Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Rabu, 20 November 2019, 10:35 WIB

59 CATA BERTAHAN DI DIKLAT KSR PMI STIKES SURYA GLOBAL 🚑

Hampir setiap akhir pekan di GSP Pesantren STIKes Surga maupun di area sekitarnya puluhan mahasiswa Calon Anggota (Cata) STIKes Surya Global melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia atau yang biasa dikenal dengan KSR PMI.


Korps Sukarela (KSR) sendiri merupakan organisasi di bawah naungan Palang Merah Indonesia (PMI) yang bergerak pada bidang kesehatan masyarakat, pertolongan pertama dan bantuan siaga bencana.


Diklat dilaksanakan setiap akhir pekan sejak pembukaan pada 21 September 2019 yang diikuti para Cata dari prodi Keperawatan, Kesehatan Masyarakat dan Farmasi. Tentu saja untuk menjadi sukarelawan PMI yang terlatih perlu adanya seleksi, dan dari 161 mahasiswa yang mendaftar yang bertahan sampai akhir Diklat sebanyak 59 Cata, yang sejauh ini merupakan Cata terbanyak dari sepanjang sejarah KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global.


Diklat dilaksanakan di dalam maupun di luar ruangan. Pada materi di ruangan, peserta dibekali pengetahuan tentang Kepalangmerahan yang meliputi sejarah Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Organisasi PMI, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Kesehatan Remaja, Manajemen Penanggulangan Bencana, Water Waste & Sanitation, Restoring Family Link, Psychosocial Support Programme, Posko & Radio Komunikasi, Kepemimpinan, dan lain-lain. Pada saat pembekalan materi, peserta tidak hanya duduk di kelas, tetapi juga mendapatkan praktek dan simulasi. Pematerinya selain dari para pengurus KSR PMI STIKes Surya Global juga dari PMI Markas Kota Yogyakarta. Inilah mengapa seleksi anggota baru KSR PMI lebih lama dibanding UKM-UKM lain karena mereka mendapatkan materi yang merupakan materi standar PMI bahkan Palang Merah Internasional.


Harapannya, dengan dilaksanakannya kegiatan Diklat KSR PMI ini, agar menghasilkan para sukarelawan-sukarelawan PMI yang peduli dengan kesehatan masyarakat, memiliki jiwa sosial yang tinggi dan rela berkorban dalam kegiatan sosial ataupun bantuan bencana, tentu saja hal tersebut harus didukung dengan kemampuan dan keterampilan yang kompeten.


Kegiatan terakhir Diklat KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global pada Ahad 17 November 2019, para Cata melakukan longmarch sepanjang 15 Km dan merayap di sawah yang berlumpur. Meskipun melelahkan dan dengan baju penuh lumpur tidak nampak wajah-wajah kepayahan para cata yang sebagian besar akhwat ini.


Dengan berakhirnya Diklat ini, Cata belum bisa dilantik menjadi anggota KSR PMI karena masih ada satu langkah lagi untuk resmi menjadi anggota yaitu mengikuti Pendidikan Lapangan yang pelaksanaannya diluar kampus yang sekaligus dilanjutkan dengan pelantikan anggota.


Tetap semangat CATA KSR PMI STIKes SURYA GLOBAL, jadilah Relawan Muda Berjiwa Kepalangmerahan, dan terus mengabdi sepenuh hati. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:


خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ


“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).


Siamo Tutti Fratelli! ⛑️


foto: Nur Afni