Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Selasa, 16 Juli 2019, 11:06 WIB

PELANTIKAN LEMBAGA DAKWAH KAMPUS JAMA'AH AL KAHFI

Lihat Selengkapnya
Sabtu, 13 Juli 2019, 9:06 WIB

STUDI EKSKURSI MAHASISWA KESMAS STIKES SURYA GLOBAL KE B2P2TOOT

Tawangmangu di kabupaten Karanganyar Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi bagi para mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global yang melaksanakan kunjungan Studi Ekskursi (SE). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 - 3 Juli 2019 untuk mahasiswa semester 2 dan tanggal 4 Juli 2019 untuk mahasiswa semester 4. SE ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat dan 5 dosen pembimbing. Selain waktu yang berbeda, tempat kunjungan antara mahasiswa semester 2 dan semester 4 pun berbeda. Untuk mahasiswa semester 2 berkunjung ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Tanaman Tradisional (B2P2TOOT) di Tawangmangu, sedangkan untuk semester 4 berkunjung ke PT.Sidomuncul dan Pabrik Sosro.


Studi Ekskursi adalah Program Tahunan yang diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang instansi atau perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan perindustrian. Studi ekskursi berasal dari kata excursion, yang berarti keluar. Studi Ekskursi hampir sama seperti tour atau live in, yang intinya adalah pembelajaran keluar. Proses pembelajaran melalui studi ekskursi bertujuan membawa mahasiswa keluar kelas agar dapat melihat secara langsung dunia realita keilmuaannya serta dapat menambah informasi dari praktisi serta ikut merasakan suasana dunia kerja.


Para mahasiswa yang melaksanakan SE di Tawangmangu sangat antusias dalam mengikuti kunjungan tersebut, terbukti mereka banyak bertanya saat diajak berkeliling untuk mengenal berbagai tanaman dan fasilitas di B2P2TOOT. Selain itu, mahasiswa pun sangat tertarik dengan cara pengolahan tanaman obat dan obat tradisional yang dikembangkan. B2P2TOOT yang merupakan bagian dari Litbang Kementerian Kesehatan ini memprioritaskan pada Saintifikasi Jamu, dari hulu ke hilir, mulai dari riset etnofarmakologi tumbuhan obat dan Jamu, pelestarian, budidaya, pascapanen, riset praklinik, riset klinik, teknologi, manajemen bahan Jamu, pelatihan iptek, pelayanan iptek, dan diseminasi sampai dengan peningkatan kemandirian masyarakat.


Seusai melaksanakan kunjungan di B2P2TOOT, para mahasiswa berwisata di air terjun Grojogan Sewu sambil berfoto-foto ria. Setelah itu rombongan pun kembali ke Jogja, ke pesantren STIKes Surga tercinta dengan membawa oleh-oleh ilmu dan kenangan yang sangat berharga. 🥰🚌


reporter: Selfi & Mira

Lihat Selengkapnya
Sabtu, 06 Juli 2019, 10:20 WIB

PELANTIKAN DAN MUSYAWARAH RAPAT KERJA ISMKMI DIY

Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia, atau sering dikenal dengan ISMKMI adalah wadah untuk bertukar pikiran serta naungan bagi mahasiswa Kesehatan Masyarakat untuk memecahkan suatu permasalah kesehatan dan isu-isu kesehatan yang ada di Indonesia.


Beberapa waktu lalu tepatnya Ahad, 23 Juni 2019 ISMKMI DIY menggelar musyawarah dan Rapat Kerja Daerah, di mana dalam kegiatan itu telah dilakukan kegiatan musyawarah mengenai program kerja ISMKMI daerah dan melakukan pelantikan bagi pengurus ISMKMI Daerah Istimewa Yogyakarta Periode 2019/2020.


Pada tahun ini Stikes Surya Global menjadi ruan rumah Musyawarah Rapat Kerja ISMKMI DIY. Kegiatan ini diikuti 4 perguruan tinggi di DIY, diantaranya UNRIYO, UAD, STIKES WIRA HUSADA dan STIKES SURYA GLOBAL. Nama-nama pengurus ISMKMI DIY periode 2019/2020 sebagai berikkut :


⦁ Koordinator Daerah : Yulyana (STIKes Surya Global)⦁ Penanggung jawab institusi : Dika Hendrayana (Universitas Respati Yogyakarta)⦁ Penanggung jawab institusi : Aulia Putri Nugraheni (Universitas Ahmad Dahlan)⦁ Penanggung jawab institusi : Arnedya Nimaskharisma (STIKes Wira Husada)⦁ Penanggung jawab institusi : Mira Tri Widyawati (STIKes Surya Global)


DIVIDI PSDMKADIF⦁ Kunarsi Reni Ekawati (STIKes Surya Global)STAFF⦁ Jihan Srikhandia Purnama ⦁ Mila Siafitra


DIVISI INFOKOMKADIF⦁ Tabah Sri Panuntun (STIKes Surya Global)sada)⦁ Nabila Rangwoho


DIVISI LITBANGKADIF⦁ Khalwa Rizqy Mar'ati (STIKes Surya Global)STAFF⦁ Yunita Sari (STIKes Surya Global)⦁ Linda Tri Mariyuni


DIVISI TCDKADIF⦁ Mailana Nawang SekarSTAFF⦁ Annisa Nur Aliya⦁ Amaliya Latifah


DIVISI PENGMASKADIF⦁ Wahyuman Ananda (STIKes Surya Global)STAFF⦁ Ade Nurjalil (STIKes Surya Global)⦁ Orisa Andani


Reporter: Mira

Lihat Selengkapnya
Kamis, 20 Juni 2019, 2:01 WIB

KUNJUNGAN & KERJASAMA STIKES SURYA GLOBAL dengan BOROMARAJONANI COLLEGE of NURSING KHON KAEN THAILAND

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global memenuhi undangan untuk berkunjung ke Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen Thailand dari tanggal 16 - 19 Juni 2019. Delegasi STIKes Surya Global yang hadir memenuhi undangan ke Thailand tersebut antara lain: bapak Dwi Suharyanta, ST, MM., M.Kes., ibu Ani Mashunatul Mahmudah, S.Kep., Ners, I Made Moh. Yanuar Saifudin, S.Kep., Ners, dan Gani Apriningtyas Budiyati, S.Kep., Ners, M.Kep.



Kunjungan ini dimaksudkan agar terjalin interaksi antar dosen dan peneliti di kedua perguruan tinggi ini agar dapat saling berkolaborasi untuk memajukan tujuan akademis. Kedua perguruan tinggi kesehatan ini akan saling berbagi kurikulum dan pengalaman di bidang penelitian Keperawatan. Disamping itu perwakilan delegasi dari STIKes Surya Global juga diminta untuk memberikan materi kuliah Asuhan Keperawatan Holistik bagi mahasiswa program studi Keperawatan di Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen selama kunjungan di sana.


Kunjungan ini sebagai balasan ketika tahun lalu delegasi Boromarajonani College of Nursing Khon Kaen yang dipimpin direkturnya Dr. Wacharee Amornrojanavaravutti melaksanakan Teacher and Student Exchange ke kampus STIKes Surya Global pada 6 - 12 Mei 2018.


Lihat Selengkapnya
Minggu, 17 Maret 2019, 9:58 WIB

MILAD KE-6 KSR PMI STIKES SURYA GLOBAL

Di tengah hujan deras yang terus menerus mengguyur Jogja dari pagi sampai malam hari Ahad 17 maret 2019, KSR PMI STIKes Surya Global merayakan miladnya yang ke-6 di Gedung Balai Desa Potorono. Acara yang dimulai ba'da Isya' ini dihadiri oleh perwakilan PMI Kota Yogyakarta, Pembina KSR PMI STIKes Surya Global, perwakilan KSR PMI dari berbagai perguruan tinggi di Jogja, para pengurus, anggota serta alumni KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global.


Acara dibuka dengan Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KSR PMI. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Unit KSR PMI STIKes Surya Global oleh Muhammad Rapli dan dari Pembina KSR PMI STIKes Surya Global bapak Herbakti Nur Ch.,S.Sos. Dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Pembina kepada Ketua Unit KSR PMI STIKes Surya Global. Acara selanjutnya hiburan-hiburan yang antara lain menampilkan video-video ucapan selamat dari Unit-unit KSR PMI perguruan tinggi di Jogja dan para alumni yang dilombakan. Untuk pemenang video ucapan selamat diraih oleh KSR PMI Instiper Yogyakarta dan Universitas Mercu Buwana Yogyakarta. Hiburan selanjutnya adalah penampilan berupa puisi, tarian dan lagu dari anggota KSR PMI STIKes Surya Global angkatan 2016, 2017 dan 2018.


Acara selanjutnya adalah pengumuman Anggota Teladan KSR PMI STIKes Surya Global yang untuk tahun ini diraih oleh Hanin Dita dan Sri Martini. Acara ditutup dengan pembacaan doa dan diakhiri dengan sesi foto bersama baik seluruh hadirin, foto anggota akngkatan 2018, 2017, 2016 dan alumni bersama pembina. Dengan situasi di luar yang masih hujan para sukarelawan KSR PMI STIKes Surya Global juga mendapat panggilan tugas dari PMI untuk membantu proses penanganan bencana banjir yang malam itu melanda di beberapa lokasi di kabupaten Bantul. Selamat Milad yang ke 6 KSR PMI Surga! Siamo Tutti Fratelli !

Lihat Selengkapnya
Jumat, 30 November 2018, 9:28 WIB

Basic Training of Public Health (BToPH) PMKM STIKes Surya Global

Ahad, 4 November 2018 Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) menyelenggarakan kegiatan Basic Training of Public Health (BToPH) yang bertempat di Aula GSP 2 STIKes Surya Global. Para pembicara yang tampil dalam kegiatan ini diantaranya adalah: bapak Amin Subargus, SKM, M.Kes., Laila Fitriani (DPM ISMKMI), M. Affan Mahfudz (KORWIL 3 ISMKMI) , Stevanus Cristi B. (KORDA DIY ISMKMI) dan Isma Latifah (Pengabdi Masyarakat Nasional ISMKMI) Dan BToPH diikuti oleh 55 mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global. (Aida/PMKM/2018)

Lihat Selengkapnya