Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2019 2020 masih dibuka sampai akhir September 2019 -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
GENERAL INFORMATION
Selasa, 21 Mei 2019, 11:24 WIB

MEMINUM OBAT DI BULAN RAMADHAN

Saat bulan Ramadan pola makan dan minum akan berubah. Bagaimana meminum obat selama puasa Ramadan agar tetap optimal?

Perubahan jadwal obat dan dosis bisa mempengaruhi efek obat. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter dan apoteker agar diresepkan obat yang dapat digunakan 1 atau 2 kali sehari pada saat sahur dan/atau berbuka. Apabila obat diminum sebelum makan, maka minumlah obat tersebut 30 menit sebelum sahur dan berbuka. Untuk obat yang diminum setelah makan, minumlah 5-10 menit setelah makan besar.

Terus bagaimana jika obat harus diminum 3 atau 4 kali sehari? 🤔

Pertama, obat diganti sediaan yang melepaskan perlahan-lahan atau diganti obat jenis lain yang memiliki khasiat sama namun bekerja panjang. Apabila tidak bisa diganti, maka diminum dalam rentang waktu yang sama, yaitu setiap 5 jam untuk obat yang diminum 3x1.

Berikut pembagiannya :

18.00 : buka puasa
23.00 : menjelang tengah malam
04.00 : sahur

Untuk obat 4x1 tidak dianjurkan saat berpuasa, terutama untuk Antibiotik.

Berdasarkan kesepakatan para ulama dan ahli medis di Maroko tahun 1997, tidak semua obat membatalkan puasa. Obat-obat tersebut adalah obat yang tidak diminum melalui mulut dan tidak masuk saluran cerna.



Nah, itu tadi beberapa tips minum obat saat berpuasa. Tetap konsultasikan dengan dokter jika memiliki penyakit kronis. Selamat berpuasa 😊

Semoga amal ibadah di bulan Ramadan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

sumber: @KemenkesRI