Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Jumat, 16 Desember 2016, 9:56 WIB

LDK JAKHFI STIKES SURYA GLOBAL MENGGALANG DANA UNTUK KORBAN GEMPA BUMI DI PIDIE JAYA NANGGROE ACEH DARUSSALAM



7 Desember 2016 yang lalu bangsa kita tercinta kembali dirundung duka. Gempa bumi 6.5 Skala Richter yang berpusat pada 5,25 LU dan 96,24 BT, atau tepatnya di darat pada jarak 106 Km arah tenggara kota Banda Aceh pada kedalaman 15 Km, menyisakan kepedihan bagi korban bencana alam.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dikutip dari detiknews.com bahwa BNPB telah meralat jumlah korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 SR di Pidie Jaya, Nangroe Aceh Darussalam. BNPB memastikan jumlah korban tewas 102 orang. Saat ini jumlah pengungsi akibat gempa Aceh juga terus bertambah. Total ada 23,231 orang yang mengungsi.



Simpati bergulir dari banyak kalangan di tanah air, begitu juga para mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus Jama’ah Al-Kahfi STIKes Surya Global, pada tanggal 11 Desember 2016 melakukan penggalangan dana turun ke jalan raya, tepatnya di perempatan lampu merah Kotagede Yogyakarta. Aksi dimulai pada pukul 13.30 WIB dan selesai pada pukul 14.30 WIB. Aksi ini merupakan refleksi dari rasa simpati dan kepedulian terhadap sesame. Meletakkan rasa gotong royong dan sekaligus pengamalan dari sila ke-3 yaitu persatuan Indonesia. Saling bahu membahu atas kesulitan yang dihadapi bangsa kita.



Alhamdulillah hasil dari penggalangan dana tersebut berjumlah sebesar Rp. 4.070.000,- yang selanjutkan akan disalurkan melalui Lembaga Dompet Peduli Umat Darul Tauhid (DPU-DT) Yogyakarta. Tak lupa kami ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi atas terselengaranya aksi ini, semoga menjadi sebuah kebaikan diantara kita semua. Sebab dibalik semua bencana tersebut terdapat ladang amal shalih yang sangat luas bagi kita yang tidak terkena bencana. Inilah saatnya bagi kita untuk meluangkan waktu, tenaga, fikiran, harta benda dan keahlian mereka guna membantu korban bencana.




Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

"Barangsiapa meringankan dari seorang mukmin salah satu kesusahan hidupnya di dunia niscaya Allah akan meringankan salah satu kesusahan hidupnya pada hari kiamat. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan niscaya Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi aib seorang muslim niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah). (Gita Kanyaka, 11/12/2016)
Lihat Selengkapnya
Kamis, 15 Desember 2016, 1:02 WIB

LDK JAMA’AH AL-KAHFI STIKES SURYA GLOBAL BERBAGI KEBAHAGIAAN DI PANTI ASUHAN BINA SIWI



Pada tanggal 12 Desember 2016 Departemen Humas LDK Jakhfi STIKES Surya Global kembali menebar kebahagian dengan rangkaian acara kunjungan ke Panti Asuhan Bina Siwi, Komplek Balai Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Di bawah Yayasan Ngudiraharjo, panti ini memiliki 38 anak asuh yang terdiri dari tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, dan tuna grahita dengan 9 pendamping.


Rangkaian acara pada kegiatan ini diisi dengan sharing, bagaimana keadaan saudara kita, yang dengan kekurangannya memiliki semangat yang begitu luar biasa untuk bangkit dan belajar seperti layaknya kita yang normal. Selain itu ada story telling dan game dari Kakak Imam, untuk kader dakwah dan saudara-saudara di panti. Agenda yang tak bisa dilewatkan adalah persembahan dari Panti Bina Siwi, yang menunjukan berbagai aneka kesenian seperti gamelan, hadroh, dan band yang mampu memukau dan membuat decak kagum teman-teman LDK Jakhfi.



Pertunjukan tersebut seperti alarm bagi kita yang diberikan kesempurnaan, untuk terus bersyukur dan mengingat bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, ketika Allah telah berkehendak maka jadilah. Tentu saja semua itu tidak datang dengan begitu saja,  semua harus diusahakan, begitu juga yang dilakukan saudara kita di Panti Bina Siwi, terus belajar dengan didampingi pendamping yang luar biasa dengan kesabaran dan keikhlasannya memotivasi dan terus memberi tanpa rasa lelah. Di Panti Bina Siwi anak asuh tidak hanya dibekali keterampilan seni musik, namun juga keterampilan dalam menciptakan hasil kerajinan yang bernilai ekonomis seperti, boneka, sandal, batik, bros dan lain sebagainya.


إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apayang pada diri mereka” (QS 13:11).

Acara kunjungan dengan tema “Let’s Share Our Love To Another” ini merupakan agenda rutin yang dilakukan Departemen Humas LDK Jakhfi dalam membangun hubungan mayarakat yang harmoni. Harapannya agenda ini dapat menyambung tali silaturahmi yang telah terjalin, dan mampu memberkan semangat bagi saudara-saudara kita di Panti Bina Siwi, sekaligus wahana belajar para kader untuk terus bersyukur, berusaha, berbagi kebahagiaan, dan menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaatbagi orang lain. Gita Kanyaka, (12/2/2016)





Lihat Selengkapnya
Jumat, 02 Desember 2016, 2:13 WIB

Simulasi Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan bagi Calon Anggota KSR PMI STIKES Surya Global




"Tolooong... toloooong...." Dari kejauhan terdengar teriakan minta tolong dan rintih kesakitan. Tampak beberapa orang dewasa tergeletak di pinggir jalan dengan berlumuran darah, ada yang kepalanya berdarah, kakinya tertancap kayu, bahkan ada yang ususnya terburai keluar. Bergegas tim medis berlari menghampiri para korban yang nampaknya korban kecelakaan. Apa yang sebenarnya terjadi? Kejadian tersebut hanyalah sebuah simulasi yang dibuat oleh para pengurus Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit XI STIKES Surya Global yang menggelar Simulasi Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan bagi Calon Anggota KSR PMI STIKES Surya Global pada hari Ahad, 27 November 2016 di Lapangan Jambidan Bantul.


Kegiatan Simulasi ini adalah salah satu agenda dan ujian yang harus ditempuh para Calon Anggota yang menjadi salah satu penilaian dan evaluasi apakah mereka siap dan lulus sebagai anggota KSR PMI. Kegiatan Simulasi ini bertujuan untuk memantapkan ilmu yang diperoleh selama Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) agar saat mereka terjun ke dalam masyarakat sudah siap dengan berbagai situasi di lapangan. Dan nantinya apabila lolos seleksi dan dilantik menjadi anggota KSR PMI STIKES Surya Global bis perperan aktif di kampus maupun masyarakat sebagai ujung tombak dari Palang Merah Indonesia.














Lihat Selengkapnya
Rabu, 30 November 2016, 11:03 WIB

Peringatan HARI KESEHATAN NASIONAL oleh Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) STIKES SURYA GLOBAL


Hari Kesehatan Nasional (HKN) setiap tahun diperingati pada tanggal 12 November. Sejak diresmikan tahun 1964, HKN menjadi momentum untuk melakukan pendidikan kesehatan sebagai salah satu upaya promosi kesehatan. Peringatan HKN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

Upaya promotif dan preventif merupakan salah satu cara efektik untuk menurunkan angka kematian akibat Penyakit Tidak Menular dan Penyakit Menular. Upaya tersebut bergantung pada perilaku individu yang turut didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016,  PMKM STIKES Surya Global sebagai penanggung jawab HKN, membentuk Panitia Bersama Hari Kesehatan Nasional yang kepanitiannya terdiri dari seluruh anggota PMKM dan perwakilan dari setiap kelas yang dimulai dari semester III dan Semeter V program studi Kesehatan Masyarakat STIKES Surya Global dengan mengangkat tema:

“ Bersama Membangun Generasi Bangsa yang Cerdas Menuju Indonesia Sehat “

Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah mahasiswa STIKES Surya Global. Dalam kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26 – 27 November 2016 ini kami mengadakan lomba Senam Sehat, Cerdas Cermat, dan Karnaval yang wajib diikuti oleh setiap kelas mulai dari semester I – V. Puncaknya adalah pada tanggal 27 November 2016 yang diawali dengan pemotongan pita oleh bapak Zennul Mubarok, S.E selaku perwakilan dari Wakil Ketua  III Bidang Kemahasiswaan di STIKES Surya Global, selanjutnya adalah acara karnaval, pembagian doorprize dari berbagai sponsor dan sebagai penutup adalah pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. (Sis/PMKM)










Lihat Selengkapnya
Senin, 28 November 2016, 10:15 WIB

Lembaga Dakwah Kampus Jamaah Al Kahfi STIKES Surya Global mengikuti TFT (Training For Trainer) di Surakarta



Dalam rangka meningkatkan potensi dan menaikkan levelisasi LDK dan membentuk LDK yang mempunyai jiwa inisiatif, Forum Slaturahmi Lembaga Dkawah Kampus (FSLDK) Solo Raya bersama dengan Tim PMLDK (Pelatihan Manajemen Lembaga Dakwah Kampus) menyelenggarakan kegiatan Traing for Trainer yang ditujukan kepada perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam FLDK di setiap daerahnya khususnya FSLDK yang berada di pulau Jawa. Salah satunya FSLDK Jogja ikut serta mengrimkan perwakilannya untuk mengikuti agenda tersebut salah satunya perwakilan dari LDk jakhfi.

Kegiatan yang mengusung tema “Be a Great Activist, Reach the Greatness of Islam” yang diadakan pada tanggal 26 Novemeber 2016 bertempat di Ruang Seminar Nurul Huda Islamic Center UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta. Bentuk kegiatan dari TFT ini adalah memberikan Training ke LDK-an kepada peserta dan diskusi terkait keadaan LDK di masing-masing daerah.

Agenda TFT ini tidak hanya memberikan training ke LDK-an saja tetapi FSLDK Solo Raya yang bekerjasama dengan Puskomnas juga menambahkan agenda Seminar sebelum masuk agenda inti TFT. Seminar tersebut  mengangakat tentang  tantangan dakwah yang di bawakan oleh Kak Azam coordinator keorganisasian LDK Gamaiz ITB. Setelah seminar selesai masuk ke agenda inti TFT yaitu Training yang terdiri dari 4 materi ke LDK an yaitu, Keorganisasian, Dakwah Media, Syiar, dan Kaderisasi. Setelah mengadakan TFT di penghujung acara peserta training diberikan surat keputusan dari Puskomnas FLDK untuk dapat menjadi trainer LDK di tiap daerahnya. Harapannya dari terselenggarannya agenda TFT ini dapat terbentuk trainer ke LDK-an yang akan membantu FSLDK Indonesia dalam memfasilitasi LDK yang ada di berbagai daerah agar dapat menjadi LDK mandiri yang unggul dan mapan.
Lihat Selengkapnya
Senin, 21 November 2016, 2:10 WIB

IPAD MINI (Inovasi Bra Aromaterapi) Karya Mahasiswa STIKES Surya Global Raih Juara 2 LKTI Nasional

Kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI tahun 2013 menyatakan bahwa prevalensi penyakit kanker payudara di Indonesia sebesar 0,5%, dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan prevalensi tertinggi penderita kanker payudara yaitu sebesar 2,4%. Walaupun banyak variasi penatalaksanaan medis yang dapat dilakukan, ternyata penderita kanker payudara masih memiliki berbagai keluhan yang mengganggu psikososial dan spiritualnya sehingga dapat membuat kualitas hidup penderita kanker payudara  menurun, seperti adanya benjolan dan keluarnya cairan tidak sedap (Nipple Discharge).



Hal tersebut membuat 3 mahasiswa Keperawatan STIKES Surya Global: Dwi Kurniarsih, Rifqi Alifa Bestari dan Alfi ‘Atiyatul Mubasyiroh berinisiatif untuk membuat suatu gagasan inovasi tentang Inovasi Bra Aromaterapi yang dapat menyerap nipple discharge pada penderita kanker payudara yang diberi nama IPAD MINI, dan dapat digunakan sebagai media perawatan Paliatif untuk mencegah terjadinya gangguan citra tubuh pada penderita.

Ipad Mini sebagai inovasi bra ini memiliki 2 bagian yaitu Multifunction Breast Holder dan Disposable Insertion Pad. Dimana Bra tersebut berbahan utama mikrofiber yang mengandung anti bakteria dan dapat menyerap 8 kali lebih banyak dari kain biasa serta menggunakan tali fleksibel untuk mengatur kekencangan bra sesuai kenyamanan penderita, kemudian pad sekali pakai berfungsi sebagai aromaterapi yang nanti akan disisipkan lewat kantong yang terdapat pada Bra sehingga dapat membuat penderita lebih rileks dan menyamarkan bau dari nipple discharge” Ujar Alfi, Sabtu (19/11)



Dari gagasan inovasi tersebut, kemudian diikusertakan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Hilarius 2016 yang diadakan oleh Himika FK UGM. Setelah melalui berbagai proses penyeleksian dan presentasi di final lomba pada hari Jumat (18/11) di Gedung Paleoantropologi FK UGM. Akhirnya diumumkan juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tersebut pada sabtu (19/11) di Auditorium Gedung Ismangoen PSIK UGM dan delegasi Stikes Surya Global mendapatkan gelar juara II, dengan Juara 1 diraih oleh UGM dan Juara III Oleh Unissula.

“Dari Karya Tulis Ilmiah yang kami buat ini, kami akan mencoba untuk terus menyempurnakannya sehingga dapat benar-benar diimplementasikan pada penderita kanker payudara dan dapat menjadi salah satu media untuk meningkatkan kualitas hidup bagi penderita” ujar Ifa, Sabtu (19/11).


Lihat Selengkapnya