Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2020 2021 sudah dibuka -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Senin, 07 September 2020, 11:08 WIB

YUK, CEK STATUS GIZIMU


Oleh: Sʀɪ Sᴜʟᴀʀsɪʜ Eɴᴅᴀʀᴛɪᴡɪ, S.K.M., M.P.H.

𝖣𝗈𝗌𝖾𝗇 𝖯𝗋𝗈𝖽𝗂 𝖪𝖾𝗌𝖾𝗁𝖺𝗍𝖺𝗇 𝖬𝖺𝗌𝗒𝖺𝗋𝖺𝗄𝖺𝗍 𝖲𝖳𝖨𝖪𝖾𝗌 𝖲𝗎𝗋𝗒𝖺 𝖦𝗅𝗈𝖻𝖺𝗅




Seiring dengan kemajuan zaman, semua orang dapat melakukan pengecekan status gizi tanpa harus mendatangi ahli gizi. Terdapat beberapa jenis perhitungan untuk melihat status gizi yang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah.




Perhitungan yang pertama adalah untuk mencari Berat Badan Ideal (BBI). Rumusnya adalah TB – 100 – 10% (TB-100). Nah, nanti hasilnya berapa apakah berat badannya sudah berada di level berat badan yang ideal?




Selain itu, bisa juga menghitung status gizi dengan menghitung nilai IMT (Indeks Massa Tubuh). IMT ini lebih sesuai digunakan untuk menentukan status gizi pada orang yang usianya di atas 18 tahun, bisa digunakan untuk perempuan dan juga laki-laki.

Rumusnya adalah:

IMT= BB (kilogram) : TB2 (meter)




 



Jika hasil dari perhitungan IMT nya < 17,0 maka masuk dalam kategori status gizi kurus sekali. IMT hasilnya 17,0 – 18,4 maka masuk dalam kategori status gizi kurus. Kemudian jika hasil perhitungan IMT nya di angka 18,5 – 25,0 maka masuk dalam kategori status gizi normal. Status gizi gemuk jika hasil perhitungan IMT berada di kisaran 25,1 – 27,0. Nah, jika hasil perhitungan IMT mendapatkan hasil >27,0 maka masuk dalam kategori status gizi obese atau kelebihan Berat Badan (BB) tingkat berat.




Menghitung status gizi sangat mudah ya. Selamat mencoba dan cek ya masuk kategori status gizi yang mana.