Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Kamis, 17 September 2020, 10:46 WIB

HUT Ke-75 PALANG MERAH INDONESIA

Tahukah Sobat SurGa pada tanggal 17 September 2020 adalah Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-75? Ternyata PMI hampir seusia dengan kemerdekaan Indonesia.

Sebelum kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1873, pemerintah kolonial Belanda telah mendirikan organisasi palang merah di negeri ini dengan nama 𝙽𝚎𝚍𝚎𝚛𝚕𝚊𝚗𝚍𝚜 𝚁𝚘𝚍𝚎 𝙺𝚛𝚞𝚒𝚣 𝙰𝚏𝚍𝚎𝚕𝚒𝚗𝚋𝚐 𝙸𝚗𝚍𝚒𝚎 (𝙽𝙴𝚁𝙺𝙰𝙸).

Pada tahun 1932, dr. RCL Senduk dan Bahder Djohan memiliki semangat untuk mendirikan PMI dan mengajukan proposal ke NERKAI, di tahun 1940, namun ditolak. Proposal kembali diajukan pada saat penjajahan Jepang, tetapi kembali ditolak.
Pada 3 September 1945, Presiden Soekarno memerintahkan Menteri Kesehatan dr. Boentaran Martoatmodjo untuk membentuk Palang Merah Indonesia, sekaligus untuk menunjukan keberadaan negara Republik Indonesia kepada dunia setelah Proklamasi Kemerdekaan.

Tepat pada 17 September 1945, terbentuklah Pengurus Besar PMI, dengan Drs. Mohammad Hatta sebagai ketua pertama. Setelah serah terima aset dari NERKAI ke PMI di tahun 1950, PMI mulai fokus memberi bantuan kemanusiaan kepada rakyat.
Saat ini PMI telah beroperasi di 34 provinsi dengan 408 cabang tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia. HUT PMI yang ke-75 tahun ini mengusung tema ❞𝓢𝓸𝓵𝓲𝓭𝓪𝓻𝓲𝓽𝓪𝓼 𝓾𝓷𝓽𝓾𝓴 𝓚𝓮𝓶𝓪𝓷𝓾𝓼𝓲𝓪𝓪𝓷❞.

PMI juga membentuk Palang Merah Remaja (PMR) dan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) yang beranggotakan para mahasiswa di perguruan tinggi, termasuk di STIKes Surya Global. Banyak mahasiswa anggota KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global beraktivitas dalam kegiatan kemanusiaan bersama PMI Kota Yogyakarta.

Selamat HUT ke-75 PMI dan semoga semangat kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan terus berkobar!