Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Selasa, 25 Februari 2020, 7:58 WIB

Pengajian Awal Semester (PAS) Pesantren STIKES Surya Global

Dalam rangka menyambut dimulainya kegiatan di Pesantren STIKes Surya Global, diselenggarakan Pengajian Awal Semester (PAS) pada hari Sabtu (22/2) yang dikhususkan bagi santri mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat semester 2 dan 4. Serangkaian kegiatan dimulai dari Sabtu pagi, dengan diadakannya senam kemudian makan bersama di serambi Masjid Baitu Surga. Saat makan bersama dilakukan dengan cara yang cukup unik. Tidak seperti biasanya kalau makan menggunakan piring dan memakai sendok, kali ini menggunakan tempat beralaskan daun pisang dan menggunakan tangan tanpa sendok untuk makan. Hikmah yang didapatkan saat makan bersama yaitu adanya kebersamaan.



Kemudian dilanjutkan sharing untuk mahasiswa santri semester 2 dengan para ustadzah dan musyrifah. Untuk mahasiswa santri semester 4 mendapat pembekalan berupa materi di gedung GSP sesuai dengan kelas masing-masing. Dengan adanya pembekalan di awal semester ini sangatlah bermanfaat untuk mahasiswa santri agar meluruskan kembali niatnya dalam menuntut ilmu.


Pada malam harinya, mahasiswa santri semester 4 mengikuti kajian dengan pemateri yaitu Ustadz Muhammad Ghozy Mubaraq di Masjid Daarul Hijrah. Beliau menyampaikan materi yang berjudul “Mengenal Bakat Untuk Peran Peradaban Terbaik”. Penyampaian materinya pun sangat jelas, lugas, dan komunikatif. Adapun isi materinya diawali dengan pengingat tujuan hidup.


Dalam Q. S. Al Isra’ ayat 84 disebutkan:


كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِۦ""Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing".


Jadi, setiap manusia adalah bibit unggul. Beliau juga menjelaskan tentang konsep IKIGAI yaitu konsep hidup orang Jepang. Ikigai adalah tujuan hidup. Sesuatu yang mencakup keseluruhan tujuan dari yang ingin dicapai selama ini. Sebuah konsep pemikiran yang datang dari Negeri Sakura, Jepang. Konsep ini bukan hanya digunakan di negara itu saja, melainkan sangat baik diterapkan di seluruh dunia. Semua manusia lahir dengan potensi yang unik. Lalu bagaimana setiap pribadi menggunakan potensinya yang unik untuk melakukan amal yang sholih yaitu dengan peran yang spesifik.


Di awal semester ini, Sobat Surga para santri mahasiswa STIKES Surya Global untuk memperbarui niat dalam menuntut ilmu. Benahi kembali rancangan mimpi yang belum tercapai. Agar tidak salah dalam melangkah dan kembali terarah untuk tujuan kita, yaitu kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.Barakallahu fiikum..


reporter: Selfiana Sari