Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Rabu, 02 Desember 2020, 10:30 WIB

P3K1 LDK JAKHFI STIKES SURYA GLOBAL


 



Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Jama'ah Al-Kahfi (JAKHFI) menyelenggarakan kegiatan P3K1 (Pelatihan, Pembinaan, Pengembangan Kader 1) yang berlangsung pada hari Sabtu-Ahad, 28-29 November 2020 di Graha STIKes Surya Global Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan secara luring (𝘰𝘧𝘧𝘭𝘪𝘯𝘦) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan daring (𝘰𝘯𝘭𝘪𝘯𝘦) khusus untuk peserta yang masih berada di rumah atau masih menjalani karantina.



Pembukaan P3K1 dimulai pada hari Sabtu pukul 10.30 WIB di ruang GSP 2. Kegiatan ini dibuka oleh Julkifli Ladiku sebagai Pembawa Acara, kemudian tilawah oleh Ade Nur Jalil yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Ketua Panitia yaitu Aldy Syahrial, sambutan kedua oleh Mas'ul LDK Jakhfi periode 2020/2021 yaitu Karnando Rasiqul Ilmi, sambutan berikutnya dari perwakilan Dewan Pengawas Organisasi yaitu Iswandi Zulpahmiansyah, S.Kep., dan yang terakhir dari Wakil Ketua III STIKes Surya Global bapak Suyatno, S. Pd.I., M. Pd.I. sekaligus membuka acara P3K1.



Setelah acara pembukaan, peserta diarahkan ke dua ruang kelas yang telah disiapkan sebagai ikhtiar dalam penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan cuci tangan, serta menghindari bersentuhan dengan peserta lain. Pada hari pertama ini terdapat dua materi yaitu 𝘚𝘺𝘢𝘩𝘢𝘥𝘢𝘵𝘢𝘪𝘯 dan 𝘚𝘺𝘶𝘮𝘶𝘭𝘪𝘢𝘵𝘶𝘭 𝘐𝘴𝘭𝘢𝘮 yang berakhir pukul 16.00 WIB.



Pada hari berikutnya, dilanjutkan dengan pemberian tugas kepada peserta yaitu menghafal QS. Ash-Shaff ayat 4 dan artinya. Kemudian kembali ke ruang kelas seperti hari sebelumnya untuk melanjutkan materi berikutnya yaitu tentang Problematika Umat & Peran Pemuda dan Ke-LDK-an yang berakhir hingga waktu sholat Dzuhur tiba.



Kemudian sekitar pukul 13.00 terdapat serangkaian acara penutupan yang terdiri dari refleksi dari Mas'ul, kemudian sambutan dari alumni yaitu Pak Andre Sucipto. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Kelulusan Peserta dan Ikrar, kemudian pengumuman dan pembagian hadiah nominasi peserta terbaik, teraktif, peserta dengan takarir (𝘤𝘢𝘱𝘵𝘪𝘰𝘯) twibbon terbaik dan peserta penanya di agenda 𝘔𝘦𝘦𝘵 𝘢𝘯𝘥 𝘎𝘳𝘦𝘦𝘵 beberapa waktu yang lalu. Setelah itu dilanjutkan dengan doa dan ditutup dengan foto bersama.




𝘉𝘢𝘳𝘰𝘬𝘢𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘸𝘢 𝘐𝘯𝘯𝘢𝘭𝘪𝘭𝘭𝘢𝘩 kepada teman-teman yang dinyatakan lulus dan bisa bergabung dengan LDK Jakhfi. Semoga tetap dikuatkan langkahnya, di-istiqomahkan untuk terus menebar kebaikan, dan bersama-sama menjadi pribadi yang lebih baik lagi.



 

 

 



reporter: 𝔖𝔢𝔩𝔣𝔦𝔞𝔫𝔞 𝔖𝔞𝔯𝔦

Lihat Selengkapnya
Selasa, 01 Desember 2020, 2:35 WIB

Hari AIDS Sedunia 2020

World AIDS Day (Hari AIDS Sedunia) pertama kali diperingati pada 1 Desember 1988. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan HIV (𝐻𝑢𝑚𝑎𝑛 𝐼𝑚𝑚𝑢𝑛𝑜𝑑𝑒𝑓𝑖𝑐𝑖𝑒𝑛𝑐𝑦 𝑉𝑖𝑟𝑢𝑠). Selain itu untuk memperingati mereka yang terkena HIV.

Tema yang diangkat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam Hari AIDS Sedunia tahun ini adalah "𝖲𝗈𝗅𝗂𝖽𝖺𝗋𝗂𝗍𝖺𝗌 𝗀𝗅𝗈𝖻𝖺𝗅, 𝗅𝖺𝗒𝖺𝗇𝖺𝗇 𝖧𝖨𝖵 𝗒𝖺𝗇𝗀 𝗍𝖺𝗇𝗀𝗀𝗎𝗁."

WHO pada Hari AIDS Sedunia 2020 menyerukan kepada para pemimpin dan warga dunia untuk bersatu untuk solidaritas global dalam mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh COVID-19 dalam penanggulangan HIV.

Dilansir di situs WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) Pada 2019, masih terdapat 38 juta orang yang hidup dengan infeksi HIV.
Satu dari lima orang yang hidup dengan HIV tidak menyadari penularannya dan satu dari tiga orang yang menerima pengobatan HIV mengalami gangguan pada penyediaan layanan pengobatan, tes, dan pencegahan HIV, terutama anak-anak dan remaja.
Pada tahun 2019, 690.000 orang meninggal terkait HIV dan 1,7 juta orang baru terinfeksi. Pelayanan HIV kini terhenti karena COVID-19 dan hal itu mengancam nyawa.

COVID-19 mempersulit dan berbahaya bagi petugas kesehatan garis depan untuk memberikan layanan HIV berkualitas tinggi dan berkelanjutan kepada semua orang yang membutuhkannya. Penyakit dan pergerakan yang terbatas mempersulit ODHA untuk mengakses layanan.

Gangguan ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19 dapat membuat layanan HIV menjadi tidak terjangkau atau tidak dapat diperoleh. Pandemi dapat mengganggu rantai pasokan dan pemberian layanan. Misalnya, pada Juli 2020, sepertiga orang yang memakai pengobatan HIV pernah mengalami kehabisan obat atau penghentian pasokan. Hal ini menghambat target terhapusnya HIV pada tahun 2030.
Her
Yuk, tumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap penyebaran virus HIV-AIDS di seluruh dunia. “Perkuat Kolaborasi, Tingkatkan Solidaritas : 10 tahun menuju akhir AIDS 2030”.
Lihat Selengkapnya
Jumat, 27 November 2020, 2:05 WIB

Pembukaan Diklat Calon Anggota KSR PMI STIKes Surya Global

Ahad pagi 22 Nopember 2020 saat hujan mengguyur Jogja, di STIKes Surya Global diselenggarakan acara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Anggota KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global. Karena cuaca masih hujan acara yang sedianya diselenggarakan di lapangan Kampus Timur STIKes Surya Global kemudian dipindah di GSP 2 STIKes SURGA.

Upacara Pembukaan Diklat dimulai pukul 08:15. Turut hadir dalam upacara ini bapak Suyatno, S.Pd.I, M.Pd.I selaku Wakil Ketua III STIKes Surya Global, bapak Herbakti Nur Ch.,S.Sos. selaku Pembina KSR PMI STIKes Surya Global, para pengurus KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global, dan para perwakilan dari organisasi-organisasi mahasiswa di STIKes Surya Global. Sebelum memasuki ruangan GSP 2 peserta dibatasi sebanyak 50 orang dan dilakukan protokol kesehatan dengan cek suhu badan.

Upacara diawali dengan pembukaan, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMI, Pembacaan 7 Prinsip Palang Merah Indonesia, Laporan Panitia, Sambutan Wakil Ketua III STIKes Surya Global, penyerahan simbolis tanda peserta dan pembacaan doa. Dari laporan panitia, dari 94 calon yang mendaftar dari hasil seleksi ada sebanyak 63 calon anggota KSR PMI STIKes Surya Global yang akan mengikuti Diklat yang Insya Allah berlangsung selama 3 bulan dengan metode daring dan luring.

Dalam sambutannya bapak Suyatno menyampaikan pentingnya menjadi relawan khususnya bagi sukarelawan KSR PMI yang bertugas secara sukarela demi kemanusiaan.

Setelah itu dilakukan acara pengalungan tanda peserta dan topi kepada dua orang calon anggota oleh Pembina KSR PMI STIKes Surya Global yang kemudian diikuti oleh seluruh calon anggota.

Acara ditutup dengan pembacaan doa. Dan setelah itu seluruh calon anggota dan panitia menuju ke Lapangan Kampus Timur STIKes Surya Global untuk apel dan pengarahan dari panitia operasional.

Selamat menempuh Pendidikan dan Pelatihan kepada seluruh Calon Anggota KSR PMI STIKes Surya Global. Semoga lulus dan dikukuhkan sebagai ujung tombak Palang Merah Indonesia.

𝔖𝔦𝔞𝔪𝔬 𝔗𝔲𝔱𝔱𝔦 𝔉𝔯𝔞𝔱𝔢𝔩𝔩𝔦 !
𝐾𝑖𝑡𝑎 𝑆𝑒𝑚𝑢𝑎 𝐵𝑒𝑟𝑠𝑎𝑢𝑑𝑎𝑟𝑎
Lihat Selengkapnya
Jumat, 13 November 2020, 2:41 WIB

KSR PMI STIKes Surya Global Giat Spraying & Promkes Di SD Muhammadiyah Jogokariyan


Yogyakarta – (Rabu, 4/11/2020) sebanyak 7 anggota Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) STIKes Surya Global di bawah komando PMI Markas Kota Yogyakarta melakukan kegiatan 𝑠𝑝𝑟𝑎𝑦𝑖𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑠𝑖𝑛𝑓𝑒𝑐𝑡𝑎𝑛𝑠 (penyemprotan desinfektan) dan promosi kesehatan (promkes) di SD Muhammadiyah Jogokariyan yang berlokasi di Jl. Jogokaryan 77 A, Kota Yogyakarta. Kegiatan spraying ini sebagai ikhtiar pencegahan Covid-19 khususnya di Kota Yogyakarta. Sedangkan kegiatan promkes kegiatannya berupa penyuluhan kepada siswa, guru, warga ataupun orang di sekitar untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kegiatan spraying dan promkes berlangsung dari jam 08:00 sampai jam 11:15 WIB.




Anggota KSR PMI STIKes Surya Global yang ditugaskan dalam kegiatan ini diantaranya:

1. Nur'Afni Wara

2. Sumiati

3. Rabania

4. Cicik Yulio Nurcahyo

5. Silvia Wulandari

6. Kusuma Mua'edi Zhohir

7. Arif Salahudin




Sukarelawan KSR PMI STIKes Surya Global yang melakukan kegiatan spraying wajib menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) seperti baju Hazmat level 2, masker 3 ply, gloves, kacamata pelindung, dan sepatu boot. Para sukarelawan ini beberapa bulan sebelumnya juga mendapatkan pelatihan di PMI. Spraying dilakukan di ruang-ruang guru, ruang TU, kelas-kelas sampai ke kamar mandi dengan menggunakan desinfektan. Desinfektan adalah sebutan bagi larutan atau zat kimia tertentu yang dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme yang ada pada suatu objek tertentu.




Penyemprotan desinfektan merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 saat ini, yaitu dengan mencegah orang yang terinfeksi lebih banyak. Setelah selesai dilakukan prosedur dekontaminasi dengan melakukan penyemprotan disinfektan kepada semua sukarelawan yang melakukan spraying sebelum APDnya dilepas. Baru kemudian semuanya kembali ke PMI Markas Kota Yogyakarta yang terletak di Jl. Tegal Gendu No. 25, Kotagede, Kota Yogyakarta, 2 km dari Pesantren STIKes Surga.




Para sukarelawan KSR PMI STIKes Surya Global sering ditugaskan dalam kegiatan PMI Kota Yogyakarta seperti kegiatan spraying selain pertolongan ketika ada kecelakaan maupun bencana. Disamping sebagai pembelajaran, sebagai sukarelawan PMI harus siap jika sewaktu-waktu ditugaskan dalam kegiatan kemanusiaan.

Lihat Selengkapnya