Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Kamis, 21 Februari 2019, 10:30 WIB

NURSING X-TION 2019 HIMIKA STIKES SURYA GLOBAL

๐Ÿ”ฐ๐Ÿ”ฐOPEN REGISTRATION๐Ÿ”ฐ๐Ÿ”ฐ

HIGHT ALERT๐Ÿ“ฃ
NURSING X-TION 2019 COMING โ—

HIMIKA STIKES SURYA GLOBAL PROUDLY PRESENT NURSING X-TION 2019 : ( Disaster Management )
ใ€ฐATTENTIONโ—

๐Ÿ“Œ OLIMPIADE KEPERAWATAN 
(Tema : Nurses In Disaster Response)

๐Ÿ”น Pendaftaran
Gelombang 1: 20 Feb-16Maret 2019
Gelombang 2: 17 Maret-09 April 2019
๐Ÿ”นBiaya Pendaftaran
Gelombang 1: 135K
Gelombang 2: 150K

๐Ÿ“ŒLOMBA ORASI 
(Tema : Dilema Sumpah Perawat Pada Saat Bencana )
๐Ÿ”น Pendaftaran
Gelombang 1: 20 feb-16 maret 2019
Gelombang 2: 17 Maret-09 April 2019
๐Ÿ”นBiaya Pendaftaran
Gelombang 1: 85K
Gelombang 2: 100K

Dengan Total Hadiah 
๐Ÿ’ฐ8.500.000๐Ÿ’ฐ

๐Ÿ†Juara 1 : Uang Pembinaan + Piagam Penghargaan + Trophy Gubernur DIY
๐Ÿ†Juara 2 : Uang pembinaan + Piagam Penghargaan + Trophy Walikota DIY
๐Ÿ†Juara 3 : Uang Pembinaan + Piagam Penghargaan + Trophy PPNI DIY

๐Ÿ”ŽDengan ketentuan 
1. Peserta mahasiswa aktif (Dibuktikan dengan KTM) D3, D4, dan S1 Ilmu keperawatan (Lomba Orasi) dan S1 Ilmu Keperawatan (Olimpiade Keperawatan)
2. Peserta Olimpiade Keperawatan bersifat tim (3 orang)
3. Peserta Lomba Orasi bersifat individu
4. Proposal dan guideline dapat di download di Himika-ssg,blogspot.com

Waktu & Tempat Pelaksanaan:
๐Ÿ“†13 April 2019
๐Ÿ•ข 08.00 sampai selesai
๐Ÿข STIKes Surya Global Yogyakarta

GET READY FOR OUR BIGGEST EVENT, SAVE THE DATE AND PREPARE YOUR SELF!
STAY TUNED GUYS!

Rekening BRI:
3584-01-035114-53-8 a/n Mutawaqqil

FOR FURTHER INFORMATION PLEASE KINDLY FOLLOW US ON:

IG : @HIMIKA_SSG
Twitter : @HIMIKA_SSG
Facebook : Himika STIKes Surya Global Yogyakarta
Line : @ub1332l
Web : Himika-ssg.blogspot.com

Olimpiade Keperawatan
โ˜Ž 0823 2810 8591 (Anita Yustika)
Lomba Orasi 
โ˜Ž 0823 2011 3930 (Ida)
Konfirmasi Pembayaran 
โ˜Ž 0821 1388 1697 (Asri)

๐Ÿ“Sekretariat : Jl.Ringroad Selatan, KM 6,7 , Blado, Potorono, Banguntapan, Bantul, DIY

#HIMIKA
#HIMIMASSG
#NXTION_2019

Lihat Selengkapnya
Rabu, 20 Februari 2019, 3:37 WIB

Diskusi Online: PENANGANAN PASCA BENCANA

Indonesia mempunyai sekitar 127 gunung berapi aktif dengan kurang lebih 5jt penduduk yang berdiam disekitarnyaย ๐Ÿ•๐Ÿ‘‰๐ŸปKarena itulah potensi gempa bumi di Indonesia sangatlah besar.



๐Ÿคท๐Ÿปโ€โ™€Lalu apa yg harus kita lakukanย โ“โ“โ“


Tentunya hatlrus belajar dan tahu ilmunya dong. Nah kalau mau tau ilmunya, ayo gabung di Diskusi Online.๐Ÿค—Nah, pada DISKUSI ONLINE ini kita akan sama-sama belajar bagaimana cara menghadapi bencana terutama gempa bumiย ๐Ÿ˜‡


๐Ÿ“Adapun subtemanya sebagai berikut :


1. Bagaimana menjadi seorang Relawan


2. Penanganan korban disabiliti saat gempa


3. Penanganan korban pasca bencana saat dilokasi


4. Penanganan dampak psikologis pasca bencana


Menarik bukan?โ˜บ๐Ÿ“šDan materi diatas akan disampaikan oleh pemateri-pemateri yg ahli di bidangnya masing-masing๐Ÿ“š


๐Ÿ’ฐTIDAK DIPUNGUT BIAYA๐Ÿ’ฐ


๐Ÿ”Pendaftarannya mudah, silahkan daftar dengan format :Nama_Institusi_Pekerjaan


Kirim keย โ˜Žย 085342150042 (Andi Sukma)


๐Ÿšซ๐ŸšซYUK BURUAN JOIN, KUOTA TERBATAS๐Ÿšซ๐Ÿšซ


Wassalamu'alaikum wr.wb.


Lihat Selengkapnya
Kamis, 07 Februari 2019, 11:47 WIB

Apa itu Stunting dan Bagaimana Pencegahannya

Stunting adalah suatu kondisi terganggunya pertumbuhan fisik (bertubuh pendek/kerdil) dan perkembangan otak. Jika perkembangan otaknya terganggu, maka bisa mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif. Stunting bisa dicegah dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi;


- Pola MakanMasalah stunting dipengaruhi oleh rendahnya akses terhadap makanan dari segi jumlah dan kualitas gizi, serta seringkali tidak beragam. Istilah “Isi Piringku” dengan gizi seimbang perlu diperkenalkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari


- Pola AsuhStunting juga dipengaruhi aspek perilaku, terutama pada pola asuh yang kurang baik dalam praktek pemberian makan bagi bayi dan Balita. Edukasi kesehatan kepada orang tua akan pentingnya gizi pada anak sangatlah penting terutama sang Ibu.


- Sanitasi dan Akses Air Bersih Rendahnya akses sanitasi dan air bersih, mendekatkan anak pada risiko ancaman penyakit infeksi. Untuk itu, perlu membiasakan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta tidak buang air besar sembarangan.


#AyoCegahStunting


Sumber: Kemenkes RI

Lihat Selengkapnya
Rabu, 16 Januari 2019, 10:47 WIB

Tenaga Kesehatan Wajib Mempunyai STR

Oleh: Fitriana Kartikasri, S.Kep., Ns

BANJARMASIN – | Perawat merupakan seorang yang telah lulus pendidikan tinggi Keperawatan, baik di dalam maupun di luar negeri yang diakui oleh Pemerintah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan (UUK. No. 38 tahun 2014). Perawat harus memiliki sertifikasi profesi, sebagai jaminan mutu dan standarisasi komepetensi pada program Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Profesi Ners yang akan bekerja di intansi kesehatan.


Uji kompentensi (UK) yang harus diikuti mahasiswa kesehatan, terlebih dulu di setiap kampusnya sudah memiliki izin penyelenggaraan dari Kemenristekdikti yang masih berlaku, Menjalani Uji Kompetensi agar mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). Apabila tidak memiliki STR, bisa dianggap ilegal melakukan praktek klinik di pelayanan kesehatan. “Adapun kriterianya antara lain: lulus setelah 1 Agustus 2013 sudah memiliki ijazah dari perguruan tinggi. Tenaga kesehatan yang tamat kuliah di bawah tahun 2012, mendapatkan pemutihan, memperoleh STR tanpa ujian.


STR dikeluarkan oleh Pemerintah dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi dalam rangka melindungi masyarakat. Tidak hanya perawat, seluruh tenaga kesehatan yang ada di Indonesia wajib memiliki STR. Kepastian peraturan itu, tertuang dalam PERMENKES RI NO. 1796/MENKES/PER/VIII/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan. STR merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) kepada perawat yang telah lulus uji kompetensi (telah memiliki sertifikat kompetensi). UKOM (Uji Kompetensi) diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti. Dengan memiliki STR menandakan perawat tersebut kompoten dan bisa bekerja di pelayanan keperawatan baik di fasilitas kesehatan ataupun mandiri. Persyaratan pengurusan STR perawat cukup menyediakan berkas (Fotokopi Ijazah Ners/Diploma, Sertifikat Kompetensi, & surat rekomendasi dari PPNI Provinsi) dan diajukan ke Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) yang berkantor di Dinas Kesehatan Provinsi.


Bagi yang belum mendapat pekerjaan dan yang akan tamat, jika ingin jadi Perawat yang kompeten harus mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI). MTKI memiliki kewenangan penuh mengeluarkan sertifikat, dan apabila punya sertifikat kompetensi, maka berhak mendapatkan STR. STR ini penting, selain keharusan sebagai warga negara yang taat hukum, juga penting untuk syarat melamar kerja, tanpa STR, pihak Klinik atau Rumah Sakit tidak dibenarkan merekrut tenaga kesehatan. STR berlaku 5 tahun, setelah masa habis, wajib diperpanjang. Syarat memperpanjang STR ini terasa memberatkan. Perawat harus mengumpulkan Satuan Kredit Profesi (SKP) minimal 25 SKP selama 5 tahun. SKP didapatkan melalui pelatihan, seminar, workshop dan kegiatan ilmiah. Nilai SKP ditentukan oleh organisasi profesi.


Selain tujuan tertulis, penulis berpendapat Peraturan ini lahir sebagai tameng untuk menangkis lulusan STIKes yang menjamur bak cendawan tumbuh setelah hujan. Tidak ada jaminan lulusan tersebut memiliki kompetensi yang bagus.

FITRIANA KARTIKASARI, S.Kep., Ns
Mahasiswa Magister Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin 
Alumni S1-Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global


 

Lihat Selengkapnya
Rabu, 02 Januari 2019, 10:23 WIB

PEDULI KORBAN TSUNAMI SELAT SUNDA, BEM STIKES SURYA GLOBAL TURUN KE JALAN GALANG DANA

Musibah tsunami yang menerjang di pesisir Banten dan Lampung sontak membuat kaget, keprihatinan serta kepedulian dari berbagai penjuru negeri. Begitupun tak terkecuali BEM STIKes Surya Global.

Badan Eksekutif Mahasiswa STIKes Surya Global yang telah menjadi representasi dari berbagai elemen mahasiswa di kampus langsung membuat seruan peduli dan menggalang bantuan untuk saudara sebangsa yang terkena bencana tsunami.

Shahib Anshari Muhajir sebagai Presiden Mahasiswa BEM STIKes Surya Global menuturkan, "Aksi Galang dana tersebut bentuk kepedulian kita BEM dan seluruh Mahasiswa Surya Global terhadap bencana kemanusiaan dan sesama anak bangsa, yang harapannya bisa membantu sedikit proses kelangsungan hidup saudara saudara kita disana".

Aksi galang dana tersebut dilakukan di tiap lampu merah, dan kampus. Selain melakukan aksi galang dana dari berbagai elemen mahasiswa Surya Globalpun ada yang membuat kegiatan Doa Bersama dikhususkan untuk saudara saudara yang terkena musibah dan meminta perlindungan untuk negeri kita tercinta.

Sumber: www.zonasatunews.com

Lihat Selengkapnya
Sabtu, 29 Desember 2018, 10:38 WIB

Kuliah Pakar: MENJAWAB TANTANGAN PERGURUAN TINGGI ERA DISRUPSI DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Bersama KH. Dr. Abdul Wahid Maktub, Staf Khusus Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI

Kuliah Pakar: MENJAWAB TANTANGAN PERGURUAN TINGGI ERA DISRUPSI DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0Bersama KH. Dr. Abdul Wahid Maktub, Staf Khusus Menteri Riset dan Perguruan tinggiRuang GSP 1 STIKes Surya Global, Rabu 26 Desember 2018


Di hadapan Ketua Yayasan, Ketua, Wakil Ketua I dan III, Pimpinan Pesantren, Kaprodi Ilmu Keperawatan, Kaprodi Kesehatan Masyarakat, Ketua SDIK, Ketua Bidang Akademik, dan beberapa dosen STIKES Surya Global, KH. Dr. Abdul Wahid Maktub menyampaikan bahwa era sekarang ini tantangan Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity (VUCA) menimpa semua pemerintaan. Kita sekarang menemukan realitas baru, yaitu tantangan global. Sekarang sudah connected. World on your finger. Ini adalah karunia, new opportunities tapi juga new challenges. Kita harus berorientasi ke depan, belajar dari masa lalu supaya kita survive. Tidak hanya eksis tapi juga unggul. ุงูŽู†ู’ู€ุชูู…ู ุงู„ู’ุงูŽุนู’ู„ูŽูˆู’ู†ูŽ "Kamu yang lebih unggul" (QS Muhammad: 35). Allah benjanji: ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู„ูŽุง ูŠูุฎู’ู„ููู ุงู„ู’ู…ููŠุนูŽุงุฏูŽ ("Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji" [QS Ali Imron: 9]). ูˆูŽุนูŽุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุนูŽู…ูู„ููˆุง ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญูŽุงุชู ู„ูŽูŠูŽุณู’ุชูŽุฎู’ู„ูููŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ูููŠ ุงู„ุฃุฑู’ุถู ( Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi [QS An Nuur: 55]). Tapi kalau kamu tidak bermutu ูˆุฌูˆุฏู‡ ูƒุนุฏู…ู‡ ( "Ada-nya sama seperti ketidak beradaannya") maka kamu akan seperti buih, ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุฒู‘ูŽุจูŽุฏู ููŽูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุฌูููŽุงุก ( "Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak ada gunanya" [QS.ar-Ra’d:17]) Tapi kalau kita ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ูŠูŽู†ููŽุนู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ููŽูŠูŽู…ู’ูƒูุซู ูููŠ ุงู„ุฃูŽุฑู’ุถู ("tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi.” [QS.ar-Ra’d:17]).


Nah pak Wahid menyampaikan bagaimana caranya Ilmu Kesehatan dikuasai dengan kecepatan dan ketepatan yang tinggi kita tidak bisa hanya mengandalkan pengalaman diri sendiri. harus mulai melakukan communication and collaboration (ta'aruf dan ta'awun). Bagaimana STIKes Surya Global tidak hanya dikenal di jogja, tapi mulai mengenak dan dikenal di Jawa, luar Jawa, Asia dan Dunia. Harus mulai dibangun paradigma . bagaimana mengatasi tantangan dunia yang penuh dengan Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity Harus ada vision, undertanding, pengetahuan, pemahaman penghayatan. Ilmu tidak sekedar teori harus juga vocational dan professional. tidak hanya akademik, tidak hanya di buku. Harus ada kesadaran baru (new awareness). Tidak lagi terpukau dengan bungkus, kulit, kuantitas, tapi mulai berpikir terhadap mutu, quality, substansi. Sehingga orang merasakan STIKes Surya Global ini memang beda, dosennya beda, mahasiswanya beda, ibadahnya bagus, pergaulannya bagus. Jadi mahasiswa ketika masuk ke STIKes Surya Global merasakan perbedaan, tidak hanya kompetensi, tapi kharakternya juga beda, sehingga punya daya tarik. Sesuatu yang bernilai itu pasti dicari. Nilai itu bukan di fisiknya tapi di visionnya.


ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽู†ู’ุธูุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุตููˆูŽุฑููƒูู…ู’ ูˆูŽ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ููƒูู…ู’ ูˆูŽ ู„ูŽูƒูู†ู’ ูŠูŽู†ู’ุธูุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ู‚ูู„ููˆู’ุจููƒูู…ู’ ูˆูŽ ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ููƒูู…ู’"Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk fisik dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian.” (HR. Muslim no. 2564)


Siapapun yang akan survive bukan orang yang paling kuat, bukan paling kaya, bukan, bukan paling pintar tapi orang yang paling responsif, yang paling tanggap, paling adaptif terhadap perubahan.


Oleh karena itu kita harus melakukan evaluasi dan refleksi. Kita harus melakuan pembaharuan terus menerus yang dalam istilah agama disebut Tajdid, disamping tahsin dan tazkir. Melakukan pemberdayaan yang tadinya powerless menjadi powerfull, supaya kita bisa survival of the fittest.

Lihat Selengkapnya