Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Selasa, 01 September 2020, 10:08 WIB

Peran BIG DATA Untuk PELAYANAN KESEHATAN


Oleh: πšƒπšžπšπš’πš” πš†πšŠπš‘πš’πšžπš—πš’πš—πšπšœπš’πš‘, πš‚.𝙺.𝙼., 𝙼.𝙿.𝙷.

π–£π—ˆπ—Œπ–Ύπ—‡ π–―π—‹π—ˆπ–½π—‚ π–ͺπ–Ύπ—Œπ–Ύπ—π–Ίπ—π–Ίπ—‡ π–¬π–Ίπ—Œπ—’π–Ίπ—‹π–Ίπ—„π–Ίπ— 𝖲𝖳𝖨π–ͺπ–Ύπ—Œ π–²π—Žπ—‹π—’π–Ί π–¦π—…π—ˆπ–»π–Ίπ—…




Big Data merupakan kumpulan data yang lebih besar dan juga lebih kompleks terutama dari sumber data yang baru. Set data ini cukup banyak sehingga software untuk pemroses data tradisional tidak akan mengelolanya. Namun sejumlah data yang besar ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah bisnis yang mana sebelumnya tidak bisa diatasi.




Membahas Big Data, ini sangat menarik sekali dikarenakan tidak hanya dapat diimplementasikan ke dalam bisnis, namun juga dapat diimplementasikan ke berbagai bidang, yang mana di dalamnya berhubungan dengan data-data besar, salah satunya adalah rumah sakit. Seperti yang diketahui bahwa rumah sakit ini selalu berhubungan dengan data yang lebih besar terutama Rumah Sakit Pusat yang mana menjadi tujuan pasien dari berbagai daerah. Tidak hanya data pasien saja yang disimpan namun data karyawan pun juga disimpan di dalamnya sehingga jika dikumpulkan data tersebut akan sangat besar.




Dalam bidang kesehatan, Big Data akan menerapkan analisis yang mana bisa membuahkan hal-hal positif bagi dunia kesehatan. Big Data ini akan mengacu pada informasi dengan jumlah yang besar kemudian dikonsolidasikan dan dianalisis oleh teknologi, kemudian diterapkan pada bidang kesehatan. Big Data juga bisa digunakan untuk mencegah epidemi dan menyembuhkan suatu penyakit. Di dalam praktiknya, Big Data ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan data pribadi pasien yang bisa digunakan untuk mengurangi kesalahan pihak rumah sakit dalam memberikan obat. Hal ini bisa saja terjadi karena rumah sakit kekurangan data dari pasien tersebut sehingga dengan adanya Big Data hal tersebut tidak akan pernah terjadi.




Penggunaan Big Data dipercaya lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara manual. Beberapa instansi masih ada yang mengandalkan cara manual sehingga semua data ditumpuk menjadi satu. Tidak ada yang menjamin data tersebut akan aman dan dalam kondisi yang selalu bagus. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, banjir, dan lain sebagainya tentu rumah sakit akan kehilangan data pasien yang sangat penting tersebut.




Selain mencari data pasien, Big Data ini juga bisa menyimpan riwayat rekam medis pasien yang mana akan bertambah selama pasien tersebut memeriksakan diri ke rumah sakit yang dimaksud.