Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
GENERAL INFORMATION
Rabu, 29 Juli 2020, 1:24 WIB

PUASA ARAFAH 9 DZULHIJJAH

Salah satu amalan utama di awal bulan Dzulhijjah adalah puasa Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah yang besok bertepatan dengan hari Kamis 30 Juli 2020. Puasa ini memiliki keutamaan yang semestinya tidak ditinggalkan seorang muslim. Puasa ini dilaksanakan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“𝘗𝘶𝘢𝘴𝘢 𝘈𝘳𝘰𝘧𝘢𝘩 (9 𝘋𝘻𝘶𝘭𝘩𝘪𝘫𝘫𝘢𝘩) 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘢𝘱𝘶𝘴𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘴𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘭𝘶 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨. 𝘗𝘶𝘢𝘴𝘢 𝘈𝘴𝘺𝘶𝘳𝘰 (10 𝘔𝘶𝘩𝘢𝘳𝘳𝘢𝘮) 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘩𝘢𝘱𝘶𝘴𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘰𝘴𝘢 𝘴𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘭𝘶.” (HR. Muslim no. 1162)

Imam Nawawi dalam 𝘈𝘭 𝘔𝘢𝘫𝘮𝘶’ (6: 428) berkata, “Adapun hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah: disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah. Adapun orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah, menurut Imam Syafi’ secara ringkas dan ini juga menurut ulama Syafi’iyah bahwa disunnahkan bagi mereka untuk tidak berpuasa karena adanya hadits dari Ummul Fadhl.”

Ibnu Muflih dalam 𝘈𝘭 𝘍𝘶𝘳𝘶’ - yang merupakan kitab Hanabilah - (3: 108) mengatakan, “Disunnahkan melaksanakan puasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, lebih-lebih lagi puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah. Demikian disepakati oleh para ulama.”

Mengenai pengampunan dosa dari puasa Arafah, para ulama berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika bukan dosa kecil yang diampuni, moga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, moga ditinggikan derajat.” (𝘚𝘺𝘢𝘳𝘩 𝘚𝘩𝘢𝘩𝘪𝘩 𝘔𝘶𝘴𝘭𝘪𝘮, 8: 51) Sedangkan jika melihat dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum. (Lihat 𝘔𝘢𝘫𝘮𝘶’ 𝘈𝘭 𝘍𝘢𝘵𝘢𝘸𝘢, 7: 498-500).

Nah, setelah kita tahu hal ini, yuk kita praktekkan. Risalah ini bisa juga disampaikan pada keluarga dan saudara kita yang lain biar kita dapat pahala, juga dapat pahala karena telah mengajak orang lain berbuat baik.

“Demi Allah, sungguh satu orang saja diberi petunjuk (oleh Allah) melalui perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah (harta amat berharga di masa silam).” (Muttafaqun ‘alaih).

“𝘉𝘢𝘳𝘢𝘯𝘨𝘴𝘪𝘢𝘱𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘯𝘫𝘶𝘬𝘪 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘬𝘦𝘣𝘢𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘥𝘪𝘢 𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘩𝘢𝘭𝘢 𝘴𝘦𝘱𝘦𝘳𝘵𝘪 𝘱𝘢𝘩𝘢𝘭𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘦𝘳𝘫𝘢𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢” (HR. Muslim).

Nah, jangan sampai lupa ya sobat SurGa untuk menyiapkan sahur dan besok berpuasa sunnah Arafah. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberi hidayah kepada kita untuk terus beramal sholih… 😊