Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Rabu, 07 Maret 2018, 3:32 WIB

Laporan Ketua DPM STIKES SURGA yang Menghadiri Musyawarah Nasional Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa STIKes Surya Global Yogyakarta yang diwakili Ketuanya Fadillah Rizky Irawan menghadiri undangan Musyawarah Nasional FL2MI (Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia) di Padang, Sumatera Barat yang dilakasanakan pada 26 Februari - 3 Maret 2018.


Musyawarah ini diadakan di Universitas Negeri Padang (UNP), yang dimana UNP menjadi tuan rumah Munas Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia ( FL2MI ) 2018. Acara ini digelar pada tanggal 26 Februari 2018 hingga 3 Maret ini dihadiri lebih dari 400 mahasiswa-mahasiswi dari 140 Universitas se-Indonesia. Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) UNP, Satria Oktavianus mengatakan, ratusan mahasiswa yang hadir tersebut merupakan delegasi Universitas Anggota FL2MI yang dimana Forum ini telah dibentuk sejak Tahun 2007. Keberadaan FL2MI ini bertujuan untuk menyatukan kekuatan mahasiswa Legislatif sebagai agent of change untuk kebaikan Indonesia kedepannya.


 Musyawarah Nasional yang diselenggarakan di Universitas Padang (UNP) kali ini, digelar dengan serangkaian sidang pleno untuk mendengarkan secara langsung Laporan Pertanggung Jawaban pengurus pusat FL2MI, serta seminar untuk pembahasan – pembahasan masalah pada tingkat daerah maupun isu-isu skala Nasional. Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim sangat  mengapresiasi kegiatan ini, Hendra mendorong para mahasiswa untuk selalu aktif  berkonstribusi demi percepatan pembangunan daerah.


 Harapannya dengan adanya Musyawarah Nasional (Munas) Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) mampu memberikan pengetahuan, semangat baru, serta sinergisitas antara lembaga – lembaga legislatif mahasiswa di seluruh Indonesia, sehngga terciptanya agent of change untuk kebaikan Indonesia kedepannya.

Lihat Selengkapnya
Sabtu, 17 Februari 2018, 11:32 WIB

Tingkatkan Skill Pengurus, Divisi Humas PMKM STIKES Surya Global gelar Training Pengelolaan SOSMED

Rabu, 3 Januari 2018  divisi humas PMKM STIKES Surya Global melaksanakan salah satu program kerja dengan mengadakan kegiatan pelatihan sosial media yang di ikuti oleh 10 orang penggurus dan staff magang devisi humas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan pengelolaan sosial media.

Pada zaman sekarang orang tidak bisa terlepas dari yang namanya sosial media, terlebih dengan sangat banyaknya pilihan sarana dan prasarana untuk mengakses dan memberikan info-info kepada orang lain. Belakangan ini sosial media bukan hanya digunakan untuk mencari teman maupun lain, akan tetapi sosial media juga dimanfaatkan sebagai aspek untuk belajar dan meningkatkan pemahaman untuk memberikan aspriras kreatif yang bermanfaat bagi orang lain. Kegiatan ini dilakukan di Aula 2 Graha Santri STIKES Surya Global yang dimulai pada jam 20.00-21.30 WIB. Dalam pelaksanaan kegiatan ini diisi dengan materi dan praktek yang dirangkai semenarik mungkin oleh pemateri agar peserta tidak jenuh dalam proses penerimaan materi,sehingga di hadirkan pemateri yang sekiranya mampu memberikan ilmu yang berkaitan dengan pelatihan sosial media yang telah berpengalaman dalam mengelolah sosial media secara baik dan benar yaitu kakanda RAHMAT NIWA S.K.M , beliau adalah seorang pemuda hebat, bertalenta dan sekarang menjabat sebagai kepala pengelolahan sosial media KESMAS ID.

Pada kesempatan ini beliau menyampaikan, “Bahwa sebagai Humas harus mampu berpikir kreatif, inovatif serta mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang dimana dapat meningkatkan rasa penasaran bagi masyarakat,beliua juga menyampaikan indikator keberhasilan yaitu dapat dillihat dari meningkatnya follower dalam 1 bulan, Kemudian pada kesempatan ini peserta ( patmi ) bertanya “ bagaimana cara menambah follower di ig ? Jawabannya” untuk menambah follower dapat dilakukan dengan  promo akun ig tersebut tiap hari dan memposting hal-hal yang menarik dan sebagainya “.

Dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas SDM khusunya penggurus dan staf magang  devisi humas, pada kesempatan ini saudara IMAM SAFIIH yang menjabat sebagai ketua kadif devisi Humas PMKM perode 2017-2018 menyampaikan “ saya berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin dan berkesinambungan dari penggurus yang sekarang sampai penggurus yang akan datang, dan saya juga berterima kasih kepada kakanda mas Niwa ( Rahmad Niwa S.K.M ), beliau ini merupakan pendiri PMKM STIKES Surya Global yang pertama yang sempat hadir dan mau berbagi ilmu serta meluangkan waktu untuk memenuhi undangan teman-teman penggurus lainnya dan sangat disayangkan sekali apabila teman-teman tidak manfaaatkan dengan baik dan benar’’ ujar imam safii  

Harapannya dengan adanya pelatihan ini mampu memberikan pengetahuan dan kemampuan untuk mengelolah sosial media dengan baik dan benar guna untuk meningkatkan keberhasilan PMKM yang sesui dengan visi-misi PMKM. (Khusnul/PMKM/2018)

Lihat Selengkapnya
Senin, 11 Desember 2017, 12:36 WIB

Sosialisasi Program Nusantara Sehat Kemenkes RI

Indonesia merupakan negara yang termasuk dalam empat besar di dunia dengan penduduk terbanyak. Banyaknya penduduk di Indonesia sayangnya belum semua warganya dapat merasakan kesehatan yang merata. Padahal kesehatan adalah hak semua masyarakat yang harus didapatkan. Semua tenaga kesehatan telah berusaha dalam melakukan tugas dan tanggung jawab serta kewajibannya dalam memberikan pelayanan kesehatan sebaik mungkin. Akan tetapi realitas yang terjadi di Indonesia masih didapatkan daerah-daerah yang belum merata kesehatannya. Namun disisi lain ada juga daerah-daerah di Indonesia yang sudah dikatakan layak dalam hal kesehatannya. Tentu saja ini menjadi permasalahan bagi masyarakat Indonesia terhadap ketimpangan pemenuhan tenaga kesehatan di Indonesia.


Melihat hal demikian maka Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan suatu program pelayanan kesehatan yang melibatkan dalam bentuk pengabdian khusus untuk 9 jenis tenaga kesehatan di Indonesia yang akan ditempatkan di daerah-daerah dengan kriteria daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Program ini disebut Nusantara Sehat. Akan tetapi, tidak semua masyarakat terutama para tenaga kesehatan dan calon kesehatan di Indonesia mengetahui terkait program Nusantara Sehat.


Demi keberhasilan program Nusantara Sehat tersebut maka Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan kegiatan Pertemuan Sosialisasi Nusantara Sehat Tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Quality Yogyakarta. Pertemuan Sosialisasi Nusantara Sehat Tahun 2017 dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari hari kamis malam 16 november 2017 sampai hari sabtu 18 november 2017 siang.


Pada kegiatan Pertemuan Sosialisasi Nusantara Sehat Tahun 2017 ini dihadiri oleh organisasi profesi kesehatan, ikatan senat mahasiswa kesehatan, dan alumni Nusantara Sehat angkatan 2015 (batch 1). Organisasi profesi kesehatan dan ikatan senat mahasiswa kesehatan yang diundang dalam Pertemuan Sosialisasi Nusantara Sehat Tahun 2015 adalah lima tenaga kesehatan yang masih kurang untuk ditempatkan dalam program Nusantara Sehat dari sembilan jenis tenaga kesehatan yang dibutuhkan untuk program Nusantara Sehat. Lima tenaga kesehatan yang dibutuhkan itu adalah dokter, dokter gigi, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, dan ahli gizi. Maka dari itu Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengundang organisasi profesi kesehatan seperti IDI, PERSAGI, HAKLI, PATEKLI, dan PDGI. Sedangkan untuk ikatan senat mahasiswa kesehatan yang diundang adalah ISMKI, ISMKMI, IMATEKLI, HAPLI,dan PSMKGI. (PMKM/2017)

Lihat Selengkapnya
Senin, 20 November 2017, 9:50 WIB

PUBLIC SPEAKING “SPEAK UP! WE ARE THE GOOD SPEAKERS”

Alhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan dan kenikmatan sehingga penggurus PMKM telah usai melaksanakan salah satu program kerja dari Divisi LITBANG yang mengadakan kegiatan pelatihan Public Speaking dengan tema “SPEAK UP! WE ARE THE GOOD SPEAKERS”. Kegiatan Public Speaking ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berbicara di depan umum secara baik dan benar serta dapat memiliki kemampuan dalam menghidupkan suasana dan menempatkan intonasi secara tepat dan benar. Kenapa kita perlu belajar ilmu Public Speaking? Karena Public Speaking sangat diperlukan sekali dalam mendorong pekerjaan yang akan kita lakukan, tentunya setiap hari anda akan bertemu dengan orang banyak serta memerlukan kemampuan untuk berbicara secara baik diantaranya adalah dengan memahami ilmu Public Speaking.
.
Kegiatan ini dilakukan di Aula GSP 2 kampus STIKes Surya Global yang terletak di Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Sasaran kegiatan ini ditujukan pada seluruh mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang berstatus mahasiswa aktif di kampus STIKes Surya Global. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan Public Speaking sebanyak 25 orang serta tema yang terkait dengan dasar-dasar Public Speaking dan dasar-dasar ilmu Kepemimpinan. Dalam kegiatan ini diisi dengan materi dan praktek pelatihan Public Speaking yang dirangkai semenarik mungkin oleh panitia agar mahasiswa tidak jenuh dalam proses penerimaan materi, sehingga dihadirkan pemateri yang sekiranya dapat memberikan ilmu tentang Public Speaking yang sesungguhnya. Serta dapat menginsprasi bagi mahasiswa. 
.
Pelatihan Public Speaking dilaksanakan pada tanggal 15 dan tanggal 22 Oktober 2017 dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Pemateri yang dihadirkan pada pelatihan Public Speaking ini yaitu A.R.Asrari Puadi S.K.M. Beliau seorang anak muda sukses dan bertalenta yang memiliki berbagai pengalaman dalam pelatihan Public Speaking, Dalam penyampaiannya beliau mengatakan “berkomunikasi disini lebih diarahkan pada kemampuan komunikator dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat apalagi dalam ilmu Kesehatan Masyarakat sendiri yang memang mengacu pada promotif dan preventif, Sehingga mahasiswa dituntut untuk bisa aktif dan kreatif dalam berkomunikasi guna untuk menyampaikan pesan-pesan, baik kesehatan maupun lainnya. Kegiatan ini sangat penting dilakukan tujuannya agar mahasiswa selalu siap setiap saat berhadapan langsung dengan masyarakat dan lainnya. Kegiatan ini menjadi pemicu agar mahasiswa lebih kreatif lagi sebab ilmu Kesehatan Masyarakat itu merupakan seni yaitu untuk mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku supaya mudah di terima,maka juga harus dilatih mulai dari sekarang saat masih manjadi mahasiswa”.
.
Public Speaking merupakan kegiatan penyampaian pesan berupa ide/gagasan secara oral atau lisan, serta merupakan seni ilmu pengetahuan tentang komunikasi lisan yang efektif dengan pendengar. Pesan yang akan disampaikan harus sesuai dan pas, bahasa tubuh dan kontak mata yang sesuai, ekspresi wajah dan intonasi juga harus benar-benar diperhatikan. Pembawaan seseorang dalam berkomunikasi menjadi acuan penting apakah pesan tersebut mampu dipahami orang lain atau tidak, jadi kuncinya yaitu percaya diri dan mampu menguasai teknik-teknik dalam Public Speaking.
.
Harapannya dengan adanya pelatihan ini mampu memberikan pengetahuan dan kemampuan untuk berbicara di depan umum dengan baik dan benar. Metode yang dilakukan selama berlangsungnya acara yaitu dengan cara pemateri menyampaikan materi yang telah di siapkan berupa powerpoint dengan menggunakan sistem tanya jawab dan praktek berbicara di depan, masing-masing mahasiswa menyampaikan satu materi yang akan dipresentasikan di depan audiens. Disamping itu sesekali pemateri memberikan hiburan berupa video yang akan dipertontonkan di depan audiens agar peserta tidak jenuh sehingga pikiran kembali fresh dan dapat kembali menerima materi dengan baik. (PMKM/2017)

Lihat Selengkapnya
Senin, 20 November 2017, 9:13 WIB

MEET AND GREAT PMKM STIKES SURYA GLOBAL

MEET AND GREAT PMKM STIKES SURYA GLOBAL .

Alhamdullillah puji syukur kehadirat Allah SWT akhirnya pengurus PMKM STIKes Surya Global telah usai melakukan salah satu program kerja khusus pada Pengurus Harian yaitu dengan mengadakan kegiatan "Meet and Great" atau penyambutan kepada mahasiswa baru Kesehatan Masyarakat, Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa baru mengetahui tentang program studi Kesehatan Masyarakat dan bagaimana peran PMKM dalam dunia kampus maupun di luar kampus untuk membangun kualitas pada mahasiswa baru Kesehatan Masyarakat tahun ajaran 2017-2018.

Sebagai calon tenaga Kesehatan Masyarakat yang nantinya akan memberikan promotif dan preventif kepada masyarakat, maka melalui PMKM ini mahasiswa yang bergabung dalam kepengurusan organisasi HMJ STIKes Surya Global akan senatiasa melakukan kegiatan yang mampu membangun skiil mahasiswa dan meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat.

Pada tanggal 8 September 2017 Perhimpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat ( PMKM ) mengadakan kegiatan “Meet and Great “ dalam rangka penyambutan mahasiswa baru yang dilaksanakan di Aula 1 kampus Timur Stikes Surya Global dengan pemahaman lebih lanjut tentang apa itu Kesehatan Masyarakat, apa itu PMKM, dan seberapa besar peranan PMKM di kampus..Berbicara tentang Kesehatan Masyarakat pasti tidak terlepas dari 2 tokoh metodologi yunani,yakni Asclepius dan Higean. Berdasarkan cerita mitos yunani tersebut Asclepius disebutkan sebagai dokter pertama yang dapat mengobati penyakit dan bahkan melakukan operasi bedah berdasarkan prosedur-prosedur dengan baik.dan Higean seorang asistennya yang kemudian dikisahkan menjadi istrinya telah melakukan upaya-upaya kesehatan.

Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiesi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol inveksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan dan lainsebagainya. Ruang lingkup Kesmas terdiri dari beberapa pilar: epidemiologi dan biostatistik, kesehatan lingkungan, pendidikan kesehatan dan perilaku,administrasi kesmas, gizi kesmas, kesehatan dan keselamatan kerja, Kespro, SIK, dan surveiler penyakit menular.

Apa itu PMKM ?


PMKM merupakan organisasi mahasiswa jurusan yang berdiri pada tanggal 7 September 2007, dan mempunyai wewenang penting dalam prodi Kesehatan Masyarakat. PMKM merupakan wadah mahasiswa Kesmas di kampus.Tujuan PMKM yaitu dapat membuat suatu organisasi yang kokoh dan menerapkan pola kerja yang profesional, yang didasarkan pada visi-misi PMKM secara konsisten dan komprehensif yang akan menunjang. Di samping itu juga PMKM merupakan wadah untuk menampung aspirasi, mengolah potensi mahasiswa.dan merealisasikan dalam program kerja serta memupuk rasa tanggung jawab yang lebih.di dalam struktur kepengurusan PMKM mempunyai beberapa devisi,yaitu antara lain :

 Divisi humas yang bergerak dalam mencari informasi baik itu dilingkungan eksternal maupun di internal serta dapat menjalin hubungan baik dengan organisasi-organisasi lain baik dalam kampus maupun di luar kampus;

 Pokja merupakan rahannya ISMKMI, dimana ISMKMI ini merupakan organisasi nasional yang dapat mengampaikan atau menginformasikan isu-isu Kesmas terbaru.

 Danus merupakan dana usaha yang dapat mengembangan berbagai macam usaha di PMKM.

 Litbang merupakan bidang yang bergerak pada karya tulis ilmiah,dan menggembangkan potensi-potensi mahasiswa.

 PSDM merupakan tempat untuk mengelola berbagai keahlian maupun sumber daya manusianya, yang saling bekerjasama dalam membentuk tujuan bersama demi menjalankan proker selama satu periode kepegurusan.

Dalam kegiatan "meet and great" mahasiswa baru diberikan gambaran terkait dengan kegiatan-kegiatan PMKM baik internal maupun eksternal, sehingga dapat membangun rasa penasaran dan semangat tinggi dalam memajukan dunia kesehatan di Indonesia. (PMKM/2017)

Lihat Selengkapnya
Rabu, 08 November 2017, 10:55 WIB

10 Santri Mahasiswa STIKES Surya Global Alhamdulillah Menerima BIDIKMISI 2017/2018

Stikes Surya Global mulai tahun ajaran 2016/2017 diberikan amanah oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V untuk mengelola program bantuan biaya pendidikan bidikmisi di STIKES Surya Global. BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. 


Untuk tahun ajaran 2017/2018 ini Pesantren Stikes Surya Global menerima 10 santri mahasiwa bidikmisi. Pendaftaran santri mahasiswa baru melalui jalur bidik misi ini diperuntukkan kepada calon santri mahasiswa dari keluarga sederhana (kurang mampu), memiliki nilai akademik dan prestasi  yang baik, dan memiliki kepribadian Islami serta Akhlakul Karimah.


 Daftar nama dan asal sekolah 10 santri mahasiswa Pesantren Stikes Surya Global Yogyakarta penerima Bidikmisi 2017/2018 





























































NO


NAMA SANTRI MAHASISWA


ASAL SEKOLAH


1


AIMMATUL MARATHIS SOLIKHAH


SMAN 1 PACITAN JAWA TIMUR


2


ARIF FARNANDES


SMK AL WASHLIYAH SUKRA INDRAMAYU JAWA BARAT


3


DHEA AYU SAFITRI


SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN


4


DIYAH AYU LESTARI


SMAN 1 SIMO BOYOLALI JAWA TENGAH


5


FEBRIANA AWALIA ROHMAH


SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA


6


INTAN KUSNIA ROHMAH


MA AL AMIN KAPUAS KALIMANTAN TENGAH


7


MAYANG PUTRI PRAMUJI


MAN 1 KALIBAWANG KULONPROGO YOGYAKARTA


8


SALMAH


MA AL MUBARAK WAWO NTB


9


SILVIANA UTAMI


SMKN 3 KUNINGAN JAWA BARAT


10


SINTA MUSTIKA


SMAN 1 SURADE SUKABUMI JAWA BARAT


 

Lihat Selengkapnya