Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Kamis, 28 April 2016, 3:59 WIB

Pentingnya NIRA, STR, & SIPP Bagi Seorang Perawat



Perawat merupakan seorang yang yang telah lulus pendidikan tinggi Keperawatan, baik didalam maupun di luar negeri yang diakui oleh Pemerintah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan (UUK. No. 38 tahun 2014).

Pemberian asuhan keperawatan merupakan tugas praktik keperawatan yang merupakan rangkaian interaksi perawat dengan klien dan lingkungannya untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan dan kemandirian klien dalam merawat dirinya.

Dalam menjalankan praktik keperawatan perawat dituntut untuk memiliki NIRA, STR, dan SIPP hal ini sesuai dengan perautaran perundang-undangan, permenkes, dan juga peraturan organisasi profesi yang diakui oleh perundang-undangan yakni PPNI, mengapa NIRA, STR, & SIPP WAJIB dimiliki oleh perwat, berikut penjelasanya yang dianalisis dari Undang-Undang Keperawatan No. 38 Tahun 2014 dan AD/ART PPNI

  • NIRA (Nomor Induk Registrasi Anggota)

NIRA dikeluarkan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI yang berlaku secara Nasional. Seorang perawat yang memiliki NIRA berarti perawat tersebut telah tercatat sebagai Anggota PPNI. Dalam pengurusan NIRA terbilang mudah perawat cukup mengakses simk.inna-ppni.or.id setelah itu melapor ke komisariat/ppni kab/kota telah melakukan pendaftaran NIRA secara online dan membayar besaran uang pangkal bagi anggota baru Rp. 100.000 ditambah iuran anggota sebesar Rp. 200.000 + Rp. 60.000 (unti ICN/Internation Council Nursing) jadi total pembayaran untuk menjadi anggota PPNI Rp. 360.000 (Rp. 100.000 uang pangkal & Rp. 260.000 iuran /tahun) hal ini sesuai dengan amanah AD/ART PPNI.

  • STR (Surat Tanda Registrasi)

STR merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) kepada perawat yang telah LULUS UJI KOMPETENSI (telah memiliki sertifikat kompetensi). UKOM (Uji Kompetensi) diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI Kemenristekdikti). Dengan memiliki STR menandakan perawat tersebut Kompoten dan bisa bekerja dipelayanan keperawatan baik difasilitas kesehatan ataupun mandiri. Persyaratan pengurusan STR perawat cukup menyediakan berkas (FC Ijazah Ners/Diploma, Sertifikat Kompetensi, & surat rekomendasi dari PPNI Provinsi) dan diajukan ke Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) yang berkantor di Dinas Kesehatan Provinsi.

  • SIPP (Surat Ijin Praktik Perawat)

SIPP bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota kepada perawat sebagai pemberian kewenangan untuk menjalankan praktik keperawatan. Untuk pengurusan SIPP perawat mengajukan berkas (STR, Rekomendasi PPNI Kab/kota domisili) diajukan ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dimana perawat tersebut berdomisili. SIPP diberikan kepada perawat paling banyak 2 (Fasilitas kesehatan 1 dan Praktik Mandiri 1) untuk praktik mandiri perawat wajib mencantumkan papan praktik keperawatan.

Jadi dengan memiliki NIRA, STR, & SIPP perawat tersebut telah mematuhi aturan perundang-undangan sehingga dalam menjalankan praktik keperawatan perawat merasa aman dan nyaman.

Dikutip dari www.gustinerz.com

Lihat Selengkapnya
Jumat, 22 April 2016, 11:03 WIB

Bakti Sosial Milad HIMIKA IX di Dusun Karang Wetan, Giri Cahyo, Gunung Kidul 16-17 April 2016

Baksos Milad HIMIKA IX




Alhamdulilah, Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala. Atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, HIMIKA STIKES Surya Global menyelenggarakan Bakti Sosial Milad HIMIKA IX. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Karang Wetan, Giri Cahyo, Gunung Kidul, Yogyakarta pada 16-17 April 2016. Bakti sosial ini merupakan rangkaian agenda dalam MILAD HIMIKA STIKES Surya Global yang ke-9.

Acara dalam baksos ini terdiri dari penyuluhan kesehatan dengan materi tentang perkembangan diabetes dan asam urat yang disampaikan oleh Bapak Aris Setiawan, S.Kep, Ns dan Bapak Adrian Indra Dharmawan, S.Kep, Ns. Penyuluhan ini dikuti oleh puluhan warga sekitar dengan antusias. Rata-rata warga yang mengikuti penyuluhan ini adalah orang dewasa, lansia dan anak-anak. Penyuluhan pada sabtu malam ini di selenggarakan di Masjid Al-Ikhlas, Karang Wetan.

         
          Setelah penyuluhan selesai di malam hari, agenda dilanjutkan di pagi hari dengan rangkaian agenda pembagian sembako murah, pemeriksaan gratis, dan bazar baju layak pakai dan lomba mewarnai untuk anak-anak warga setempat. Pagi itu, warga begitu antusias menyambut rombongan tim baksos yang datang dengan satu buah ambulan yang kemudian disusul Bus kampus bertuliskan STIKes Surya Global. Tim baksos yang hadir sekitar 10 orang untuk acara malam kemudian disusul oleh lebih dari 30 orang pada pagi harinya. Tim baksos yang bertugas di pagi hari terdiri dari mahasiswa, panitia, tim kes HIMIKA (G_NIUS TEAM), pengurus inti, DPO dan SC HIMIKA.




          Agamis, Humanis, dan Kompeten. Tiga kata ini sering sekali terdengar di kalangan mahasiswa. Visi kampus ini juga merupakan salah satu acuan HIMIKA dalam menyelenggarakan kegiatan. Baksos ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangsih HIMIKA dalam mensukseskan visi kampus dalam segi humanis. Selain itu, Baksos Milad HIMIKA IX ini juga merupakan bentuk rasa syukur HIMIKA dalam perjalanannya yang sudah mencapai kurun waktu 9 tahun untuk terus belajar, dan berkarya guna mengharumkan almamater tercinta. HIMIKA juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Baksos ini terselenggara dengan kontribusi yang luar biasa dari kawan-kawan PSIK 2015, Tim Prodi Keperawatan, P3SP keperawatan, Mini Hospital, peserta, panitia, para Donatur dan tentunya support luar biasa dari STIKes Surya Global Yogyakarta.



          Milad HIMIKA ke IX terdiri dari :
-          Bakti Sosial
-          LCT (Lomba Cepat tepat) 2015
-          Speech Contest
-          Malam Milad HIMIKA IX

Sejak di deklarasikan pada 29 April 2007, HIMIKA telah membersamai PSIK STIKes Surya Global Yogyakarta dan selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk almamater tercinta. Semoga kedepannya HIMIKA mampu terus berkarya dan memberikan capaian-capaian baru yang membanggakan. Aamiiin
Lihat Selengkapnya
Kamis, 07 April 2016, 10:57 WIB

SOSIALISASI PEMBINAAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN HIV/AIDS BAGI SISWA, MAHASISWA DAN PENDIDIK TAHUN 2016

Bertempat di Aula 3 Kampus Timur STIKES Surya Global diseleggarakan Penyuluhan Bahaya NAPZA dan HIV/AIDS kerjsama antara Bidang Kemahasiswaan STIKES Surya Global dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Dinas Kesehatan DIY, POLDA DIY dan BNNP DIY
Kegiatan didahului dengan sambutan dari Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan STIKES Surya Global Bapak Dedy Koeswoyo, S.IP, MRS. Materi pertama disampaikan oleh ibu AKP Endang Sulistyandini, S.Psi dari Ditres Narkoba Polda DIY yang menyampaikan materi tentang "Dampak Penyalahgunaan dan Upaya Penangulangan Narkoba." Pada kesempatan itu bu Endang menyampaikan tentang Penyalahgunaan Narkotika di Indonesia seperti Methamphetamine/Sabu, Marijuana/Cannabis, Ecstasy/MDMA, Heroin, Cocaine, Hashish, dll. Beliau juga menyampaikan perkembangan kejahatan narkoba berikut fakta di lapangan, dampak penyalahgunaan narkoba, dan akibat dari penayahgunaan Narkoba. Pada kesempatan ini bu Endang menyatakan bahwa "Kejahatan Narkoba adalah ibu dari segala kejahatan kriminal lainnya," karena dari akibat penyalahgunaan Narkoba ini bisa memicu kejahatan-kejahatan lainnya seperti, pencurian, perampokan, pembunuhan, pemerkosaan dan lain-lainnya.


Lihat Selengkapnya
Kamis, 31 Maret 2016, 1:34 WIB

Pendakian Tim Kepanduan Pramuka Surya Global di Gunung Merbabu 26-27 Maret 2016

setiap tanjakan meneriakkan takbir
setiap turunan mengucapkan tasbih
setiap jumpa menebarkan salam




Di siang hari yang sejuk di desa Wekas Kabupaten Magelang Tim Pendaki Kepanduan Pramuka Surga sedang bersiap-siap melakukan pendakian untuk pertama kalinya. Untuk pendakian kali ini yang dipilih adalah gunung Merbabu (3142 mdpl) dengan jalur Wekas karena relatif lebih dekat dengan Jogja dan pada sepanjang jalur pendakian terdapat sumber air yang memudahkan para pendaki mendapatkan air untuk air minum atau untuk memasak.
Jalur Wekas adalah jalur pendakian gunung Merbabu yang memiliki trek medium dan pemandangan yang indah. Wekas adalah daerah di kabupaten Magelang.
Sebanyak 12 peserta dari Kepanduan Pramuka Surya Global diantaranya adalah: kak Muhammad Rofik, ST, MM , kak Okky Herdananto, kak Suyatno, kak Condro, kak Rodi Hartono, kak Arif Indarto, kak Supriyadi, kak Helen Puspita Dewi, kak Diah Nur Fitria, kak Halimah, kak Gevin dan dipandu oleh pendaki Herbakti Nur Ch. yang juga anggota majelis STIKes Surya Global.

Setelah didahului dengan doa bersama seluruh tim yang dipimpin oleh kak Muhammad Rofik pada pukul 10:00 WIB tim berangkat dari kampus STIKES Surya Global. Setelah mampir untuk shalat Dhuhur di Masjid & makan siang dimulailah perjalanan dengan menggunakan 2 buah kendaraan roda 4. Ketika memasuki desa Wekas menuju basecamp jalan terus menanjak membelah hutan pinus, kondisi kendaraan harus fit baik roda 2 atau roda 4 disini... Setibanya di salah satu Basecamp, tim melakukan beberapa persiapan; diantaranya repacking, cek peralatan diantaranya headlamp, tenda, raincoat dll demi keamanan dan keselamatan selama pendakian.
Dengan suhu berkisar 17 derajat yang cukup sejuk ini perlu dilakukan aklimatisasi untuk penyesuaian suhu tubuh para pendaki dengan udara di sekitar. Setelah semuanya siap kemudian dilalukan pemanasan dengan beberapa gerakan-gerakan untuk melemaskan otot-otot bahu, tangan, kaki, bahu, pinggang dan leher. Setelah dilakukan doa bersama dan pembacaan dzikir petang dimulailah pendakian dengan Leader kak Herbakti sedangkan sweaper oleh kak Oky.




Lihat Selengkapnya
Senin, 14 Maret 2016, 1:28 WIB

SUSDIKKENAS MENWA INDONESIA

Kursus Pendidikan Kesehatan Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia Angkatan ke-1 2016



Komando Resimen Mahakarta Satuan Wijaya Kusuma STIKES Surya Global menyelenggarakan kegiatan SUSDIKKENAS (Kursus Pendidikan Kesehatan Nasional) pada 7 - 17 Maret 2016 bertempat di Markas Batalyon Infanteri 403 Wirasada Pratista TNI AD Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti perwakilan Satuan Menwa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia









Lihat Selengkapnya
Minggu, 13 Maret 2016, 11:42 WIB

Milad ke-16 STIKES Surya Global

Milad STIKES Surya Global ke-16 yang diselenggarakan oleh Panitia Bersama STIKES Surya Global diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya:

- Penampilan Tari khas dari Lombok Nusa Tenggara Barat
- Donor Darah yang bekerjasama dengan KSR PMI STIKES Surya Global
- Pemeriksaan Kesehatan
- Pengobatan gratis
- Lomba Futsal yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di DIY








Donor darah bersama Korps Sukarela PMI Unit XI STIKES Surya Global yang didukung oleh PMI Kota Yogyakarta










Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis










Pada Turnamen Futsal yang dipertandingkan pada Sabtu-Ahad 13-14 Maret 2016 diikuti 25 tim dari berbagai perguruan tinggi, diantaranya: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Akademi Manajemen Yogyakarta dan dari STIKES Surya Global sendiri. Dan pada final yang berlangsung pada hari Ahad 14 Maret 2016 keluar sebagai juara I adalah tim Alvaro UNY yang mengalahkan tim Gladiator juga dari UNY yang harus puas sebagai juara II. Sedangkan tim Spartan dari UTY keluar sebagai juara III. (Riri)
Lihat Selengkapnya