Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
PENGUMUMAN
Rabu, 18 September 2019, 7:32 WIB

GRAND OPENING BADAN DAKWAH KADER PROFESI (MENTORING) SEMESTER 1

Yogyakarta (12/09) - Grand Opening Badan Kader Dakwah Profesi (Mentoring) untuk para mahasiswa santri STIKes Surya Global semester I dilaksanakan di Masjid Baitu Surga pada pukul 19.30 - 21.30 WIB. Agenda ini merupakan pembukaan perdana yang bersifat wajib bagi mahasiswa santri semester I, karena terdapat materi sekaligus pertemuan langsung dengan pemandu. Dalam serangkaian acaranya Bunda Juju Rarem Pandey, S.IP selaku pembina dari BKDP pun memberikan sambutannya. Dan ketua dari BKDP ini adalah Avi Rohayati. Adapun pematerinya yaitu Shahib Anshari Muhajir dan Muhammad Wahidin dengan moderator yaitu Muhammad Habibullah Saifuddin, dimana mereka bertiga merupakan mahasiswa dari Stikes Surga. Metode yang digunaka dalam penyampaiannya cukup menarik. Sehingga membuat para mahasiswa santri semakin antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Mentoring yang ada di kampus kita tercinta STIKes Surya Global Yogyakarta bukanlah organisasi kampus, melainkan bagian dari mata kuliah Dirosah (pesantren) yang mempunyai bobot 1 SKS yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa santri hingga semester 4. Dengan mekanisme keikutsertaan mahasiswa santri turut mempengaruhi nilai mata kuliah dirosah. Pelaksanaan mentoring yaitu setiap hari Jum'at malam, dengan pemandu dan kelompok yang telah ditentukan. Namun, kali ini ada yang berbeda dari mentoring sebelumnya. Selain pemandunya yang berbeda nama mentoring pun lebih terdefinisi menjadi Badan Kader Dakwah Profesi. Lalu apa alasannya? Alasannya tak lain agar lebih menonjol dan berbeda dari kampus lain dengan adanya pesantren di kampus tercinta kita. Di tahun sebelumya setiap pergantian semester akan diadakan pergantian pemandu dan kelompok. Dan mulai tahun ini, pemandu dan kelompok akan tetap selama 2 semester atau 1 tahun. Dengan tujuan agar mendapatkan tingkatan ukhuwah yang tertinggi yaitu Itsar.

Mentoring adalah sebuah grup diskusi terfokus (focus group discussion) yang di dalamnya terdapat interaksi – relasi antar insan, ada aspek manusiawi, serta hubungan interpersonal. Bisa jadi seseorang menjadi dewasa, tanpa mentoring karena aspek pembentuk kedewasaan memang banyak. Bisa jadi dia anak sulung, sebatang kara, dididik orang tua, atau memang sudah dilepas sedari kecil. Mentoring adalah proses “Akselerasi (Percepatan) Kedewasaan”, karena dengan mentoring kita akan memperbesar “Kapasitas Berkomunitas” kita, memahami bahwa ternyata karakter manusia itu beragam, menangani konflik komunikasi, hingga mampu bekerjasama walaupun terdapat perbedaan prinsip di satu sisi. Di lingkungan tempat kita tinggal ternyata banyak sekali kemaksiatan yang bisa membuat kita terjerumus dan ditambah dengan jika kita salah memilih teman. Bisa hancur hidup kita. Maka dari itu diperlukan proses tarbiyah (pendidikan) baik dari terhadap sendiri dan orang lain. salah satunya dengan MENTORING, setidaknya kita bisa berkumpul dengan orang-orang yang mengingatkan kita untuk selalu melakukan amar ma’ruf nahi munkar terhadap diri sendiri dan orang lain.

"Mentoring adalah keluarga. Dimana mereka itu adalah bagian dari kita, bukan dibatasi ataupun mengekang tetapi merangkul mereka dengan ikatan ukhuwah. Harapannya dengan adanya mentoring ini dapat terarahkan, menjadikan mentoring sebagai keluarga. Ketika ada masalah kita bisa sharing, dan pemandi akan memberikan solusi." jelas Avi Rohayati selaku Ketua Badan Dakwah Kader Profesi (Mentoring).

Bersama Lingkaran Cinta, Membangun Karakter Bangsa!!! Itulah jargon Badan Kader Dakwah Profesi saat ini. Syukron 😊


reporter: Selfi