Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Kamis, 28 Maret 2019, 11:01 WIB

SEMINAR NASIONAL KESEHATAN 2019: EKSISTENSI BPJS KESEHATAN DITINJAU DARI ALOKASI PENDANAAN


Pada hari Ahad 24 Maret 2019, Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) STIKes Surya Global melaksanakan Seminar Kesehatan Nasional 2019 dengan tema: “Eksistensi BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) Kesehatan Ditinjau dari Alokasi Pendanaan” bertempat di Ballroom Platinum Hotel Yogyakarta.

Yang unik acara ini dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh para MC antara lain: Muh. Irfan Baharudin (bahasa Arab), Lia Risma (bahasa Indonesia) dan Yulyana (Bahasa inggris). Dan dilanjutkan dengan sambutan, penyampaian materi seminar dan di akhiri dengan call paper. Acara ini menghadirkan para pembicara antara lain:

⦁ Ibunda Dr. Nunik Kusumawardani, S.K.M., M.Sc. yang bergerak sebagai Badan Peneliti dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI dan Pengurus Pusat IAKMI sebagai Sekretaris Badan Khusus Pengendalian Tembakau,
⦁ Ibunda Dr Sumarjati Arjoso, S.K.M yang merupakan anggota komisi IX DPR RI,
⦁ Ibunda Prof. Dra. RA.Yayi Suryo Prabandani, M.Si.,Ph.D yang bergerak di QUIT Tobacco Indonesia Pusat Kajian Perilaku
⦁ Ibunda drg. Thoedola Baning Rahayujati, M,Kes

Dan sebagai moderator adalah Ibunda Sulastri Endartiwi, SKM, MPH. AAK selaku dosen STIKes Surya Global.

Acara seminar nasional ini juga dihadiri oleh bapak Dwi Suharyanta, ST., MM., M.Kes., selaku ketua Stikes Surya Global, Bapak Dedi Kuswoyo, SIP., Mpd., M.PH, selaku Wakil Ketua I, Ibunda Rustiana Setyowati, SE., MM., M.PH, selaku Wakil Ketua II, bapak Suyatno, S, Pd.i M.Pd.i selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, ibunda Nor Wijayanti, SKM, M.Kes selaku Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat sekaligus pembina Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Dan seluruh perwakilah HMJ Stikes Surya Global serta Dosen-dosen Stikes Surya Global. Seminar ini diikuti oleh 230 peserta yang berasal dari lembaga-lembaga instansi kesehatan, perguruan tinggi lain dan mahasiswa STIKes Surya Global. Dan peserta Call paper berjumlah 7 yang berasal dari Stikes Surya Global dan dari lembaga-lembaga instansi kesehatan dan perguruan tinggi lainnya.

Seminar kesehatan ini berlangsung lancar dan peserta terlihat antusias mendengarkan pemaparan dari para pemateri yang di moderatori oleh ibu Sri Sularsih Endartiwi., S.K.M., M.PH., AAK. tentang apa itu BPJS, dari mana pendanaan BPJS dan lain-lainnya. Seminar Kesehatan ini juga dihibur dengan penampilan tim kreasi dari PMKM. Panitia juga menyiapkan dooprize untuk peserta yang aktif mendengarkan dan bertanya kepada pemateri.

Pemateri memaparkan tentang bagaimana kinerja BPJS sebagai Jaminan Kesehatan terhadap warga yang menggunakan BPJS, dan menjelaskan bagaimana alokasi pendanaan BPJS tersebut. Juga perilaku merokok yang merugikan ekonomi serta fakta-fakta tentang rokok, perilaku merokok dan peran LSM untuk mengendalikannya.

Aktivitas yang dapat dilakukan LSM antara lain: memonitor penggunaan tembakau dan pencegahannya. Melakukan pengamatan perilaku merokok melalui survei, kajian kualitas, Melakukan pertemuan dengan elemen masyarakat, Diskusi perilaku merokok. Perlindungan terhadap asap rokok yakni dengan melaksanakan dan menguatkan KTR (Kawasan Tanpa Rokok), advokasi, jejaring LSM untuk menerapkan KTR. Berpartisipasi dalam pengembangan dan pengawasan KTR. Mengoptimalkan dukungan berhenti merokok, Berpartisipasi dalam mensosialisasikan cara berhenti merokok, Meningkatkan kapasitas untuk menjadi edukator berhenti merokok.

Tidak hanya seminar, PMKM juga mengadakan call for paper yang diikuti oleh 7 peserta. Para peserta memaparkan hasil penelitiannya kepada para audience, dan audience boleh bertanya jika ada yang belum bisa dipahami oleh audience.

Harapannya seminar-seminar kesehatan seperti ini bisa diadakan setiap tahun dan membahas isu-isu yang menarik lainnya, ujar Bapak Dwi Suhariyanta, ST., MM., M.Kes. selaku Ketua Stikes Surya Global.

Sampai jumpa lagi di Seminar Nasional Kesehatan tahun 2020 . 🖐🧕 (Dila/PMKM/2019)