Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Sabtu, 11 Januari 2020, 10:26 WIB

RAKERDA IAKMI DIY DI STIKES SURYA GLOBAL

"Ketika sebuah urusan menyangkut kesehatan melibatkan semua orang, itu artinya pemerintah harus hadir, itulah peran Kesehatan Masyarakat. Bukan ketika urusan itu hanya berhubungan dengan pelayanan kesehatan semata." Hal itu disampaikan Dr. Ede Surya Darmawan, S.K.M., M.DM, Ketua V Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) yang menyampaikan tentang "Program Kerja dan Tantangan IAKMI Masa Depan" dalam sambutan acara Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IAKMI Daerah Istimewa Yogyakarta di gedung GSP 2 STIKes Surya Global pada hari Sabtu (18/1/2020) yang diikuti seluruh pengurus IAKMI DIY dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di DIY. Acara ini selain dihadiri oleh Ketua V IAKMI Pusat, juga dihadiri bapak Sugiono, S.IP, MM., M.PH dari Yayasan STIKes Surya Global, dan ibu Ana Adina Patriani,S.K.M., MPH selaku Kepala Seksi Standardisasi Tenaga dan Sarana Kesehatan Dinas Kesehatan DIY sebagai mitra IAKMI DIY. Rakerda ini merupakan tindak lanjut dari Pelantikan Pengurus IAKMI DIY yang berlangsung 14 November 2019 lalu di Hotel Neo Yogyakarta. 


Acara dibuka dengan tilawah Al Qur'an oleh mahasiswa santri STIKes Surya Global, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IAKMI kemudian peragaan Safety Induction oleh 3 mahasiswa PMKM STIkes Surya Global dan tarian yang dibawakan 4 mahasiwi prodi Kesmas STIKes Surya Global.


Sambutan pertama Rakerda IAKMI DIY dibawakan oleh bapak Dr. Ariyanto Nugroho, S.K.M.,M.Sc. selaku Ketua Pengda IAKMI DIY. Dalam sambutannya pak Ari menyampaikan IAKMI DIY bisa dirasakan manfaatnya selain buat para pengurus tapi juga untuk masyarakat.Untuk mendukung output kajian tadi IAKMI DIY membentuk Kelompok-kelompok Kerja Keilmuan antara lain:1. Pengendalian Dampak Tembakau2. Manajemen Bencana3. Kelestarian Lingkungan4. Gizi, Kesehatan Reproduksi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)5. Pengendalian Penyakit6. Kebijakan Kesehatan dan Asuransi.


Harapannya Kelompok-kelompok Kerja Kelimuan tersebut akan bekerja mulai dari merencanakan kajian, melaksanakan sampai membuat rekomendasi dengan bimbingan dan arahan dari Dewan Pakar IAKMI DIY. Sehingga output dari IAKMI DIY itu tidak hanya masalah administratif organisatoris tapi juga ada produk-produk ilmiah yang bisa dibagi ke masyarakat luas khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, syukur jika bisa dibawa ke forum yang lebih tinggi seperti di IAKMI Pusat.


Sambutan kedua dari bapak Sugiono, S.IP, MM., M.PH. mewakili dari Yayasan STIKes Surya Global yang menyambut baik kehadiran para pengurus IAKMI DIY, perwakilan PP IAKMI, dan para undangan sekalian di Pesantren STIKes Surya Global.


Sambutan ketiga disampaikan oleh Dr. Ede Surya Darmawan, S.K.M., M.DM yang juga Ketua V Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat pusat yang menyampaikan tentan "Program Kerja dan Tantangan IAKMI Masa Depan". ketika sebuah urusan menyangkut kesehatan melibatkan seluruh orang itu artinya pemerintah harus hadir, itulah Kesehatan Masyarakat. Bukan ketika urusan itu hanya berhubungan dengan pelayanan kesehatan semata. Kita harus memahami ekosistem Kesehatan bangsa. Tugas kita adalah menaikkan derajat kesehatan masyarakat terus naik setinggi-tingginya.


Setelah acaran pembukaan selesai para tamu dan para peserta Rakerda istirahat dengan disuguhi makanan dan minuman yang diantaranya juga ada minuman herbal wedang gula asem, jahe dan wedang secang persembahan dari Rumah Sehat Alami STIKes Surya Global.


Setelah sholat Dhuhur acara dilanjutkan kembali dengan agenda Rapat Kerja Bidang dan Kelompok-kelompok Kerja Keilmuan sampai jam 14:30.