILAND

Pada hari Jum’at, 13 September 2019 berlangsung telekonferensi (teleconference) antara STIKes Surya Global dengan perguruan tinggi kesehatan negeri di Thailand yaitu Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen. Di STIKes Surya Global telekonferensi bertempat di ruang Grha SantriPreneur 1 yang diikuti oleh bapak Dwi Suharyanta, MM., M.Kes (Ketua STIKes Surya Global), bapak Supriyadi, S.Kep., Ns., M.Kes (Kepala Program Studi Keperawatan), ibu Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ns., M.Kep (Kepala Program Studi Pendidikan Ners), ibu Hariza Adnani, S.Ag., S.KM., M.Pd., M.Kes.(Kepala LPPM), bapak Eka Oktavianto, S.Kep., Ns., M.Kep., ibu Fitri Dian Kurniati, S.Kep., Ns., M.Kep., ibu Gani Apriningtyas Budiyati, S.Kep., Ns., M.Kep, dan I Made Moh. Yanuar S.,S.Kep., Ns.


Sedangkan di kampus Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen Thailand telekonferensi diikuti oleh: Dr. Khannistha Mahem, Ph.D., Dr. Suthida Intaraphet, Dr.Sc., Dr. Siranee Sihapark, Ph.D., Miss Kunlayarat Kadsanit , Miss Pawintra Manadee, Dr. Kulnaree Hanpatchaiyakul, Ph.D., Dr. Songsuda Muenthaisong, Ph.D., Dr. Aimon Butudom, Ph.D., dan Mrs. Piriyakorn Klaypeth. Telekonferensi ini mendiskusikan kerjasama penelitian antara kedua perguruan tinggi kesehatan di kedua negara.


Ringkasan dari telekonferensi ini antara lain:


1). Penelitian 1 dengan tema “Factors Related to the Quality of Life (QOL) Among Elderly”


Proyek penelitian ini akan membahas terkait “Hal-hal yang Mempengaruhi Kualitas Hidup Lansia” dan akan dilaksanakan selama 7 bulan, dimulai dari bulan September 2019 – Maret 2020.


Penanggung jawab sekaligus penulis utama dari penelitian ini adalah tim dari STIKes Surya Global yang beranggotakan:a. Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ns., M.Kep.b. Supriyadi, S.Kep., Ns., M.Kes.c. Fitri Dian Kurniati, S.Kep., Ns., M.Kep.


Sedangkan tim dari BCNKK sebagai supporting team, yang beranggotakan:a. Dr. Khannistha Mahem, Ph.D.b. Dr. Suthida Intaraphet, Dr.Sc.c. Dr. Siranee Sihapark, Ph.D.d. Miss Kunlayarat Kadsanite. Miss Pawintra Manadee


2). Penelitian 2 dengan tema “The Effectiveness of Smoking Cessation Intervention in Secondary School: A Systematic Review”


Proyek penelitian ini akan membahas terkait “Efektivitas Intervensi Penghentian Perilaku Merokok pada Remaja” dan akan dilaksanakan selama 6 bulan, dimulai dari bulan September 2019 – Februari 2020.


Penanggung jawab sekaligus penulis utama dari peneliti ini adalah tim dari BCNKK yang beranggotakan:a. Dr. Kulnaree Hanpatchaiyakul, Ph.D.b. Dr. Songsuda Muenthaisong, Ph.D.c. Dr. Aimon Butudom, Ph.D.d. Mrs. Piriyakorn Klaypeth


Sedangkan tim dari STIKes Surya Global sebagai supporting team, beranggotakan:a. Dwi Suharyanta, MM., M.Kes.b. Eka Oktavianto, S.Kep., Ns., M.Kep.c. Gani Apriningtyas Budiyati, S.Kep., Ns., M.Kep.


Kegiatan telekonferensi ini akan rutin dilakukan setiap bulan hingga penelitian telah berhasil diselesaikan dan dipublikasikan. Agenda selanjutnya akan dilaksanakan Insyaa Allah pada tanggal 18 Oktober 2019.


Yogyakarta, 16 September 2019


Project Manager


I Made Moh. Yanuar S. S.Kep., Ns

Lihat Selengkapnya