Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Kamis, 03 Mei 2018, 8:21 WIB

LDK-1 PMKM STIKES SURYA GLOBAL

Pada tanggal 29-30 April telah berlangsung Latihan Dasar Kepemimpinan 1 (LDK-1) Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) dengan tema "Mahasiswa Hari Ini, Pemimpin Hari Esok" bertempat di Kaki Langit Mangunan, Imogiri Bantul.


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada seluruh calon pengurus baru PMKM periode 2018-2019 mampu menjadi pemimpin yang mempunyai rasa tanggung jawab serta memiliki loyalitas yg tinggi untuk mencapai tujuan bersama, ujar Sitti Sholekah selaku Ketua Panitia LDK-1 PMKM.


Latihan Dasar Kepemimpinan 1 merupakan salah satu akhir dari pengkaderan yang dilakukan selama satu tahun terakhir. Dalam kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan. Yang pertama yaitu tentang Kepemimpinan yang juga menghadirkan Narasumber yangg memiliki pengalaman di bidang kepimpinan yaitu ibu Ummul Khair. Beliau salah satu dosen STIKes Surya Global yang memiliki teknis kepemimpinan yang tinggi,


Pada kegiatan ini diisi dengan permainan-permainan yang harapannya bisa membuat para pengurus baru memiliki rasa kekeluargaaan yang tinggi, serta dilatih bekerja sama dengan lebih baik dan kompak.


Harapan dengan dilaksanakan LDK-1 ini, bisa menanamkam rasa kepemimpinan yang tinggi serta bisa membina kekeluargaaan yang baik kepada seluruh mahasiswa yang tergabung dalam PMKM ini.


Semoga kedepannya pengurus baru bisa membawa perubahan yang lebih baik serta meningkatkan self image PMKM. (Khusnul/PMKM/2018)

Lihat Selengkapnya
Selasa, 17 April 2018, 1:39 WIB

BAKTI SOSIAL & DONOR DARAH KSR PMI STIKES SURYA GLOBAL

di Kampung Gendeng Gondokusuman Jogjakarta

KSR PMI STIKes Surya Global menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial dan Donor Darah di kampung Gendeng, Baciro Gondokusuman Jogjakarta pada hari Ahad 15 April 2018. Kegiatan yang diselenggarakan di RW 15 kampung Gendeng ini diawali dengan Senam Massal yang diikuti oleh para warga dari RT 56, 57, 58, 59 dan 60. Kemudian setelah senam massal selesai para warga menikmati bubur kacang ijo yang dibuat sendiri oleh para anggota KSR PMI Surga. Kemudian acara dilanjutkan dengan Pembukaan diantaranya dari Ketua KSR PMI STIKes Surga Ruby Wijayanti, bapak Ketua RW 15 Gendeng Gondokusuman bapak Agus dan bagian Kemahasiswaan STIKes Surga bapak Zennul Mubarrok, S.Akt. Dalam rangkaian acara pembukaan tersebut juga diberikan kenang-kenangan kepada Ketua RW 15, dan pembagian Doorprize kepada para warga. Di balai kampung juga diadakan donor darah dari PMI Markas Kota Yogyakarta yang diikuti 49 warga kampung Gendeng. Selain itu juga dilaksanakan pembagian sembako. Acara diakhiri dengan foto bersama Pembina, Pengurus, Panita KSR PMI STIKes Surya Global dan warga RW 15 kampung Gendeng Gondokusuman Jogjakarta
Lihat Selengkapnya
Jumat, 06 April 2018, 10:43 WIB

Seminar Nasional PELAYANAN KEFARMASIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER DAN STROKE PADA PENDERITA DIABETES MELITUS

Prodi Farmasi STIKES Surya Global bertempat Ashwini Ballroom Hotel Tara Jogjakarta 25 Maret 2018

Program Studi Farmasi STIKes Surya Global menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertema PELAYANAN KEFARMASIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER DAN STROKE PADA PENDERITA DIABETES MELITUS. Seminar Nasional yang dihadiri 218 peserta diselenggarakan di Ashwini Ballroom Hotel Tara Jogjakarta 25 Maret 2018.

Selaku Keynote Speaker adalah Prof. Datuk Dr. Hjh. Bibi Florina Abdullah selaku Direktur Lincoln University College Malaysia. Beliau juga Direktur Keperawatan di Kementerian Kesehatan Malaysia, lulusan Royal College of Nursing London, memperoleh gelas Master in Business Administration (MBA) dan Fellow di John Moores University and University of Northumbria, Inggris. Beliau memdapatkan banyak penghargaan, diantaranya ‘Nurse Icon Malaysia’, ‘Sayidatina Khadijah’ di negara bagian Sabah Malaysia, in conjunction of the Maal Hijrah. Beliau juga pernah menjabat sebagai Presiden untuk Sabah Nurses Associates (SANA) selama lebih dari 12 years dan sekarang menajdi Penasehat. Pada seminar kali ini beliau membawakan tema “Good Pharmacy Practice”.  Dalam paparannya Prof. Datuk Dr. Hjh. Bibi Florina Abdullah menyampaikan semua praktisi apoteker berkewajiban untuk memastikan bahwa layanan yang mereka berikan kepada setiap pasien memiliki kualitas yang sesuai. Good pharmacy practice (GPP) adalah sarana penjelasan dan pemenuhan kewajiban. Praktek Farmasi di The New Millennium Signatory penting untuk semua perjanjian internasional termasuk liberalisasi perdagangan global terkait dengan organisasi perdagangan dunia (WTO). Kontrol atas kelebihan persediaan obat (tidak ada pemborosan obat-obatan yang tidak perlu)
Secara tradisional, misi praktek farmasi adalah menyediakan obat dan produk dan layanan perawatan kesehatan lainnya. Namun dalam beberapa tahun terakhir istilah "perawatan farmasi" telah memantapkan dirinya sebagai filsafat pengetahuan, sikap, dan praktik (KAP). GPP dengan pasien dan masyarakat sebagai penerima manfaat utama tindakan apoteker.
Semua personil harus dilatih dan dilengkapi literatur dan materi pendukung untuk memberikan saran tentang masalah kesehatan umum serta informasi dan layanan yang lebih spesifik terkait dengan obat-obatan yang disediakan oleh mereka.

Jika apoteker terlibat dalam memberikan saran tentang pengobatan mandiri dan merespon terhadap gejala, protokol harus dirancang untuk memastikan bahwa saran tersebut akurat dan tepat. Secara tegas, apoteker harus yakin bahwa rata-rata, klien yang mengobati secara mandiri harus mematuhi GPP.

Pada akhir paparannya Prof. Datuk Dr. Hjh. Bibi Florina Abdullah menyampaikan apoteker dan institusi farmasi harus berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk memperbarui GPP. Pengetahuan baru tentang filosofi yang mendasari GPP harus ditingkatkan dengan cara akademis.

Pembicara Pertama dalam Seminar Nasional ini adalah DR. dr. Probosuseno, SpPD, K.Ger, FINASIM, Ketua KSM Geriatri/Lektor  Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM. Materi yang beliau sampaikan adalah Penyakit Jantung Koroner, Stroke pada pasien Diabetes Melitus. Bertindak sebagai moderator adalah ibu Kuswardani Dwi Atmini, M.Sc., Apt., yang juga dosen Farmasi STIKes Surya Global.

Dokter Probo menjelaskan tentan apa itu DM. Diabetes Melitus adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang akibat kadar gula dalam darah yg lebih tinggi dari normal ßkrn kekurangan insulin (absolut/relatif) Insulin ? Tugasnya ibarat anak kunci, sedang reseptor insulin pada sel adalah lobang kunci-nya.

Macam DM & penyebabnya:
1.  Tipe 1 (sejak kecil karena pankreas ada kelainan, sifatnya kebanyakan genetik, pasien kekurangan sangat banyak insulin bahkan tak punya insulin)
2. Tipe 2 (à gangguan sekresi &/ resistensi insulin; 90% dari total penderita DM) yang muncul setelah dewasa, pada pasien jumlah insulin normal atau bahkan kelebihan tetapi tidak  berfungsi maksimal karena reseptor insulin pada sel kurang.
3. Tipe lain (à gangg.genetik :fungsi sel beta/kerja insulin; penyakit eksokrin pankreas; endokrinopati; ok zat (zat kimia); infeksi; imunologi; genetik lain)
4.  Tipe gestasional (karena hamil)


Faktor Risiko
1. keturunan, ada yang muncul sewaktu hamilà melahirkan bayi > 4 kg,
2. diakibatkan karena kurang gizi,
3. peradangan pada pankreas,
4. reaksi tubuh yang justru merusak tubuh sendiri (penyakit autoimun),
5. sehabis operasi/kecelakaan sehingga pankreas tidak ada (rusak),
6. kegemukan,
7. proses menua (> 40 tahun), dll.

Faktor Pencetus:
1. kurang gerak/ malas,
2. makan berlebihan,
3. kehamilan,
4. kekurangan produksi hormon  insulin.
5. Stres

LANGKAH ANTISIPASI
• Pencegahan primer à cegah timbulnya hiperglikemia pada yang berisiko.
• Pencegahan Sekunder à temukan DM sedini mungkin, cegah komplikasi & jika ditemukan
komplikasi masih reversibel.
• Pencegahan Tersier à cegah komplikasi & cacat akibat komplikasi à cegah progresi agar tak terjadi gagal organ & cegah cacat tubuh

PILAR UTAMA TERAPI DM
1. Penyuluhan …. Awas KAKI
2. Makan-Minum dengan OTAK (tahu ilmu gizi praktis)
3. Olah raga
4. Obat berkhasiat Hipoglikemi à taati dosis dari dokter
5. Doa & Berbuat baik (suka menolong)
6. Dukungan keluarga & ”masyarakat”

Terapi Farmakologis
Obat Hipoglikemik Oral (OHO) ßJIKA BELUM BAIK dengan DIET & olah raga.
(1) pembagian golongan OHO,
(2) prinsip pemakaian OHO,
(3) sampai kapan harus minum OHO?,
(4) apakah OHO dapat merusak ginjal?
(5) Efek samping OHO,
(6) Kegagalan terapi OHO,
(7) pengaturan minum obat selama puasa,

Insulin
1. cara pemberian insulin  à SK ? dosis?
2. arah jarum tegak lurus terhadap cubitan.
3. Pasien kurus, kulit dicubit, suntikkan dengan sudut 45 derajat.
4. Terasa sakit / berdarah àtekan daerah tersebut 5-8 detik.
5. PEN INSULIN mudah & nyaman.
6. POMPA INSULIN (continuous subcutanueous insulin infusion, CSII)
7. Aksi pendek (jernih: Actrapid, Humulin S, insulin reguler, novorapid);
8. Aksi sedang (keruh: Insulatard, Humulin I, Insulin NPH);
9. Aksi panjang (basis Zn/keruh: Monotard HM, Humulin N, Ultratard); dan dalam bentuk campuran (keruh; Mixtard 30/70, Humulin M3)

STROKE
Bencana otak à mati; cacat; sembuh. Penyebab kecacatan No 1
• 200/100.000 penduduk (no 2 ssd PJK).
• Indonesia 500.000/tahun à 25% (125.000) mati, sisa cacat R-B
• No 1 penyebab kematian di RS di Indonesia
• USA 700.000 kasus /tahunà 500.000 kasus baru , 200.000 kasus ulangan
• Lebih dari 160.000 meninggal dalam 1 bulan pertamaà penyebab kematian ke 3 di USA
• 5,4 juta penduduk hidup dengan stroke-> merupakan penyebab kedua disabilitas.
• Biaya perawatan tahunan untuk stroke di USA > $56 juta

Gejala Stroke:

S- senyum merot; sulit berbicara; sulit menelan; sakit (nyeri); sempoyongan
T-tangan lemah/lumpuh separuh; tersedak-mual-muntah- cegukan; tidur terus
R-rasa baal (hilang sensasi)
O-mongan kacau; orientasi kacau (bingung)
K-kaki lemah/lumpuh; Kejang; kabur penglihatan (total atau parsial satu sisi); kaku kuduk;
E-emosi/mental berubah

Terapi farmakologi untuk mencegah stroke ulangan
• Agen anti platelet : Penggunaan aspirin atau kombinasi aspirin dan dan dipiridamol dapat mengurangi risiko stroke ulangan sebesar 21-35%. Klopidogrel sama efektifnya.
• Anti koagulan : Warfarin lebih efektif daripada terapi anti platelet sebagai terapi pencegahan terhadap efek sekunder stroke pada kondisi kardial tertentu, seperti atrial fibrilasi. lebih dipilih sebagai pencegahan terhadap stroke trombotik dan stroke lakunar.
• Penghambat Hidroksimetilglutaril –CoA (HMGCoA) reduktase atau statin
• Terapi anti hipertensi , DM, dll

Penyakit Jantung Koroner

Jantung 250-360 gr, > sedikit kepalan pemilik, memompa darah 8500L/hari, dihidupi 2
pembuluh arteri

GEJALA & TANDA
-Nyeri dada
-Sesak nafas
- Nggliyer
- Nyeri ulu hati merembet ke
- leher , dagu, lengan kiri

Lihat Selengkapnya
Rabu, 28 Maret 2018, 10:58 WIB

MOU STIKES SURYA GLOBAL DENGAN UNIVERSITAS LINCOLN MALAYSIA

Bertempat di Hotel Tara Yogyakarta pada hari Sabtu 24 Maret 2018 dilangsungkan Memorandum of Understanding antara STIKes Surya Global dengan Lincoln University College Malaysia. Kerjasama kedua perguruan tinggi dari Indonesia dan Malaysia ini mencakup kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan keilmuan.


 Pada sambutannya Ketua STIKes Surya Global bapak Dwi Suharyanta, ST, MM, M.Kes menyampakaian penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran ibu Datuk DR. Hjh. Bibi Plorina Abdullah, P.G.D.K., J.M.N, A.M.N, B.K selaku Direktur Lincoln University Malaysia di Yogyakarta untuk menjalin kerjasama dan silaturahmi dengan STIKES Surya Global. Dengan adanya MoU ini diharapkan kerjasama lebih efektif karena dari segi jarak kedua kampus ini lebih dekat dibanding negara-negara lain. Dengan usia yang lebih muda STIKes Surya Global berharap dapat meningkat keilmuan dan pembelajaran. Terlebih di STIKES Surya Global punya kekhasan dengan adanya dual program yaitu program Kuliah dan & pesantren sehingga para lulusan dari STIKES selain bisa menguasai & kompeten dengan ilmu di bidang kesehatan tapi juga dilandasi keimanan dan ketakwaan . Targetnya tdk hanya sakit di fisik tapi juga spiritual.

Datuk DR. Hjh. Bibi Plorina Abdullah, P.G.D.K., J.M.N, A.M.N, B.K dalam sambutannya merasa senang datang ke Jogja. Beliau mengetakan kalau di Lincoln University selalu sharing of respect sebab dalam bidang kesehatan ini memang presepectifnya selalu very dynamic, sebab selalu ada research. Jadi ada penemuan research, harus kita share. Sebab Research sekarang ini kalao dalam World Trade itu buan saja akademis, project & skills tapi dia going dor research. Jadi (dengan adanya MoU) ini nantinya akan ada banyak kolaborasi anatara kedua belah pihak. 


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Direktur berturut-turut dengan  Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global ibu Nor Wijayanti, S.KM, Ketua Prodi Ilmu Keperawatan bapak Supriyadi, S.Kep., Ns., M.Kes.  dan Ketua Prodi Farmasi ibu Dwi Kurniawati Sambodo S.Farm.,M.si.,Apt. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan berupa cendera mata dari kedua belah pihak.

Lihat Selengkapnya
Senin, 26 Maret 2018, 8:24 WIB

MTQ VI LDK JAKHFI

"Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 148) ⚡....Special from LDK jakhfi STIKes Surya Global....⚡ 📖 MTQ VI se-DIY & JATENG 📖 .....Tingkat SMA sederajat, Mahasiswa/Umum..... 🍃 "Cerdas Bersama Al-Qur'an, Menuju Generasi Millennial Qur'ani" 🍃 📆 1- 14 APRIL 2018


🕌 KAMPUS STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA------------------- 🎊 Grand Opening MTQ (1 April 2018)


" Ustadz Fatan Fantastik "


🎤 Lomba nasyid(8 April 2018)


📖 Tilawatil Qur'an(9 April 2018)


👳🏼‍♀ Da'i/Da'iyah(10 April 2018)


🎙 Syarhil Qur'an(11 April 2018)


📿 Tahfidzul Qur'an(12 April 2018)


✒ Kaligrafi(12 April 2018)


👳🏻 Tabligh Akbar(14 April 2018) " Ustadz Ransi Al Indragiri " 〰〰〰〰〰〰〰〰〰 AYO SEGERA DAFTAR... jangan sampai ketinggalan...QUOTA TERBATAS 🏃🏃🏃💨💨💨PENDAFTARAN


🖥Online :


bit.ly/pendaftaranMTQ6


🏬Offline :


Kampus stikes Surya global Yogyakarta 💸transfer biaya pendaftaran ke Bank BRI no Rek. 7000-01-010705-53-0 (Wahida Nurkomalasari) ‼ BATAS PENDAFTARAN 31 Maret 2018 ‼😱 MORE INFO


085877724172 ✔ Regards


🐳 Twitter: @ldk_jakhfissg 👥 fb: Ldk Jakhfi


📷 ig: @ldk_jakhfi


📺 Channel: Al-Kahfi Media


📩 Email: syiarjakhfi@gmail.com

Lihat Selengkapnya
Selasa, 13 Maret 2018, 9:17 WIB

Pengukuhan Anggota Baru KSR PMI STIKES Surga di TAHURA Bunder Gunung Kidul

Sebanyak 19 mahasiswa calon anggota KSR PMI STIKES Surga mengikuti kegiatan Pengukuhan Anggota Baru KSR PMI Unit XI STIKES Surga di Tahura Bunder Gunung Kidul sekitar 20 km timur kampus STIKES Surya Global. Kegiatan kali ini mengusung tema “ Membangun Solidaritas dan Totalitas Kemanusiaan “. Melaui kegiatan ini diharapkan  calon anggota baru bisa memahami mengenai seluk beluk keorganisasian di dalam  UKM KSR PMI sehingga tidak hanya materi mengeni kepalangmerahan saja yang mereka dapatkan melainkan mereka juga siap memasuki babak lanjut dari keorganisasian UKM KSR PMI, selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengukuhkan para calon anggota baru sebagai puncak dari rangkaian kegiatan Penerimaan Anggota Baru.


Anggota baru yang dikukuhkan merupakan hasil seleksi alam dari rangkaian kegiatan Penerimaan Anggota Baru sampai pengukuhan yang berjumlah 19 orang.


Kegiatan pengukuhan dimulai dari hari sabtu pukul 10.00 WIB di halaman Pusat Laboratorium Terpadu STIKes Surya Global Yogyakarta dengan check in kelengkapan barang yang dibawa calon anggota baru dipandu oleh operasional, Dilanjutkan apel pembukaan pada pukul 11.00 WIB, kemudian ishoma hingga pukul 12.30 dan pemberangkatan ke Taman Hutan Raya Bunder Pleyen Gunung Kidul DIY. Dalam perjalanan sempat terkendala dengan kemacetan karena perbaikan jalan, Alhamdulillah hal tersebut tidak menjadi hambatan berarti terhadap berjalannya kegiatan. Pukul 14.15 WIB rombongan tiba di lokasi dan dilanjutkan longmarch oleh calon anggota baru, kemudian istirahat sholat dan agenda selanjutnya adalah pengenalan pengurus dari pengurus harian hingga koordinator bidang yang dipandu oleh ketua unit, selanjutkan calon anggota baru ishoma dan kembali ke agenda yaitu simulasi organisasi dari selesai sholat isya hingga kurang lebih jam 22.30 WIB calon anggota dipersilahkan untuk istirahat.


Kegiatan dimulai lagi pada pukul 01.00 WIB dengan jurit malam, di setiap perjalanan calon anggota akan menemukan pos pos pengurus. Di pos pos pengurus calon anggota di gali kefahamannya mengenai keorganisasian hingga pos terakhir adalah pos alumni. Di penghujung jurit malam calon anggota baru menerima stelling dari operasional baik alumni maupun yang masih aktif hingga terik matahari menyapa.


Upacara pengukuhan menjadi puncak dari kegiatan ini, rasa haru dan bangga menyelimuti kegiatan tersebut. Pada apel ini dihadiri oleh Pembina UKM KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global Yk sekaligus sebagai pembina upacara, TSR PMI Kota Yk, KSR PMI Unit I Markas Kota Yk, KSR PMI Unit VII UINSUKA, UKESMA UGM, KSR PMI Poltekkes dan KSR PMI UNY.


Akhir kata kami sekalu panitia Penerimaan Anggota Baru menyampaikan terimakasih sebanyak banyaknya kepada semua pihak yang terlibat, karena tanpa adanya kerjasama kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik.

Lihat Selengkapnya