Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Kamis, 25 Oktober 2018, 10:32 WIB

KUNJUNGAN MAHASISWA STIKES SURGA TERDAMPAK GEMPA & TSUNAMI PALU DONGGALA KE USAHA KULINER MUSLIM DIY

Gempa bumi dan Tsunami Magnitudo 7,4 SR di Palu-Donggala menimbulkan ribuan korban jiwa yang meninggal maupun hilang. Juga rumah, harta benda dan kendaraan masyarakat disana pun banyak yang rata maupun mengalami kerusakan. Dampak gempa-tsunami tersebut secara tidak langsung berimbas kepada para mahasiswa asal daerah bencana yang sedang menuntut ilmu di Jogja. Tidak terkecuali para mahasiswa asal palu-Donggala yang sedang kuliah di STIKes Surya Global. Mereka yang keluarganya terdampak gempa-tsunami tentu akan mengalami hambatan finansial dalam proses perkuliahan mereka. Sementara mengandalkan bantuan beasiswa belum tentu mencukupi.


Oleh karena itu sebanyak 42 Mahasiswa STIKes Surya Global asal Sulawesi Tengah yang tempat tinggalnya terdampak gempa bumi dan tsunami Palu dan Donggala dengan didampingi Departemen Bimbingan Karir dan LSDP STIKes Surya Global melakukan kunjungan ke beberapa pengusaha kuliner di DIY. Kunjungan ini dimaksudkan agar para mahasiswa mendapat gambaran bagaimana agar nanti bisa kuliah sambil magang di beberapa tempat tersebut.


Kunjungan pertama di store Hajj Chicken di Jl. Sorogenen No.2 B, Sorosutan, Umbulharjo, Jogjakarta. Sebuah store di bidang restaurant siap saji, dengan produk unggulan, Fried chicken, Burger, Steak dan Nasi goreng. Rombongan yang dipimpin bapak Nur Hidayat Pamungkas ini diterima owner Hajj Chicken bapak H. Irwan Barudi di lantai 2 Hajj Chicken store Sorogenen. pada kesempatan ini pak Irwan menyampaikan konsep restorannya yang sudah memiliki 63 cabang di beberapa kota di Indonesia dengan sekitar 800 karyawan.


Kunjungan kedua di Ijam Ais Kotagede. Gerai yang menyajikan Ice Blend, Juice dan Tea di Jl Nyi Pembayun Kotagede (depan SMA 5 Jogja) ini diterima oleh ownernya mas Zainuri Maksum, SE. Rombongan yang menggunakan bus kampus STIKes Surya Global kemudian bergerak ke utara. Waktu sudah memasuki Ashar, rombongan kemudian memasuki kawasan UGM untuk melaksanakan sholat Ashar di Masjid Kampus UGM.


Kunjungan terakhir yaitu di Aqiqah Al-Kautsar yang terletak di Jl. Kaliurang Km 4,5 CT II D2 Tawangsari Depok Sleman. Gerai yang bergerak di jasa aqiqah. Rombongan diterima owner bapak Muhammad Farij dan para manajer di mushola. Setelah sambutan rombongan mahasiswa dibagi 2 kelompok, yang satu mengunjungi bagian Processing untuk pengolahan menu masakan Aqiqah. Kelompok lainnya mengunjungi kantor tempat transaksi dan administrasi pemesanan paket Aqiqah. Di beberapa bagian tersebut para mahasiswa mendapat penjelasan dari awal proses pemesanan, penyiapan bahan, masakan dan pemotongan daging sampai di bagian packing untuk pengemasan paket sesuai pilihan sebelum dikirim melalui delivery.


Setelah melaksanakan kunjungan ke ketiga lokasi tersebut para mahasiswa diberikan waktu selama beberapa hari untuk memilih dimana yang diminati untuk magang. Yang nantinya akan ditindak lanjuti departemen Bimbingan Karir untuk proses selanjutnya. (Her/2018)

Lihat Selengkapnya
Rabu, 24 Oktober 2018, 10:40 WIB

Upacara HARI SANTRI NASIONAL di Kampus Timur STIKES SURYA GLOBAL

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Pesantren STIKes Surya Global melaksanakan Upacara yang dilaksanakan pada hari Sabtu pagi 20 Oktober 2018 di halaman Kampus Timur STIKes Surya Global. Upacara ini diikuti seluruh pengurus Majelis dan santri mahasiswa dan mahasiswi semester I dan III STIKes Surya Global. Bertindak selaku Inspektur Upacara Ketua STIKes Surya Global bapak Dwi Suharyanta, ST, MM, M.Kes.
Selamat Hari Santri Nasional
Lihat Selengkapnya
Rabu, 24 Oktober 2018, 10:31 WIB

PESANTREN STIKES SURYA GLOBAL TURUT MENYEMARAKKAN HARI SANTRI NASIONAL

PESANTREN STIKES SURYA GLOBAL TURUT MENYEMARAKKAN HARI SANTRI NASIONAL


Bertempat di halaman Masjid Agung Bantul, Kamis malam 18 Oktober 2018 dilangsungkan Pembukaan Hari Santri Nasional yang diikuti oleh pesantren-pesantren se-Kabupaten Bantul. Acara dimulai pada jam 20:00 WIB. Turut hadir pada pembukaan tersebut Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih. Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2018 pada tahun ini mengambil tema: Bersama Santri Damailah Negeri.


Dalam acara yang dibuka bapak Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara seperti lomba Radat dan Hadrah, Pildacil, dll. Juga diselenggarakan pameran potensi santri yang diikuti 30 stand dari berbagai pondok pesantren se-Kabupaten Bantul. Stand Pesantren STIKes Surya Global juga ada dengan menampilkan pemeriksaan tekanan darah dan pembagian jamu secang secara gratis kepada para pengunjung. Juga menjual berbagai produl jamu herbal dan tanaman obat. Wakil Bupati Bantul juga turut mengunjungi stand Pesantren STIKes Surya Global dengan dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan meminum jamu secang racikan Rumah Sehat Alami STIKes Surya Global. Santri mahasiswa STIKes Surga juga turut menjaga dan melayani para pengunjung stand dari prodi Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat. Rangkaian acara Hari Santri Nasional di Kabupaten Bantul ini berlangsung dari tanggal 17- 21 Oktober 2018 di Masjid Agung Bantul. 

Lihat Selengkapnya
Jumat, 05 Oktober 2018, 9:23 WIB

Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa HIMIKA di Youth Center

Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA) STIKes Surya Global melaksanakan kegiatan LKMM (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa) pada hari Sabtu-Ahad 29-30 September 2018 di Youth Center. LKMM ini bertema: "Mewujudkan Generasi Muda Berjiwa Kepemimpinan Solutif, Kreatif dan Berakhlaak Mulia." Selamat kepada para mahasiswa yang sudah resmi menjadi anggota baru HIMIKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan) STIKes Surya Global. (Himika/2018)
Lihat Selengkapnya
Rabu, 03 Oktober 2018, 8:54 WIB

Upacara Pembukaan PENDIDIKAN dan PELATIHAN Calon Anggota KSR PMI STIKES SURYA GLOBAL

Sabtu siang 29 September 2018 lapangan Pusat Laboratorium STIKes Surya Global diramaikan oleh peserta upacara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit XI STIKes Surya Global.

Kegiatan Diklat KSR PMI STIKes Surya Global dibuka secara resmi oleh bapak Daryadi selaku Kepala Markas PMI Kota Yogyakarta sebagai Inspektur Upacara. Pada amanatnya beliau berharap KSR PMI Unit STIKes Surya Global ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi tidak hanya di dalam kampus tapi juga di masyarakat.

Selain itu, Keny Kensita Mahasiswa Ilmu Keperawatan angkatan 2017 sebagai Ketua Panitia membacakan laporan pelaksanaan pendaftaran yang diikuti 114 calon anggota dan menyampaikan harapan agar peserta dapat mengikuti kegiatan Diklat Cata KSR PMI STIKes Surya Global dengan baik.

Pembukaan upacara ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan KSR Sahabat, BEM dan UKM-UKM di STIKes Surya Global.
Kegiatan Diklat Cata KSR ini akan berlangsung hingga 3 bulan dengan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Pematerian Ruangan, Pembekalan, dan Pematerian Lapangan. Pematerian ruangan ini dilaksanakan bertujuan agar para calon relawan ini dapat memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, serta sikap dalam melaksanakan tugasnya nanti sebagai relawan. Berbagai materi dalam Diklat akan disampaikan kepada peserta, ada pun beberapa diantaranya mengenai Organisasi Palang Merah, Organisasi KSR PMI Unit STIKes Surga, keterampilan Pertolongan Pertama dan lain-lain. (KSR/2018)

Lihat Selengkapnya
Kamis, 27 September 2018, 9:38 WIB

Serah Terima Jabatan UKM KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global periode 2018-2019

Bertempat di ruang GSP 2 Gedung Graha Santri STIKes Surya Global, Sabtu sore 22 September 2018 kemarin dilaksanakan acara pelantikan dan prosesi serah terima jabatan pengurus harian (PH) keluarga UKM KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global.

Acara ini dimulai pukul 15.30 WIB dengan susunan acara yaitu acara pertama diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMI oleh seluruh anggota dan tamu undangan. Kemudian dilanjutkan dengan acara kedua pembacaan 7 prinsip Palang Merah. Kemudian acara ketiga yaitu prosesi pelantikan pengurus meliputi: pembacaan surat keputusan, pembacaan ikrar pengurus yang dipimpin Wakil Ketua III STIKes Surya Global, penyerahan bendera PMI ke Ketua Unit baru periode 2018 - 2019 dan penyematan tanda pengurus oleh pengurus PMI Kota Yogyakarta, penandatanganan serah terima jabatan. Kemudian dilanjutkan acara keempat yaitu sambutan-sambutan, sambutan pertama dari Ketua Unit baru periode 2018-2019 Muhammad Rapli, sambutan ke dua oleh bapak Suyatno, S.Pd., M.Pd.I., Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan sambutan ke tiga dari bapak Arif Rianto Budi Nugroho, S.T., M.Si., Wakil Ketua Bidang Penggulangan Bencana PMI DIY.

Dalam sambutannya bapak Arif Rianto menyampaikan apresiasi pada mahasiswa STIKes Surya Global yang bergabung di UKM KSR PMI, karena menjadi sukarelawan itu bermanfaat untuk orang lain atau masyarakat. PMI satu-satunya lembaga organisasi yang menyiapkan sejak awal pendidikan dan kegiatan kemanusian, seperti Palang Merah Remaja (PMR) sejak SD, SMA sampai SMA. Kemudian Korps Sukarela di tingkat mahasiswa dan umum bahkan masyarakat umum atau tenaga profesional juga bisa bergabung ke Tenaga Sukarela (TSR) seperti perawat, dokter, tukang masak, dan tukang bangunan, dll, Seperti sekarang yang diperlukan di penanganan pasca gempa Lombok. Jadi organisasi Palang Merah ini betul-betul visinya berkharakater sesuai prinsip-prinsip Palang Merah, juga bersifat profesional kerana terlatih. Jadi KSR bekerja walaupun dikatakan relawan tapi pengelolaannya jg profesional. Visi yang ketiga adalah mandiri, penggalangan dana utama tidak mengandalkan dari pemerintah pusat tapi juga pemerintah daerah maupun penggalangan dana dari dari masyarakat sendiri yang nantinya dikembalikan ke masyarakat lagi lewat berbagai kegiatan. Visi yang keempat dicintai masyarakat. Para sukarelawan bisa ditempatkan dimana saja, jangankan di indonesia di pelosok negara manapun dengan membawa bendera PMI dengan senang hati akan diterima. Karena dari dulu gerakannya sesuai prinsip2 palang merah seperti kemanusian. Acara terakhir dilanjutkan dengan pembacaan do’a, penutup dan se4si foto bersama.

Lihat Selengkapnya