Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Kamis, 13 Oktober 2016, 8:20 WIB

"NEW LEADERS SUMMIT" Upgrading and Family Gathering Organisasi Mahasiswa STIKES SURYA GLOBAL



Pada tanggal 8- 9 Oktober 2016 Bagian Kemahasiswaan STIKes Surya Global bekerjasama dengan delegasi dari setiap Organisasi Mahasiswa (Ormawa) melaksanakan kegiatan Upgrading dan Family Gathering. Dengan bertemakan “Merajut ukhuwah menciptakan pemimpin muntijah” diharapkan setiap ormawa di kampus memiliki prinsip muntijah itu sendiri dan mengembangkan organisasinya lebih baik, dan akhirnya bisa berkinerja lebih baik untuk para mahasiswa khususnya, dan untuk  civitas akademika kampus pada umumnya.


   
Acara ini diikuti oleh UKM dan HMJ diantaranya: DPM, BEM, HIMIKA, PMKM, HIMAFA, PMI, KOPMA, MENWA, PSM, MAHIMA, LDK JAKHFI, dll. Masing-masing mengirim perwakilannya untuk berpartisipasi dalam acara ini. Tujuan diselenggarakannya acara ini agar membawa wawasan baru untuk organisasinya masing-masing. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 130 mahasiswa dan didampingi langsung oleh bagian kemahasiswaan.


   
Pada hari Sabtu acara difokuskan pada penyambutan dari penyelengggara acara dan kemahasiswaan. Lalu malam harinya dari UKM, HMJ menampilkan profil organisasinya masing-masing. Setelah itu dilanjutkan dengan penampilan pentas seni dari setiap ormawa sebagai hiburannya.


   
Pada Ahad paginya diselenggarakan senam bersama yang dilanjutkan dengan sarapan, dilanjutkan dengan  dengan kegiatan outbond dengan berbagai macam permainan yang dibantu outing dari luar kampus. Lalu dilanjutkan dengan materi-materi yang harapannya mengkokohkan semangat di internal ormawa sendiri. (Ajeng/BEMSSG)




Lihat Selengkapnya
Rabu, 05 Oktober 2016, 8:53 WIB

Launching Dusun Binaan Krambilsawit Saptosari Gunung Kidul BEM STIKES Surya Global





















Di musim hujan seperti ini bukan alasan kita untuk melalaikan pengabdian kita. Sabtu-Ahad lalu, tanggal 1-2 Oktober 2016 Badan Eksekutif Mahasiswa STIKES Surya Global mengabdi secara nyata di Dusun Pringwulung RT 5,6,7 dan 8 RW 2 Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta dalam rangka Open Ceremony Dusun Binaan yang disimbolkan dengan pemotongan tumpeng oleh Presiden Mahasiswa STIKES Surya Global Fegit Jupandri dan Bapak Kepala Desa Krambilsawit. Acara yang diikuti oleh kurang lebih 350 warga berlangsung lancar dan dilanjutkan Pengajian Akbar oleh KH. Imam Syafi’I dan hiburan Hadroh STIKes Surya Global.






Untuk kegiatan lainnya antara lain sortir air bersih, pasar murah, pelayanan kesehatan, dll. Pada Ahad Pagi diselenggarakan kegiatan pasar murah.  BEM STIKES Surya Global menyiapkan 125 bungkus sembako yang dijual dengan harga sangat murah. Selain itu juga menjual baju-baju yang layak pakai dengan harga yang murah pula. Untuk penyortiran air bersih langsung dialirkan dari penampungan air warga.






Antusiasme warga Pringwulung sangat tinggi. Mereka menghargai dan sangat senang dengan adanya program dari BEM STIKES Surya Global yaitu Dusun Binaan yang akan membina dusun tersebut selama beberapa bulan kedepan. Semoga dengan berjalannya waktu dusun ini bisa lebih baik, lebih makmur, dan lebih maju. Semoga semua yang  bina disana bisa berguna, bermanfaat dan hasilnya bisa digunakan sebagaimana mestinya.




TOTALITAS LOYALITAS TANPA BATAS
Lihat Selengkapnya
Selasa, 04 Oktober 2016, 12:40 WIB

Pelatihan, Pembinaan, dan Pengembangan Kader tahap 1 (P3K1) LDK JAKHFI Pesantren Mahasiswa STIKES Surya Global



Lembaga Dakwah Kampus Jama’ah Al-Kahfi (LDK JAKHFI) Pesantren Mahasiswa STIKes Surya Global Yogyakarta mengadakan agenda tahunan, yaitu Pelatihan, Pembinaan, dan Pengembangan Kader tahap 1 atau biasa disebut P3K1 yang dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober 2016 atau yang bertepatan pada tanggal 29 Dzul’hijjah 1437H – 1 Muharram 1438H. Kegiatan
ini berlokasi di kawasan SDIT ALAM NURUL ISLAM, Jl. Ringroad barat, Dusun Cambahan, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kurang lebih sekitar 89 Mahasiswa Santri baru yang mendaftar dan mengikuti agenda P3K1 LDK JAKHFI 2016, dengan jumlah peserta ikhwan sebanyak 14 orang, dan akhwat sebanyak 75 orang.



Pembukaan rangkaian agenda P3K1 sendiri dilaksanakan di Aula 3 Kampus Mahasiswa Santri STIKes Surya Global Yogyakarta pada tanggal 1 Oktober 2016, oleh bapak Zainul Mubarok, SE. selaku perwakilan kemahasiswaan. Setelah itu para peserta mendapatkan materi pertama mengenai ke-LDK-an, yang harapannya setelah diberikannya materi ini para calon kader baru LDK JAKHFI dapat lebih memahami mengenai Lembaga Dakwah Kampus itu sendiri.

Tepat pukul 16.00 WIB seluruh peserta dan panitia diberangkatkan menuju lokasi P3K1, yaitu di SDIT Alam Nurul Islam, Kec. Sleman, D.I.Y. Agenda P3K1 tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena terdapatnya kebijakan baru dari pihak pengurus Pesantren Mahaiswa STIKes Surya Global sendiri, yaitu dilarangnya agenda malam hari Ikhwan dan Akhwat satu lokasi. Sehingga dari pihak panitia memutuskan untuk memisah lokasi antara Ikhwan dan Akhwat itu sendiri. Untuk lokasi Ikhwan bertempat di pendopo pedukuhan Dusun Cambahan, Desa Nogotirto. Sedangkan lokasi akhwat sendiri bertempat di Aula SDIT Alam Nurul Islam. Alhamdulillah walaupun dengan adanya kebijakan baru yang kami nilai positif itu, tidak sedikitpun menghambat jalannya rangkaian acara P3K1 2016.
Di malam hari peserta mendapatkan materi kembali mengenai Problematika Umat. Untuk Ikhwan sendiri dengan narasumberi oleh Ustadz Syahru, sedangkan Akhwat dengan narasumber oleh Pembina LDK JAKHFI yaitu Ustadzah Juju Rarem Pandai, S.IP. Setelah materi ke dua selesai diberikan, panitia mengadakan FGD (Forum Grup Diskusi) dengan memberikan beberapa permasalahan yang nantinya harus didiskusikan dan dipecahkan oleh peserta itu sendiri.




Agenda kemudian dilanjutkan kembali pada hari Ahad tanggal 2 Oktober 2016, dengan berbagai rangkaian acara Outbound yang dikemas untuk menumbuhkan semangat juang dan melatih militansi dalam jiwa kader itu sendiri.





Agenda P3K1 ditutup dengan pembacaan do’a serta puisi penuh makna oleh seorang kader berbakat yang dimiliki LDK JAKHFI, sehingga di akhir agenda ini diwarnai rasa haru oleh seluruh peserta maupun panitia, dan tak sedikit yang meneteskan air mata.

Harapan dari adanya agenda P3K1 ini selain sebagai sarana rekrutmen kader, juga ingin menjadikan para  kader-kader muda sebagai pemuda yang memiliki jiwa mulim sejati dan mampu menjadi ujung tombak perjuangan masa depan kemenangan dakwah islam terkhusus di kampus STIKes Surya Global Yogyakarta.
Lihat Selengkapnya
Selasa, 04 Oktober 2016, 10:56 WIB

Malam Keakraban Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFA) 24-25 September 2016

Tepat hari Sabtu-Ahad tanggal 24-25 September 2016 diadakanlah acara MAKRAB “Malam Keakraban” sekaligus LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)  Himpunan Mahasiswa Farmasi dengan tema “Larutkan Perbedaan,Reaksikan Persamaan, Hasilkan Persaudaraan." Acara ini diikuti oleh mahasiswa santri baru program studi Farmasi beserta pengurus HIMAFA.  Makrab ini bertujuan untuk menjalin rasa kekeluargaan antar maba (mahasiswa baru), maba dengan kakak tingkat atau panitia. Intinya dalam malam keakraban ini, maba atau mahasiswa semester 1 tidak hanya diberikan motivasi untuk makin akrab antara satu sama lain. HIMAFA juga mengadakan LDK dengan menghadirkan dua pembicara, yang  pertama adalah Bapak Ari Wahyudi, S.Farm., Apt. yang menyampaikan materi terkait kefarmasian dan pembicara kedua adalah Dwi Kurnia Anisa Syafei,S.Kep menyampaikan materi terkait wanita muslim bisa tetap berorganisasi  tetapi tetap menjaga kesolehannya. Acara dimulai pada pukul 15.00 WIB dan dibuka oleh bidang kemahasiswaan, sambutan demi sambutan telah terlewati dan dilanjutkan penyampain materi pertama oleh bapak Ari Wahyudi, S.farm, Apt. Para peserta dipersilahkan untuk ishoma. Penyampaian materi kedua oleh Dwi Kurnia Anisa Syafei, S.Kep dilanjutkan setelah sholat dan makan sampai pukul  21.00 WIB, peserta kemudian beristirahat.   Setelah sholat subuh, para peserta sudah bersiap di depan asrama untuk berangkat menuju lokasi selanjutnya yaitu Pantai Pandansari dengan menumpang bus yang telah disediakan untuk mengikuti outbond. Setelah outbond selesai kami memperingati World Pharmacist Day yang jatuh pada hari Ahad 25 september 2016 tersebut dengan permainan Colour Fun.
Lihat Selengkapnya
Kamis, 29 September 2016, 10:56 WIB

Upacara Pembukaan Diklat Gabungan Unit I KSR PMI Kota Yogyakarta dan Unit XI KSR PMI STIKES Surya Global

Salah satu program kerja yang rutin dilaksanakan oleh KSR PMI di setiap Unit adalah Penerimaan Anggota Baru. Kegiatan ini rutin dilakukan karena sangat diperlukan guna kelangsungan hidup suatu organisasi. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan bertujuan untuk merekrut dan melatih calon anggota KSR PMI yang berkualitas. Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Gabungan Calon Anggota Baru KSR PMI Unit 1 Markas Kota Yogyakarta dan Unit XI STIKES Surya Global berlangsung di halaman Kampus Timur STIKES Surya Global pada hari Sabtu 24 September 2016. Sebanyak 123 calon anggota baru KSR PMI Unit I yang berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti: UGM, UII, AMA, dan UT turut mengikuti acara DIKLAT Gabungan ini. Sementara dari STIKES Surya Global akan diikuti 150 Calon Anggota Baru. Upacara Pembukaan Diklat Gabungan ini dilaksanakan dalam cuaca hujan rintik-rintik, meski begitu tidak menyurutkan para peserta untuk turut semangat mengikuti jalannya upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah bapak Herbakti selaku Pembina KSR PMI Unit XI STIKES Surya Global. Turut hadir dalam Upacara ini diantara Pembina KSR PMI AMA Yogyakarta, KSR PMI Markas Kota Yogyakarta, Ketua Unit dan pengurus KSR PMI STIKES Surya Global. Perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa dan organisasi mahasiswa di lingkungan STIKES Surya Global.

Dalam sambutannya bapak Herbakti selaku Pembina KSR PMI Unit XI STIKES Surya Global menyampaikan ucapan selamat datang kepada para undangan dan calon anggota baru KSR PMI dari Unit-unit Sahabat di Kampus STIKES Surya Global, dan berharap para Cata KSR PMI dapat mengikuti kegiatan DIKLAT dengan sebaik-baiknya sebagai ajang pengenalan terhadap Palang Merah Indonesia dan proses seleksi untuk menjadi anggota Korps Sukarela Palang Merah Indonesia di Unitnya masing-masing. Khusus bagi Cata dari mahasiswa santri STIKES Surga pak Herbakti berpesan sesuai misi dan visi STIKES Surga sebagai lembaga pendidikan yang humanis, agamis dan kompeten misi humanis ini cocok dengan PMI yang bergerak di bidang kemanusiaan. Tak lupa pak Herbakti juga berpesan kepada para mahasiswa yang beragama Islam untuk selalu menjaga sholat 5 waktu dan berdoa ketika mengawali dan mengakhiri setiap kegiatan. Sebagai simbolis dilakukan penyematan tanda peserta Diklat KSR PMI. Diklat ini akan berlangsung tiap akhir pekan sampai akhir November nanti yang berlangsung di Kampus Timur STIKES Surya Global dan PMI Kota Yogyakarta.




Komandan Upacara dari KSR PMI Markas Kota Yogyakarta









Para Calon Anggota KSR PMI dari berbagai perguruan tinggi & STIKES Surya Global














Pembina KSR PMI Unit XI STIKES Surya Global selaku Inspektur Upacara





Meski hujan rintik-rintik para peserta tetap semangat dalam upacara Pembukaan Diklat Gabungan KSR PMI di Kampus Timur STIKES Surya Global

 

 

 

 

 

 



Penyematan secara simbolis tanda peserta Diklat KSR PMI













 

 

Peserta Upacara dari Pembina KSR PMI AMA Yogyakarta, KSR PMI Kota Yogyakarta, KSR PMI STIKES Surya Global dan Unit-unit sahabat, perwakilan BEM dan Organisasi-organisasi Mahasiswa di lingkungan STIKES Surya Global

Lihat Selengkapnya
Minggu, 25 September 2016, 1:02 WIB

GENERASI MUDA PEDULI KEPENDUDUKAN IN CAMPUS




Untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku positif remaja terhadap isu-isu kependudukan, perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Daerah Istimewa  Yogyakarta  bekerja sama dengan Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global menyelenggarakan kegiatan Generasi Muda Peduli Kependudukan In Campus berupa Kuliah Umum. Kuliah Umum diselenggarakan di Kampus STIKes Surya Global pada tanggal 24 September 2016 yang dihadiri oleh Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat dan diikuti 119 Mahasiswa Santri Baru, 8 pengurus PIK Mahasiswa Sagopera 6 Dosen Kesehatan Masyarakat.  Narasumber Kuliah Umum ini adalah Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dra. Ita Suryani, M.Kes. Tujuan kuliah umum ini adalah meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku positif remaja terhadap isu kependudukan.


    


Sementara itu, Dra. Ita Suryani, M.Kes memaparkan bahwa jumlah penduduk Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sampai saat ini, Indonesia memiliki penduduk berjumlah 237.641.326 jiwa menduduki perigkat keempat dunia. Hal ini membawa banyak permasalahan seperti permasalahan daya dukung lingkungan, beban sosial, kompetisi sumber-sumber ekonomi, pertahanan keamanan, hingga benturan budaya diantara warga masyarakatnya. Dampak negatif ini bisa diantisipasi dan dicegah sejak dini dengan melibatkan peran aktif remaja. Peran aktif remaja ini sangat pentin karena jumlah remaja  di Indonesia 67.663.800 jiwa atau sekitar 24,9% dari seluruh penduduk (BPS, 2013). Remaja dapat berperan dalam hal perencanaan masa depannya dengan lebih baik yang meliputi perencanaan pendidikan, pekerjaan, umur pernikahan dan jumlah anak. Diharapkan dengan adanya kuliah umum ini dapat membantu remaja untuk mempunyai pengetahuan tentang cita-cita mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera. (SYuniT)




Lihat Selengkapnya