Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Jumat, 05 Oktober 2018, 9:23 WIB

Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa HIMIKA di Youth Center

Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA) STIKes Surya Global melaksanakan kegiatan LKMM (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa) pada hari Sabtu-Ahad 29-30 September 2018 di Youth Center. LKMM ini bertema: "Mewujudkan Generasi Muda Berjiwa Kepemimpinan Solutif, Kreatif dan Berakhlaak Mulia." Selamat kepada para mahasiswa yang sudah resmi menjadi anggota baru HIMIKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan) STIKes Surya Global. (Himika/2018)
Lihat Selengkapnya
Rabu, 03 Oktober 2018, 8:54 WIB

Upacara Pembukaan PENDIDIKAN dan PELATIHAN Calon Anggota KSR PMI STIKES SURYA GLOBAL

Sabtu siang 29 September 2018 lapangan Pusat Laboratorium STIKes Surya Global diramaikan oleh peserta upacara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit XI STIKes Surya Global.

Kegiatan Diklat KSR PMI STIKes Surya Global dibuka secara resmi oleh bapak Daryadi selaku Kepala Markas PMI Kota Yogyakarta sebagai Inspektur Upacara. Pada amanatnya beliau berharap KSR PMI Unit STIKes Surya Global ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi tidak hanya di dalam kampus tapi juga di masyarakat.

Selain itu, Keny Kensita Mahasiswa Ilmu Keperawatan angkatan 2017 sebagai Ketua Panitia membacakan laporan pelaksanaan pendaftaran yang diikuti 114 calon anggota dan menyampaikan harapan agar peserta dapat mengikuti kegiatan Diklat Cata KSR PMI STIKes Surya Global dengan baik.

Pembukaan upacara ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan KSR Sahabat, BEM dan UKM-UKM di STIKes Surya Global.
Kegiatan Diklat Cata KSR ini akan berlangsung hingga 3 bulan dengan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya Pematerian Ruangan, Pembekalan, dan Pematerian Lapangan. Pematerian ruangan ini dilaksanakan bertujuan agar para calon relawan ini dapat memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, serta sikap dalam melaksanakan tugasnya nanti sebagai relawan. Berbagai materi dalam Diklat akan disampaikan kepada peserta, ada pun beberapa diantaranya mengenai Organisasi Palang Merah, Organisasi KSR PMI Unit STIKes Surga, keterampilan Pertolongan Pertama dan lain-lain. (KSR/2018)

Lihat Selengkapnya
Kamis, 27 September 2018, 9:38 WIB

Serah Terima Jabatan UKM KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global periode 2018-2019

Bertempat di ruang GSP 2 Gedung Graha Santri STIKes Surya Global, Sabtu sore 22 September 2018 kemarin dilaksanakan acara pelantikan dan prosesi serah terima jabatan pengurus harian (PH) keluarga UKM KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global.

Acara ini dimulai pukul 15.30 WIB dengan susunan acara yaitu acara pertama diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMI oleh seluruh anggota dan tamu undangan. Kemudian dilanjutkan dengan acara kedua pembacaan 7 prinsip Palang Merah. Kemudian acara ketiga yaitu prosesi pelantikan pengurus meliputi: pembacaan surat keputusan, pembacaan ikrar pengurus yang dipimpin Wakil Ketua III STIKes Surya Global, penyerahan bendera PMI ke Ketua Unit baru periode 2018 - 2019 dan penyematan tanda pengurus oleh pengurus PMI Kota Yogyakarta, penandatanganan serah terima jabatan. Kemudian dilanjutkan acara keempat yaitu sambutan-sambutan, sambutan pertama dari Ketua Unit baru periode 2018-2019 Muhammad Rapli, sambutan ke dua oleh bapak Suyatno, S.Pd., M.Pd.I., Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan sambutan ke tiga dari bapak Arif Rianto Budi Nugroho, S.T., M.Si., Wakil Ketua Bidang Penggulangan Bencana PMI DIY.

Dalam sambutannya bapak Arif Rianto menyampaikan apresiasi pada mahasiswa STIKes Surya Global yang bergabung di UKM KSR PMI, karena menjadi sukarelawan itu bermanfaat untuk orang lain atau masyarakat. PMI satu-satunya lembaga organisasi yang menyiapkan sejak awal pendidikan dan kegiatan kemanusian, seperti Palang Merah Remaja (PMR) sejak SD, SMA sampai SMA. Kemudian Korps Sukarela di tingkat mahasiswa dan umum bahkan masyarakat umum atau tenaga profesional juga bisa bergabung ke Tenaga Sukarela (TSR) seperti perawat, dokter, tukang masak, dan tukang bangunan, dll, Seperti sekarang yang diperlukan di penanganan pasca gempa Lombok. Jadi organisasi Palang Merah ini betul-betul visinya berkharakater sesuai prinsip-prinsip Palang Merah, juga bersifat profesional kerana terlatih. Jadi KSR bekerja walaupun dikatakan relawan tapi pengelolaannya jg profesional. Visi yang ketiga adalah mandiri, penggalangan dana utama tidak mengandalkan dari pemerintah pusat tapi juga pemerintah daerah maupun penggalangan dana dari dari masyarakat sendiri yang nantinya dikembalikan ke masyarakat lagi lewat berbagai kegiatan. Visi yang keempat dicintai masyarakat. Para sukarelawan bisa ditempatkan dimana saja, jangankan di indonesia di pelosok negara manapun dengan membawa bendera PMI dengan senang hati akan diterima. Karena dari dulu gerakannya sesuai prinsip2 palang merah seperti kemanusian. Acara terakhir dilanjutkan dengan pembacaan do’a, penutup dan se4si foto bersama.

Lihat Selengkapnya
Jumat, 14 September 2018, 9:17 WIB

MILAD Ke-11 PERSATUAN MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT (PMKM) STIKES SURYA GLOBAL


Selasa 11 September 2018 Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) STIKes Surya Global
merayakan Miladnya yang ke 11. Dengan bertempat di Aula GSP 2 Kampus Grha STIKes Surya Global. Acara ini dihadiri oleh bapak Zainul Mubarok S.E dan ibu Nor Wijayanti , SKM, M.Kes selaku pembina Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dan 55 orang yang terdiri dari penggurus PMKM, alumni, tamu undangan dari BEM, DPM, HMJ, UKM, dan delegasi tiap kelas di STIKes Surya Global. Hari lahir PMKM setiap tahun diperingati pada tanggal 7 September. Sejak diresmikan pada tahun 2007, perayaan acara milad ini berlangsung pada tanggal 11 yang bersamaan dengan tahun baru Islam/Hijriyah.



 

Acara ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Mahasiswa, selanjutnya sambutan-sambutan yang diawali oleh ketua panitia, ketua PMKM, ketua Prodi Kesehatan Masyarakat dan diakhiri oleh bagian kemahasiswaan dan sekalian doa untuk PMKM. Kemudian secara simbolis diadakan acara pemotongan tumpeng, setelah itu doa dan harapan oleh para hadirin dan bergantian digantungkan ke pohon Laskar Pejuang. Dan acara kemudian ditutup dengan makan bersama dan sharing-sharing alumni yang dibersamai oleh Moh. Mahsun S.KM (mantan ketua PMKM periode 2016-2017)



 

Perayaan Milad ini perdana diadakan, tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada, hanya saja perayaan kecil yang dilakukan oleh pengurus internal PMKM. Maksud dari perayaan Milad ini adalah untuk mengingatkan dan sebagai wujud rasa syukur kita bahwa PMKM masih dan sudah berdiri sejauh ini.



 

Harapannya dengan adanya Milad ini bisa membangkitkan kembali semangat para pengurus PMKM untuk lebih memajukan Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat serta meningkatkan rasa kekeluargaan yang tinggi antar seluruh keluarga Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat baik itu Alumni mapun Mahasiswa Kesmas. Semoga PMKM kedepannya bisa terus menjadi wadah mahasiswa kesmas serta memberikan perubahan positif untuk kemajuan kampus tercinta. (Anisa/PMKM/2018)



Lihat Selengkapnya
Sabtu, 08 September 2018, 10:01 WIB

Kunjungan Perwakilan Kementerian Pertahanan ke STIKes Surya Global

Pada hari Kamis 7 September 2018 bertempat di ruang Grha Santri 1 STIKes Surya Global di Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta, Perwakilan Kementerian Pertahanan wilayah Daerah istimewa Yogyakarta melakukan kunjungan dan silaturahmi kepada para pimpinan STIKes Surya Global. Dari Kemenhan dipimpin oleh bapak Kolonel CZI Dedi Rusdianto, S.E, MM dan didamping oleh bapak Letkol Caj Heri Suprianto,S.S, dan ibu Nor Cahyo Budi Astuti. Sedangkan dari STIKes Surya Global sebagai tuan rumah diantaranya Ketua STIKes Surya Global bapak Dwi Suharyanta, S.T, MPH, Pimpinan Ponpes STIKes Surya Global bapak Sugiono Al Munawari, S.IP, MPH, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan bapak Suyatno, S.Pd.I, M.Pd.I dan Kepala Kepanduan STIKes Surya Global bapak Rofik Hananto, S.T, MM.


Pada kesempatan itu bapak Kolonel CZI Dedi Rusdianto, S.E, MM menyampaikan perkembangan situasi global akhir-akhir ini dan tantangan bagi rakyat Indonesia menghadapi persaingan di dunia internasional. Lebih khususnya tantangan di dunia perguruan tinggi dimana perkembangan informasi dan teknologi yang semakin maju dan mau tidak mau harus kita ikuti. Sementara itu tantangan dalam negeri ini perlu penguatan dalam nilai-nilai cinta tanah air dan bela negara. Meski Indonesia salah satu negara yang tidak memiliki kewajiban militern tapi rasa kebangsaan dan cinta tanah air ini lebih penting daripada sekedar mengangkat senjata. Oleh karena itulah peran perguruan tinggi sangat urgent dan potensial sebagai agen perubahan di era milenial ini.

Lihat Selengkapnya
Selasa, 04 September 2018, 10:07 WIB

TA'LIFUL QULUB MAHASISWA BARU PRODI KESEHATAN MASYARAKAT STIKES SURYA GLOBAL









Ta'liful Qulub Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global dilaksanakan dalam 2 hari berturut-turut, mulai tanggal 17-18 Agustus 2018 yang bertempat di Masjid Baitus Surga kampus STIKes Surya Global.


Acara ini dimulai dengan Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 bertempat di Kampus Timur STIKes Surya yang dipimpin oleh Presiden BEM (Badan Ekesekutif Mahasiswa). Kegiatan Ta'liful Qulub ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Kesehatan Masyarakat angkatan 2018 dan juga dihadiri oleh pak Suyatno S.Pd,I., M.Pd.I selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Ibu Nor Wijayati SKM. M.Kes selaku pembina Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) STIKes Surya Global, pengurus PMKM periode 2018-2019 serta para tamu undangan. Kegiatan Ta'liful Qulub ini bertemakan “Bersama PMKM Tumbuhkan Generasi Kesmas Berani Berdedikasi dan Berinovasi”.


Rangkaian acara di hari pertama dimulai pukul 09.30 sampai 17.00 yang diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Lia dan Dayu, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilanjutkan dengan sambutan ketua PMKM periode 2018/2019, sambutan Ketua Panitia Irfan Baharudin, sambutan Ibu Nor Wijayanti SKM , M.Kes selaku pembina PMKM dan Pak Suyatno S.Pd.I., M.Pd.I selaku Waka 3 Bidang Kemahasiswaan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan kesmas yang dibersamai oleh moderator oleh Ibrahim Aziz dan sebagai narasumber oleh bapak Dr Lukman Waris, SKM, MMR, M.Kes., beliau adalah kepala Penelitian Pusat Litbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Badan Litbang Kemenkes RI. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan tentang pengenalan Kesehatan Masyarakat dan problematikannya dimana peran tenaga Kesehatan Masyarakat sangat dibutuhkan di negara ini, beliau juga menyampaikan kutipan dari presiden Jokowi, “Yang benar kita membuat masyarakat tidak sakit, masyarakat itu sehat, sehingga puskesmas sepi, rumah sakit sepih, yang benar itu..."


Rangkaian kegiatan di hari kedua diawali dengan senam bersama yang dipandu oleh MC (Angga dan Patmi) dan dengan instruktur dari Divisi PSDM dan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan 3 konsentrasi Kesehatan Masyarakat yang berada di STIKes Surya Global yang dibersamai Ismatul Atifah sebagai moderator. Adapun rangkaian acara pengenalan konsentrasi prodi sebagai berikut :


Sesi pertama pengenalan Konsentrasi Kesehatan Reproduksi yang dengannarasumber Ibu Pramukti Dian Setyaningrum, SKM, M.Kes. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan tentang Kesehatan Reproduksi, kegiatan perkuliahan serta peluang kerja dan ditutup dengan sharing-sharing pengalaman dan juga belau mengatakan belajarlah dari filosifi biji KOPI “Untuk berhasil kita harus coba …. dan coba lagi…Kita harus percaya pada apa yang kita kerjakan.Kita tidak boleh menyerah.Kita harus sabar.Kita harus tetap bersemangat..Masalah dan kesulitan memberi kesempatan kepada kita untuk menjadi lebih kuat… dan lebih baik… dan lebih mampu, jadilah seperti biji kopi”


Sesi kedua pengenalan tentang manajemen rumah sakit yang dengan narasumber bapak Totok Sundoro, SKM, MMR. Dan Sesi ketiga pengenalan tentang konsentrasi Sistem Informasi Kesehatan dengan narasumber Ibu Desi Setyowati. SKM.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Pengurus ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), baik dari pengurus ISMKMI Nasional, pengurus ISMKMI Wilayah 3 maupun pengurus ISMKMI DIY yang dipimpin oleh saudara Bintang selaku Korda ( Koordinator Daerah) ISMKMI DIY.


Harapannya dengan diadakannya Ta'liful Qulub Program Studi Kesehatan Masyarakat ini mahasiswa mendapatkan pengetahuan lebih jelas mengenai Kesehatan Masyarakat dan 3 konsentrasi yang ada di STIKES Surya Global, serta dapat bersaing di dunia perkuliahan dalam meraih prestasi yang membanggakan. (PMKM/2018)

Lihat Selengkapnya