Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
GENERAL INFORMATION
Selasa, 06 Oktober 2020, 2:09 WIB

SEHAT BERAWAL DARI ISI PIRING

 
Aʀɪs Sᴇᴛʏᴀᴡᴀɴ, S.Kᴇᴘ.,Ns.,MHPE
𝖣𝗈𝗌𝖾𝗇 𝖪𝖾𝗉𝖾𝗋𝖺𝗐𝖺𝗍𝖺𝗇 𝖯𝖾𝗌𝖺𝗇𝗍𝗋𝖾𝗇 𝖲𝖳𝖨𝖪𝖾𝗌 𝖲𝗎𝗋𝗀𝖺

Kesehatan merupakan karunia terbaik dari Allah setelah Islam, yang menjadi bekal seorang hamba untuk beraktifitas dan beribadah. Menjaga kesehatan adalah bentuk kecintaan kita kepada Allah atas anugrah yang telah diberikan.

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan tetap menjaga keseimbangan tubuh, Yaitu dengan tetap memberikan nutrisi terbaik untuk tubuh. Tentunya nutrisi yg sesuai dengan fitrah manusia yaitu halal lan toyib yang telah dijelaskan melalui Al Qur'an dan dicontohkan oleh uswah khasanah Rasulullah SAW. Rasulullah selalu "menjaga" makanannya dan lebih "sering lapar" dari pada kenyang.

Menjaga makanan yang sesuai dengan fitrahnya yaitu halal lan Toyib seperti yang telah disampaikan Allah dalam Firman-NYA:
"𝐻𝑎𝑖 𝑠𝑒𝑘𝑎𝑙𝑖𝑎𝑛 𝑚𝑎𝑛𝑢𝑠𝑖𝑎, 𝑚𝑎𝑘𝑎𝑛𝑙𝑎ℎ 𝑦𝑎𝑛𝑔 ℎ𝑎𝑙𝑎𝑙 𝑙𝑎𝑔𝑖 𝑏𝑎𝑖𝑘 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑎𝑝𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑟𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 𝑑𝑖 𝑏𝑢𝑚𝑖". (QS. Al-Baqarah : 168).

Tidak hanya halal saja, tapi juga Toyib, begitu juga sebaliknya.

Namun saat ini banyak orang yang lebih mementingkan estetika dan rasa dari makanan dari pada ke-toyiban makanan. Sehingga akan memanen penyakit di masa tua mendatang. Maka, sebenernya sehat itu simpel, "Cukup perbaiki isi piring kita".

𝙺𝚎𝚗𝚊𝚙𝚊 𝚒𝚜𝚒 𝚙𝚒𝚛𝚒𝚗𝚐?

Isi piring berhubungan dengan apa yang kita makan, apa yg kita makan akan tercerminkan melalui kondisi tubuh kita, sehat atau sakit.

"Maka isilah piring kita dengan produk Allah, 𝑅𝑒𝑎𝑙 𝐹𝑜𝑜𝑑 bukan 𝑆𝑦𝑛𝑡ℎ𝑒𝑡𝑖𝑐 𝐹𝑜𝑜𝑑."

𝙿𝚛𝚘𝚍𝚞𝚔 𝚢𝚊𝚗𝚐 𝚜𝚎𝚙𝚎𝚛𝚝𝚒 𝚊𝚙𝚊?

Produk yang telah disampaiakan Allah melalui Al Qur'an dan As Sunnah RasulNYA.

Diantaranya adalah:

1. 𝑩𝒖𝒂𝒉 𝑻𝒊𝒏 𝒅𝒂𝒏 𝒁𝒂𝒊𝒕𝒖𝒏 yang disampaikan dalam surah At Tin

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ

"𝐷𝑒𝑚𝑖 (𝑏𝑢𝑎ℎ) 𝑇𝑖𝑛 𝑑𝑎𝑛 (𝑏𝑢𝑎ℎ) 𝑍𝑎𝑖𝑡𝑢𝑛" (At-Tin : 1).

Manfaat:
Buah Tin dan Zaitun merupakan salah satu perpaduan makanan yang indah, karena mempunyai manfaat yang sangat luar biasa, diantaranya adalah sebagai AntiInflamasi, Imunomodulator, AntiMikroba, AntiKanker, Analgesik dan Antioksidan.

2. 𝑲𝒖𝒓𝒎𝒂

Kurma merupakan salah satu buah yang istimewa karena di sebutkan 20 kali dalam 16 surah berbeda dalam Al Qur'an .
Begitu banyak manfaat dalam Kurma sehingga Rasulullah pun bersabda:

“𝐵𝑎𝑟𝑎𝑛𝑔𝑠𝑖𝑎𝑝𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑘𝑜𝑛𝑠𝑢𝑚𝑠𝑖 𝐾𝑢𝑟𝑚𝑎 𝐴𝑗𝑤𝑎 𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑝𝑎𝑔𝑖 ℎ𝑎𝑟𝑖, 𝑚𝑎𝑘𝑎 𝑝𝑎𝑑𝑎 ℎ𝑎𝑟𝑖 𝑖𝑡𝑢 𝑖𝑎 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑡𝑒𝑟𝑘𝑒𝑛𝑎 𝑟𝑎𝑐𝑢𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑠𝑖ℎ𝑖𝑟” (H.R Muslim).

Diantara manfaat kurma adalah: Kaya akan serat sehingga memperbaiki proses pencernaan dan penyerapan makanan. Kaya akan asam amino yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan sel sel dalam tubuh.
Tinggi glukosa yang mudah di cerna oleh tubuh, sehingga cocok sekali untuk di konsumsi pada ibu yang sedang melahirkan.

3. 𝑱𝒂𝒉𝒆

Jahe di kenal dengan istilah 𝚃𝚑𝚎 𝙺𝚒𝚗𝚐 𝚘𝚏 𝚁𝚎𝚖𝚙𝚊𝚑/ Raja dari rempah, karena begitu banyaknya manfaat dari jahe.
Selain itu Jahe juga dikenal dengan minuman surga, hal ini sesuai dengan apa yang di sampaikan Allah pada surah Al Insan.

"𝐷𝑖 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝑠𝑢𝑟𝑔𝑎 𝑖𝑡𝑢 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑑𝑖𝑏𝑒𝑟𝑖 𝑚𝑖𝑛𝑢𝑚 𝑠𝑒𝑔𝑒𝑙𝑎𝑠 (𝑚𝑖𝑛𝑢𝑚𝑎𝑛) 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑐𝑎𝑚𝑝𝑢𝑟𝑎𝑛𝑛𝑦𝑎 𝑎𝑑𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑗𝑎ℎ𝑒" (Al Insan : 17-18)

Manfaat :
Dari sekian banyak manfaat jahe diantaranya adalah : Sebagai Antiinflamasi, Antikoagulan, Imunomodulator, AntiEmetik (Anti Mual), dan meredakan Batuk.
Selain jenis makanan diatas, masih bnyak lagi jenis buah, sayur, biji bijian yang dijelaskan dalam Al Qur'an.

"𝑀𝑎𝑘𝑎 ℎ𝑒𝑛𝑑𝑎𝑘𝑙𝑎ℎ 𝑚𝑎𝑛𝑢𝑠𝑖𝑎 𝑖𝑡𝑢 𝑚𝑒𝑚𝑝𝑒𝑟ℎ𝑎𝑡𝑖𝑘𝑎𝑛 𝑚𝑎𝑘𝑎𝑛𝑎𝑛𝑛𝑦𝑎, 𝐾𝑎𝑚𝑖 𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟-𝑏𝑒𝑛𝑎𝑟 𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑐𝑢𝑟𝑎ℎ𝑘𝑎𝑛 𝑎𝑖𝑟 (𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑖𝑡), 𝑘𝑒𝑚𝑢𝑑𝑖𝑎𝑛 𝐾𝑎𝑚𝑖 𝑏𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑏𝑢𝑚𝑖 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑏𝑎𝑖𝑘-𝑏𝑎𝑖𝑘𝑛𝑦𝑎, 𝑙𝑎𝑙𝑢 𝐾𝑎𝑚𝑖 𝑡𝑢𝑚𝑏𝑢ℎ𝑘𝑎𝑛 𝑏𝑖𝑗𝑖-𝑏𝑖𝑗𝑖𝑎𝑛 𝑑𝑖 𝑏𝑢𝑚𝑖 𝑖𝑡𝑢, 𝑎𝑛𝑔𝑔𝑢𝑟 𝑑𝑎𝑛 𝑠𝑎𝑦𝑢𝑟-𝑠𝑎𝑦𝑢𝑟𝑎𝑛, 𝑧𝑎𝑖𝑡𝑢𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑘𝑢𝑟𝑚𝑎, 𝑘𝑒𝑏𝑢𝑛-𝑘𝑒𝑏𝑢𝑛 (𝑦𝑎𝑛𝑔) 𝑙𝑒𝑏𝑎𝑡, 𝑑𝑎𝑛 𝑏𝑢𝑎ℎ-𝑏𝑢𝑎ℎ𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑟𝑡𝑎 𝑟𝑢𝑚𝑝𝑢𝑡-𝑟𝑢𝑚𝑝𝑢𝑡𝑎𝑛, 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑘𝑒𝑠𝑒𝑛𝑎𝑛𝑔𝑎𝑛𝑚𝑢 𝑑𝑎𝑛 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑏𝑖𝑛𝑎𝑡𝑎𝑛𝑔-𝑏𝑖𝑛𝑎𝑡𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑟𝑛𝑎𝑘𝑚𝑢." (QS 'Abasa : 24-32).

Untuk menambah kesempurnaan nutrisi yang kita berikan kepada tubuh kita yaitu dengan rutin mengkonsumsi produk makhluk Allah (Produk dari lebah).

Lebah di ciptakan Allah sebagai salah satu bentuk kecintaanNYA kepada manusia.
Lebah di perintahkan membuat sarang yang berbentuk hexagonal sebagai tempat produksi 𝑆𝑦𝑖𝑓𝑎 (Penyembuh) terbaik yang disitulah segala kebaikan.