Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
GENERAL INFORMATION
Sabtu, 11 Mei 2019, 9:50 WIB

MENJAGA KESEHATAN DI BULAN SUCI

Assalamu'alaikum sahabat Surga.
Selama kita berpuasa bukan berarti kita loyo all day long. Kita harus tetap produktif dalam melakukan aktifitas. Setuju? 😀


Puasa bukan suatu beban bagi kita. Ibadah puasa memberikan manfaat fisiologis, mental dan psikologis.



Selama puasa sel tubuh berada di bawah tekanan ringan sehingga merespon secara adaptif dengan meningkatkan kemampuannya mengatasi stress dan melawan penyakit.


Prinsipnya agar sehat, bugar dan produktif saat puasa adl menjaga kesehatan (seimbangkan makan dan aktifitas fisik, cukup istirahat, vitamin), jaga makanan (dengan makanan yg bergizi seimbang dan cukup minum), dan jaga kebugaran (aktifitas fisik rutin, ibadah, olahraga)


Jangan jadikan puasa alasan untuk tidak olahraga. Coba ikuti tips ini :
1. Pilih waktu sebelum sahur & menjelang berbuka
2. Intensitas olahraga ringan & sedang
3. Penuhilah nutrisi penting seperti karbohidrat dan minum
4. Jenis olahraga seperti senam, joging, aerobik ringan.


Tahukah sahabat, jika tubuh kita memiliki glikogen di hati sebagai sumber energi. Apabila glikogen menipis, maka digunakan lemak dalam tubuh.


Puasa bisa meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh lho! Lemak-lemak jadi hilang. Tapi, jika makan berlebihan pada sahur dan berbuka, bisa jadi kadar lemak kita bisa bertambah.


Maka dari itu batasi makan cemilan dan makanlah yang cukup 😉


Cara aman berpuasa agar tetap sehat :
1. Minum air yg cukup saat berbuka sampai sahur agar tubuh terhidrasi. 
2. Makan bertahap pada saat berbuka puasa. Mulailah dengan porsi kecil, dianjurkan makanan takjil yg mengandung gula/manis. 
3. Kunyah makanan sampai tuntas kurang lebih 30 kali. 
4. Gizi seimbang pada saat makan buka dan sahur. 
5. Dianjurkan makanan yg lebih mudah dicerna. Sayur yg sudah dimasak, lebih dianjurkan dari pada sayur mentah


Tidak dianjurkan minum kopi, teh dan minuman bersoda karena memicu efek diuretik


Dikutip dari: @KemenkesRI


Semangat berpuasa ya... 😉