Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Sabtu, 14 Desember 2019, 10:26 WIB

MILAD LDK JAKHFI STIKES SURYA GLOBAL KE - XIX

Yogyakarta (07-08/12) - LDK Jamaah Al Kahfi STIKes Surya Global memperingati milad LDK Jakhfi yang ke XIX dengan tema "Merajut Ukhuwah, Tingkatkan Semangat Dakwah". Acara Milad ini diselenggarkan di Balai Desa Jambidan. Acara ini dimulai dari hari Sabtu (07/12) pada pukul 14.30 WIB, hingga hari Ahad (08/12) pada pukul 11.00 WIB.

Titik kumpul peserta sebelum keberangkatan di Halaqoh Corner Pesantren STIKes SURGA, setelah itu panitia melalukakn pengkondisian peserta. Dan setelah peserta berkumpul semua, peserta berangkat ke lokasi menggunakan bus kampus. Setelah sampai di lokasi, para peserta shalat Ashar berjamaah kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara milad. Dalam pembukaan acara milad ini juga terdapat sambutan dari Pak Andre selaku pendiri LDK Jakhfi. Dalam acara Milad ini juga diadakan Lomba Cerdas Cermat dengan tema Kebangsaan. Adapun ketentuan dari lomba ini diantaranya; setiap departemen mengirimkan 2 tim, yang masing-masing tim terdiri dari 3 orang sedangkan yang tidak ikut lomba LCC dikondisikan agar tetap di dalam ruangan karena akan diisi Ice Breaking oleh Ni Puttu Oppy Hendrawati selaku Wakil Mas'ul dan Via Agna Maliyatul Ula selaku Sekretaris Biro Kaderisasi. Dalam lomba LCC, terdapat beberapa babak, yaitu babak penyisihan, babak semi final, dan yang terakhir babak final. Setelah itu, peserta melaksanakan shalat maghrib berjamaah, membaca dzikir petang, tilawah dan dilanjutkan makan bersama, dan juga disambung dengan shalat Isya berjama'ah.

Lomba LCC kembali dilaksanakan sampai babak penyisihan dengan menjawab 20 soal secara tertulis. Dan tim yang lolos ada 6. Hingga akhirnya yang lolos ke babak final adalah dari tim Akpro dan tim Ekonomu. Di babak final ini terdapat soal wajib, sambung ayat Juz 30, dan soal rebutan. Tim Akpro akhirnya meraih juara dengan total skor 775 dan tim Ekonomi dengan skor 500. Setelah lomba LCC selesai, dilanjutkan dengan materi, adapun pematerinya yitu Kiki Dwi Setiabudi yang merupakan Ketua LMD Nasional 199 Salman ITB dan Ketua LDK Jamaah Shalahudin UGM 1439 H. Peserta sangat antusias mengikuti materi tersebut. Simulasi dilakukan dengan meminta 4 peserta laki-laki untuk duduk di kursi kemudian membentuk formasi agar saling menguatkan satu sama lain karena pada akhirnya kursi yang mereka tempati akan diambil secara bersamaan. Selain itu juga membentuk formasi dengan posisi tidur di atas pangkuan temannya dan kaki dalam kondisi duduk. Seperti halnya di awal, kursi pun akan diambil secara bersamaan. Dan mereka dituntut untuk menjaga kekuatan dan keseimbangannya. Hikmah adanya simulasi ini adalah dengan adanya perbedaan yang beragam di Indonesia seharusnya bukan menjadi faktor utama terjadinya perpecahan, dan dari perbedaan tersebut seharusnya saling menguatkan dan saling melengkapi. Kuncinya yaitu harus percaya satu sama lain.

Ada kutipan bagus di stiker yang pemateri berikan kepada peserta, yaitu "Pemuda sebagai penggerak ialah ia yang meyakini apa yang disebut Illah sebagai niat dan kekuatan gerakannya, yakni Illah yang mendominasi hati insan siang dan malam. Setiap waktu berkontribusi karenaNya, takut jauh dariNya, tumpah segala cinta untukNya mau berkorban apapun demiNya dan sangat pilu jika tidak bersamaNya. Pemuda penggerak dakwah adalah yakin pada ketentuan Allah pada setiap jalan yang ia tempuh dan perjuangkanlah demi menggapai tujuan mulia dalam berjuang di jalanNya dan bagi peradaban bangsa dan agama." Setelab materi selesai, pesertapun beristirahat.

Keesokan harinya, agenda dilanjutkan dengan Qiyamul Lail berjamaah, shalat berjamaah, membaca dzikir pagi dan tilawah. Setelah itu, dilakukan senam pagi. Setelah senam, peserta bersiap-siap untuk melakukan agenda berikutnya yaitu Dhuha Time and Read Al Qur'an, kemudian dilanjutkan dengan sarapan bersama. Para peserta kemudian melaksanakan kegiatan outbond di halaman. Outbond dilakukan dengan bermain beberapa games yang dimainkan secara beregu. Peserta pun sangat senang saat bermain games. Agenda selanjutnya yaitu tukar kado dan dilanjutkan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua Panitia yaitu Aldi Syahrial kepada departemen Humas Miftakhul Aziz, serta Dian Nugroho selaku Mas'ul LDK Jakhfi periode 2018/2019.

Setelah pemotongan tumpeng, dilanjutkan dengan menulis harapan yang kemudian disematkan di pohon harapan yang telah disediakan. Setelah itu, dilanjutkan pembagian hadiah yang terdiri dari juara lomba, kader terbaik di setiap departemen, kader terajin dalam mengikuti Madrasah Jakhfi, dan peserta yang datang pertama kali di titik kumpul. Setelah serangkaian acara dilakukan, acara ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan oleh peserta dari acara yang telah dilakukan.

Semoga LDK Jakhfi semakin berjaya dan ukhuwah tetap terjaga 😊

LDK Jakhfi, Satu Langkah, Satu Tujuan, Kita bisa, Allahu Akbar!!!

Reporter: Selfiana Sari