Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Senin, 03 Desember 2018, 10:29 WIB

”AYO HIDUP SEHAT, MULAI DARI KITA” PMKM STIKES SURYA GLOBAL

Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54

Ahad, 25 November 2018, PMKM STIKes Surya Global menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54 dengan tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” yang berlangsung di Kampus Timur STIKes Surya Global. Acara ini berlangsung selama 3 hari, dari hari Jum'at hingga hari Ahad. Peringatan HKN ini banyak diselenggarakan berbagai lomba-lomba seperti: Lomba Debat, Lomba Outdoor dan puncaknya Lomba Karnaval yang diselenggarakan di hari Ahad. Tidak hanya itu, ada juga lomba–lomba seperti Lomba Senam dan Lomba Poster. Peringatan ini diikuti oleh mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global Semester I, II dan V.

Pada Lomba Debat yang berlangsung di Aula GSP 2 Pesantren STIKes SURGA dengan juri bapak Ubaidillah, SKM, M.Kes,(Epid), ibu Nor Wijayanti, SKM, M.Kes., dan ibu Sri Sularsih Endartiwi, SKM, MPH, AKK. Lomba Debat ini diikuti 9 kelas dan dimenangkan kelas C/KM/5 yang diwakili oleh Tamara Yushe, Nur Laili Azizah dan Nia Kurnia sebagai Juara I dan E/KM/5 meraih Juara II yang di wakili oleh Melisa Dwi Apriani, Desi Fitriana dan Rabiatul Adawiyah.

Di hari Sabtu, 8 kelas Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global dengan antusias mengikuti Lomba Outdoor di halaman Kampus Timur. Lomba–lombanya antara lain: "Menggenggam Masa Depan" dimenangkan oleh kelas E/KM/1 dan D/KM/3, "Lari dari Kenyataan" dimenangkan oleh kelas E/KM/1 dan A/KM/1, sedangkan lomba "Menikmati Jerih Payah" dimenangkan juga oleh kelas E/KM/1 dan D/KM/3.

Pada hari puncaknya, peringatan ini berlangsung sangat meriah yang dipandu oleh Master of Ceremony Patmi Azzahra Utami dan Angga Bayu Prasetio. Acara pertama di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Mahasiswa. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan–sambutan dari Ketua Panitia Hari Kesehatan Nasional 54, Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat sekaligus Pembina Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dan dibuka oleh Ketua STIKes Surya Global.

Rangkaian acara pada hari Ahad diantaranya adalah Karnaval, pembagian hadiah lomba dan pengundian kupon yang telah dibagikan kepada peserta. Bukan hanya melakukan karnaval dengan kostum-kostum yang unik saja, tetapi setiap kelas juga menampilkan pertunjukkan yang berkaitan dengan tema karnaval, tujuannya untuk mengajak masyarakat agar hidup sehat. Dan Lomba Karnaval ini dimenangkan oleh A/KM/1, E/KM/5 dan C/KM/1. Untuk Lomba Senam, Juara I diraih oleh kelas E/KM/5, Juara II oleh kelas C/KM/5 dan Juara III oleh kelas B/KM/3. Untuk Lomba Poster dimenangkan oleh Rahma Sukma S.A dari STIKes Surya Global dan Indah Ratnaningsih dari STIKes Wira Husada Yogyakarta. Di tempat yang sama juga ada stand–stand yang menjual berbagai macam makanan, salah satunya Dana usaha (Danus) Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) yang menjual makanan manis dan minuman segar. Acara ini juga banyak disponsori dari banyak pihak. Tidak ketinggalan ada pertunjukkan tarian dari Blue Dongker, Stand Up Comedy yang di bawakan oleh saudara Emen dan penampilan dari panitia yaitu menyanyi. Acara ini ditutup dengan senam Kewer-Kewer bersama. (Khusnul/PMKM/2018)

Lihat Selengkapnya
Jumat, 30 November 2018, 9:28 WIB

Basic Training of Public Health (BToPH) PMKM STIKes Surya Global

Ahad, 4 November 2018 Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) menyelenggarakan kegiatan Basic Training of Public Health (BToPH) yang bertempat di Aula GSP 2 STIKes Surya Global. Para pembicara yang tampil dalam kegiatan ini diantaranya adalah: bapak Amin Subargus, SKM, M.Kes., Laila Fitriani (DPM ISMKMI), M. Affan Mahfudz (KORWIL 3 ISMKMI) , Stevanus Cristi B. (KORDA DIY ISMKMI) dan Isma Latifah (Pengabdi Masyarakat Nasional ISMKMI) Dan BToPH diikuti oleh 55 mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global. (Aida/PMKM/2018)

Lihat Selengkapnya
Kamis, 29 November 2018, 10:56 WIB

AKSI DONOR DARAH KSR PMI STIKES SURYA GLOBAL

Alhamdulillah kegiatan Aksi Donor Darah yang diprakarsai KSR PMI STIKes Surya Global hari Rabu kemarin dengan tema: "Darahku Bukti Cintaku untuk Sesama" dapat berjalan dengan sukses. Kegiatan yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bantul ini mendapat antusias dari santri-santri mahasiswa maupun anggota Majelis STIKes Surya Global.

Menurut Ketua Pantia Aksi Donor Darah KSR PMI STIKes Surya Global St. Saadatur Rahmayaini (E/KM/V) pendaftar yang mengikuti kegiatan donor darah ada sekitar 100 orang. Sedang pendonor yang berhasil mendonor darahnya ada 41 pendonor, Alhamdulillah melebihi target panitia 30 pendonor.

Bagi yang sudah mendaftar tapi gagal atau ditolak untuk donor darah, jangan sedih atau malu, niat baik anda Insya Allah sudah dicatat sebagai tabungan pahala. Untuk bisa mendonorkan darah ada syarat-syaratnya lho, diantaranya :
• Berusia 17-60 tahun
• Berat badan minimal 45 kg
• Suhu tubuh normal (36,6 – 37,5 derajat Celcius)
• Tekanan darah baik (sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg)
• Denyut nadi teratur (sekitar 50-100 kali/menit)
• Hemoglobin (perempuan minimal 12 gram, sedangkan laki-laki minimal 12,5 gram)

Sedangkan seseorang tidak boleh menjadi donor darah pada keadaan:
• Pernah menderita hepatitis B atau hepatitis C atau dalam 6 bulan terakhir kontak dengan penderita hepatitis.
• Mengidap tuberkulosis, sifilis, epilepsi, dan sering kejang, penyakit kulit pada vena (pembuluh darah balik), penyakit darah (defisiensi G6PD, talasemia, atau polisitemia vera)
• Ketergantungan obat atau alkohol yang akut atau kronis.
• Dalam setahun terakhir pernah menjalani operasi besar maupun operasi kecil.
• Dua minggu terakhir menjalani vaksinasi virus hidup parotitis, measles, tetanus toksoid, polio, influenza, kolera, atau tetanus difteri
• Dalam jangka waktu 1 minggu sesudah gejala alergi menghilang
• Dalam 3 hari, baru menjalani operasi gigi
dll.

Jadi jelas ya, kenapa seseorang tidak bisa mendonorkan darahnya? Beberapa bulan kedepan jika ada aksi donor darah berikutnya yuk dicoba lagi. Persiapkan sejak sekarang, asupan gizi yang cukup, berolah raga yang rutin, istirahat yang cukup, jangan banyak begadang dan banyak-banyaklah bersyukur dan berdoa... 

Lihat Selengkapnya
Jumat, 23 November 2018, 10:38 WIB

LONG MARCH KEPANDUAN PRAMUKA STIKES SURGA

Pada hari Sabtu 17 November 2018 Kepanduan Pramuka Racana Diponegoro Malahayati 05079 0580 STIKes Surya Global menyelenggarakan kegiatan Long March dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Rute Long March dari Kampus STIKes Surga - Taman Makam Pahlawan - Benteng Vredeburg - Masjid Gedhe Kauman yang berjarak sekitar 10 km. Long March ini diikuti sekitar 250 santri mahasiswa semester 1.

Sebelum Long March dilakukan upacara terlebih dahulu di Kampus Timur STIKes Surga. Sesamapainya di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara para peserta Long March menuju ke pemakaman terutama ke makam Panglima Besar Jenderal Sudirman. Setelah itu para peserta melanjutkan perjalananya di tengah kota Yogyakarta ke Benteng Vredeburg. Para peserta mengunjugi beberapa diorama Serangan Oemoem di Benteng Vredebrurg.Menjelang dhuhur para peserta bergerak ke Masjid Gedhe Kauman yang terletak di sebelah utara Kraton Yogyakarta.

 

Lihat Selengkapnya
Jumat, 16 November 2018, 10:03 WIB

LESEHAN CERDAS KASTRAD HIMIKA STIKES SURYA GLOBAL

Sabtu, 3 November 2018 Himpunan Mahasiswa Keperawatan (HIMIKA) STIKes Surya Global dari Kedirjenan Kastrad telah menyelenggarakan kegiatan Lesehan Cerdas Kastrad yang dilaksanakan di Graha Santri Ruang 17 dengan tema “Konsilku Sayang Konsilku Malang”. Kegiatan ini bertujuan untuk mencerdaskan dan memahamkan tentang apa itu konsil keperawatan kepada mahasiswa keperawatan di STIKes Surya Global. Adapun susunan acara dari kegiatan ini pertama pembukaan yang meliputi pembacaan doa, menyayikan lagu Indonesia Raya, Mars PPNI dan Mars HIMIKA serta sambutan dari ketua panitia. Kemudian dilanjutkan dengan peyampaian materi tentang Konsil Keperawatan oleh Bpk. Errick Endra Cita,S.Kep.,Ns.,M.Kep sebagai pemateri dan diskusi, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 35 peserta. Acara ini berjalan lancar karena peserta terlihat antusias, dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan saat kegiatan berlangsung. “Saya rasa acara ini berjalan lancar karena adanya elemen-elemen misanya dari peserta, dari pemateri dan panitia” ujar Fadil Nur Syabana selaku ketua panitia. Kegiatan ini juga mendapat respon yang positif dari peserta. “Bagus banget ya acara ini soalnya dari situ kita bisa faham kita bisa tahu betul tentang konsil keperawatan seberapa pentingkah konsil keperawata itu dan seberapa urgent konsil kkeperawatan itu” ujar Hidayatul Umah sebagai salah satu peserta dari kegitan ini. (HIMIKA/2018)

Lihat Selengkapnya
Kamis, 15 November 2018, 4:48 WIB

HIMIKA GOES TO SCHOOL

Sabtu, 27 Oktober 2018 Himpunan Mahasiswa Keperawatan STIKes Surya Global dari Kedirjenan Sosmas ( Sosial Masyarakat ) telah mengadakan penyuluhan atau biasa disebut dengan HIMIKA Goes To School dengan tema “Bersih Gigiku, Sehat Badanku, Cemerlang Senyumku”. Penyuluhan tersebut dilaksanakan di SD NU Pamanahan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pendidikan secara langsung tentang kesehatan dan dapat mempraktikkan cara sikat gigi yang baik dan benar.

Adapun susunan acara dari kegiatan ini pertama pembukaan yang meliputi pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan dari ketua panitia. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang cara menyikat gigi yang benar dari Kak Asri Setiawati. Setelah penyampaian materi diputarlah beberapa video tentang pentingnya menyikat gigi. Salah satunya video tentang pentingnya menyikat gigi di malam hari.  Kegiatan ini diikuti oleh 40 siswa SD NU Pamanahan beserta guru-guru yang menjadi pendamping muridnya.

Acara ini berjalan lancar karena pesertanya sangat antusias, dibuktikan dengan banyaknya siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari pemateri dengan baik dan benar. “Alhamdulillah acara HIMIKA Goes To School kali ini berjalan dengan lancar, karena adanya elemen-elemen misalnya panitia dan peserta. Serta target peserta yang awalnya cuman 25-an tapi ternyata ketika kegiatan itu diadakan melebihi dari target.” Ujar Kiki selaku ketua panitia. Kegiatan ini juga mendapat respon yang positif dari peserta. “Acaranya bagus, asyik, seru, banyak makanan dan manfaatnya. Kaka nya juga baik-baik dan saya jadi tahu cara menyikat gigi dengan baik dan benar.” Ujar Silma sebagai salah satu peserta. (HIMIKA/2018)

Lihat Selengkapnya