Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Selasa, 22 September 2020, 1:31 WIB

YUK, CEGAH ANEMIA DARI SEKARANG!


Oleh: Sʀɪ Sᴜʟᴀʀsɪʜ Eɴᴅᴀʀᴛɪᴡɪ, S.K.M., M.P.H.

𝖣𝗈𝗌𝖾𝗇 𝖯𝗋𝗈𝖽𝗂 𝖪𝖾𝗌𝖾𝗁𝖺𝗍𝖺𝗇 𝖬𝖺𝗌𝗒𝖺𝗋𝖺𝗄𝖺𝗍 𝖲𝖳𝖨𝖪𝖾𝗌 𝖲𝗎𝗋𝗒𝖺 𝖦𝗅𝗈𝖻𝖺𝗅



Hai, kaum milenial! Kalian pasti sudah tahu kan tentang anemia? Anemia ini sering juga disebut kurang darah. Nah, sebenarnya apa sih anemia itu? Anemia adalah suatu kondisi di aman kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari batas normal. Untuk setiap jenis kelamin berbeda batasannya. Pada perempuan normalnya adalah 12 mg/dL. Sedangkan pada laki-laki batas normalnya adalah 13 mg/dL. Akan tetapi, pada perempuan yang sedang hamil dikatakan normal kalau tidak kurang dari 11 mg/dL. Orang yang menderita anemia biasanya memiliki tanda-tanda nih, yaitu 5 L (Lemah, Letih, Lesu, Lelah, Lunglai).



Anemia bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja kah dampaknya? Pada anak sekolah atau mahasiswa bisa berdampak pada penurunan kemampuan intelektual, misalnya prestasi belajar yang menurun, nilai rapor turun, nilai IPK turun. Kalau pada orang yang sudah bekerja, anemia bisa mengakibatkan penurunan produktivitas. Kondisi anemia jika dialami oleh ibu hamil bisa berakibat fatal, misalnya mengalami kematian, keguguran dan bayi yang dilahirkan mengalami BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah).



Sekarang, penyebab terjadinya anemia itu apa saja ya? Ternyata banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya anemia. Jumlah zat besi (Fe) dari makanan yang dikonsumsi kurang memenuhi kebutuhan zat besi oelh tubuh. Bisa juga terjadi karena absorbsi (penyerapan) Fe di dalam tubuh tidak maksimal, hal ini bisa disebabkan karena sedang dalam kondisi sakit. Kemudian yang sering terjadi pada perempuan adalah kehilangan Hb dalam darah pada waktu haid (menstruasi).



Kemudian tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia ya? Sebenarnya mudah saja untuk mencegah dari anemia. Pertama, rajin mengkonsumsi sayuran yang berwarna hijau, misalnya daun bayam, daun singkong, daun pepaya. Rajin makan daging yang berwarna merah seperti daging sapi dan hati. Bisa juga dengan mengkonsumsi tablet tambah darah setiap sedang haid atau menstruasi.*