Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

Berita

Selasa, 06 Juni 2017, 8:02 WIB

SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI PRODI NERS STIKES SURYA GLOBAL DI DUSUN SUREN KANOMAN, PLERET, BANTUL

Pada hari Ahad 4 Juni 2017 oleh kelompok IV Program Profesi Ners STIKES Surya Global Angkatan XVIII mengadakan Simulasi Bencana Gempa  yang melibatkan 50 orang masyarakat setempat, Kegiatan ini mendapat antusias dari masyarakat. Program kerja ini merupakan program kerja utama pada kegiatan stase komunitas kelompok IV Profesi Ners STIKES Surya Global sebagai program kerja besar.


Simulasi Bencana Gempa yang diadakan bertujuan supaya masyarakat daerah sekitar, khususnya dusun Suren, Kanoman siap secara materi dan skill jika sewaktu-waktu terjadi gempa. Dalam acara ini masyarakat tidak hanya diajarkan cara berlindung di saat gempa, tapi juga diajarkan tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana  dan bagaimana cara evakuasi dan memberikan Pertolongan Pertama (PP) jika ada korban di sekitarnya.  Dalam acara ini materi simulasi bencana dan Pertolongan Pertama di sampaikan oleh mas Nur Ahmad atau yang sering di sapa mas Bolang dari KSR PMI Kota Yogyakarta, yang juga bekerja sebagai staff di BPBD Provinsi DIY.


Selain itu tujuan dari diadakannya acara ini agar masyarakat mengetahui tentang sepak terjang STIKES Surya Global sebagai kampus yang tidak hanya mengembangkan sayapnya di dunia kesehatan tapi juga pada kemanusiaan.


Dalam kesempatan ini Kepala Dukuh Pungkuran Pleret mengatakan bahwa pada tahun 2006 wilayah Suren. Kanoman yang tergabung dalam pedukuhan Pungkuran termasuk salah satu pedukuhan yang terkena dampak dari kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa bumi. Dari sekian banyak rumah di dusun Suren dan Kanoman hanya 3 bangunan yang berdiri. Serta adanya korban jiwa yang meninggal.


Acara Simulasi Bencana Gempa yang dilaksanakan dari jam 09.00 pagi ini juga di hadiri oleh Babin Kamtibnas dari Polsek Pleret, Kepala Dukuh Pungkuran, Ketua RT 1 dan 2 Kanoman dan ketua RT 4 Suren. Serta dari delegasi Puskesmas dan Kampus STIKES Surya Global selaku pembimbing Stase Komunitas kelompok IV Profesi Ners STIKES Surya Global. Dalam kesempatan ini Nur Ahmad selaku pemateri berharap adanya tindak lanjut ke depannya yang dapat melibatkan dan bekerjasama dengan pihak BPBD Kabupaten Bantul untuk mengelola dusun Suren dan Kanoman sebagai Dusun Tanggap Bencana.


"Dengan adanya antusias dari seluruh kalangan baik masyarakat dan pihak-pihak terkait, kami mengapresiasi dan berharap ke depannya ilmu yang didapatkan dapat berguna, bermanfaat serta berkelanjutan bagi masyarakat sekitar" kata Nyoman Hariadi selaku ketua panitia.(Syabib/2017)

Lihat Selengkapnya
Kamis, 18 Mei 2017, 2:38 WIB

PEMILIHAN UMUM RAYA PRESMA- WAPRESMA & ANGGOTA DPM KELUARGA MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL PERIODE 2017-2018

Pesta demokrasi mahasiswa Stikes Surga telah usai dilaksanakan pada 28 April 2017. Berbagai tahapan Pemira ini telah dijalankan untuk menuju terciptanya sebuah perubahan, sesuai dengan tema yang diusung oleh Panitia Pemira tahun ini  yaitu “ Pemira Sebagai Sarana Terciptanya Demokrasi STIKes Surya Global Menuju Pemerintahan Mahasiswa Yang Amanah ” dan untuk keberlanjutannya kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)  di periode kedepan. Dimulai dari 13 hari Registration calon kandidat Presma-Wapresma BEM Kema dan calon anggota DPM Kema yakni tepatnya pada tanggal 5 sampai dengan 17 april 2017. Tahapan pemira berlanjut pada sosialisasi calon kandidat yang dilaksanakan pada tanggal 18 april 2017.



Berlanjut di hari berikutnya dilaksanakannya Debat Capresma dan Waprema BEM Kema dari dua Pasangan kandidat pada hari rabu 19 april 2017 dan Orasi Calon kandidat Capresma- Wapresma dan Calon Anggota DPM Kema pada hari Kamis 20 april 2017. Kemudian masa kampanye pada hari kamis tanggal 20 sampai dengan senin 24 april 2017 dan berlanjut 2 hari berikutnya tanggal 25 – 26 april yaitu masa tenang.




Sampai pada acara puncaknya kemarin pada hari kamis tanggal 27 april 2017 terlaksananya pemungutan suara mulai pukul 8.00 sampai dengan 16.30 wib serempak di seluruh jurusan baik S-1 Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, S-1 Ilmu Keperawatan dan D3 Farmasi. Panitia pemira telah menyediakan sebayak 4 tempat pemungutan suara (TPS) yang letaknya strategis yaitu lokasi TPS 1 berada di depan ruang kelas 1-5, TPS 2 berada di depan perpustakaan kampus, TPS 3 berada di depan TK little care surya global dan TPS 4 berada di depan aula graha santri di kampus baru.



Kemudian setelah pemungutan suara ditutup, pada malam harinya dilanjutkan untuk perhitungan suara yang berlansung pada pukul 19.30 wib sampai dengan pukul 04.45 wib tanggal 28 april 2017. Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara adalah dari Calon Kandidat Pasangan No urut 1 yaitu Diki Amir Sholeh sebagai Capresma dan Nur Andi Prasetia sebagai Cawapresma BEM memperoleh suara yang sah sebanyak 552 suara dan Calon Kandidat Pasangan no urut 2 yaitu Deden Kurniawan Saputra sebagai Capresma dan Sri Rizky Toyyibah sebagai Cawapresma BEM memperoleh suara yang sah sebanyak 273 dari total keseluruhan suara sesuai daftar pemilih tetap yaitu 1737. Dengan hasil ini ditetapkan bahwa Presma –Wapresma terpilih pada Pemira periode 2017/2018 adalah Pasangan No urut 1 yaitu Diki Amir Sholeh dan Nur Andi Prasetia.



Sedangkan untuk hasil rekapitulasi perhitungan suara dari Calon Kandidat Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa atau DPM Kema adalah No urut 1 yaitu Silmi Haq Sabri diperoleh suara sebanyak 89 suara, No urut 2 yaitu Afrianti Pakalessy memperoleh suara sebanyak 115 suara, No urut 3 yaitu Hindun Sholihat memperoleh suara sebanyak 148 suara, No urut 4 yaitu Nur Azizah memperoleh suara sebanyak 38  suara, No urut 5 yaitu Nida Fitri Ulfiana,  memperoleh suara sebanyak 45 suara, No urut 6 yaitu Permata dewi Chania memperoleh suara sebanyak 28 suara, No urut 7 yaitu Novia anjani memperoleh suara sebanyak 58 suara dan No urut 8 yaitu Fadillah Rizky Irawan memperoleh suara sebanyak 291 suara dari total keseluruhan suara sesuai daftar pemilih tetap yaitu 1737. Sedangkan untuk Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa terpilih adalah semua calon kandidat yang telah memperoleh suara yang sah dan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Karena sesuai Undang-Undang pemira tahun 2017 pada pasal 25 tentang ketentuan Calon DPM.



Harapannya dengan adanya Pemira tahun ini sebagaimana seperti tahun-tahun sebelumnya adalah sebuah pesta demokrasi kampus yang dapat menjadikan pembelajaran, pengalaman dan  untuk evaluasi kedepannya mengenai siyasiyah atau politik kampus, baik masyarakat kampus pada umumnya dan seluruh mahasiswa pada khususnya. Sehingga pemimpin yang telah terpilih saat ini dapat memimpin pemerintahan mahasiswa di kampus sesuai dengan harapan semua masyarakat kampus yakni menjadi pemimpin yang amanah dan bersinergi untuk mahasiswa, masyarakatnya dan kampusnya (irm).



Dikeluarkan oleh:
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surga.

Lihat Selengkapnya
Kamis, 27 April 2017, 3:54 WIB

Seminar Nasional: PELUANG KERJA TENAGA KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN ADANYA DOKTER LAYANAN PRIMER

Ahad 9 April 2017 diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) STIKES Surya Global

Kesehatan masyarakat di Indonesia memiliki berbagai masalah kesehatan yang kompleks seperti angka kematian bayi dan ibu hamil, burden penyakit menular belum selesai ditambah dengan penyakit tidak menular. Selain itu, dilihat dari latar belakang penguatan  layanan primer peran Kesehatan Masyarakat sebagai tenaga kesehatan layanan primer sangat penting hanya saja banyak profesionlisme SKM di dinas kesehatan serta di institusi pelayanan kesehatan tetapi belum menduduki jabatan strategis.


Dimana Peran SKM?


Seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat tetap memiliki berbagai peran dalam layanan kesehatan primer berdasar kompetensi meskipun adanya Dokter Layanan Primer. Semua itu dapat dilihat dari berbagai faktor seperti kompetensi DLP sendiri dan kompetensi SKM serta banyaknya permasalahan kesehatan yang ada. Salah satu peluang SKM adalah seperti konsultan kesehatan, menjadi dosen, akademisi, peneliti, tenaga ahli di Rumah Sakit, tenaga penyuluh kesehatan, administrasi kesehatan di institusi kesehatan, ahli informatika kesehatan, tenaga teknis di institusi pelayanan kesehatan, serta keterlibatan dalam upaya pencegahan penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja.Untuk itulah Persatuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (PMKM) menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertema "PELUANG KERJA TENAGA KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN ADANYA DOKTER LAYANAN PRIMER" yang diselenggarakan di Hotel Satya Graha pada hari Ahad 9 April 2017 lalu dengan pemateri antara lain:


1.    Drg. Usman Sumantri, M.Sc (Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI)


2.    Hanifa M. Denny, SKM, MPH, Ph.D (Ketua Umum PERSAKMI 2013 – 2017)


3.    dr. Fitri Indah Setyawati, M.Sc (Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi DIY)



 


 


 



Apakah itu Dokter Layanan Primer?


Dokter Layanan Primer atau DLP adalah dokter setara dokter spesialis (KKNI 8) di bidang generatif yang secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip ilmu kedokteran keluarga ditunjang dengan ilmu kedokteran komunitas danilmu kesehatan masyarakat dan mampu memimpin maupun menyelenggarakan pelayanan kesehatan primer.


Apakah perbedaan kompetensi Dokter dan kompetensi Dokter Layanan Primer?


Kompetensi seorang dokter, yaitu:


a.    Profesionalitas yang luhur


b.    Mawas diri dan pengembangan diri


c.    Komunikasi efektif


d.    Pengelolaan informasi


e.    Landasan ilmiah ilmu kedokteran


f.    Ketrampilan klinis


g.    Pengelolaan masalah kesehatan


 


Kompetensi seorang Dokter Layanan Primer, yaitu:


a.    Etika, Hukum dan profesionalisme di pelayanan primer


b.    Komunikasi Holistik, Komprehensif dan Kecakapan Budaya


c.    Pengelolaan kesehatan yang berpusat pada individu dan keluarga


d.    Ketrampilan klinis


e.    Manajemen fasilitas pelayanan kesehatan primer


f.    Pengelolaan kesehatan yang beorientasi pada komunitas dan masyarakat


g.    Kepemimpinan


 

Lihat Selengkapnya
Senin, 24 April 2017, 7:30 WIB

Up-Grading KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global

Yogyakarta (08/04/2017), KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global Yogyakarta melaksanakan kegiatan Upgrading anggota, dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan memupuk totalitas anggotanya sehingga bisa menjadikan organisasi KSR lebih maju. Kegiatan ini dilaksanakan di Bunker Kaliadem Sleman Yogyakarta

Dalam kegiatan Upgrading ini,hadir Bapak Herbakti selaku pembina KSR PMI Unit XI STIKes Surya Global Yogyakarta, turut hadir juga beberapa alumni KSR PMI Unit XI. Kegiatan yang diawali dengan shalat magribyang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Al ma’surot dan pembacaan surat yasin yang menjadikan Upgrading lebih menenangkan. Sebelum memasuki pada agenda inti, anggota KSR PMI Unit XI selanjutnya melaksanakan makan malam bersama yang kemudian dilanjutkan dengan Shalat isya berjama’ah.

 Memasuki acara inti, sebelum dilaksanakan proses evaluasi kepengurusan, terlebih dahulu diputarkan video dokumenter perjuangan yang sudah pernah dilalui oleh para anggota untuk persyaratan menjadi anggota setiap periode, sehingga semangat anggota kembali berkobar.

Dalam pelaksanaan evaluasi kepengurusan, panitia dibantu oleh alumni dalam memfasilitasi pengurus dan anggota KSR PMI Unit XI dalam melakukan evaluasi, kegiatan evaluasi dilaksanakan dengan sistem kompas method, dimana alumni memfasilitasi agar pengurus dan alumni dapat bekerjasama dalam mengevaluasi KSR PMI Unit XI.

Mechanical Upgrading pada hari kedua diisi dengan Outbond pada pagi hari Sebelum memulai upgrading ini, peserta dibagi ke dalam tiga kelompok yang  nantinya semua kelompok akan bermain games yang telah disiapkan oleh panitia. Lokasi outbond tepatnya dibawah bunker kaliadem. Games diisi dengan 3 permainan yang meningkatkan kerjasama, kekompakan, kepercayaan yang akan meningkatkan kerja tim dan bermanfaat untuk anggota KSR PMI Unit XI dalam menjalankan amanah ke depannya. Setelah games berakhir, semua anggota pun berkumpul. Agenda selanjutnya adalah ISHOMA. Setelah sholat dilanjutkan dengan makan siang bersama yang telah disediakan oleh panitia. Selanjutnya adalah setelah seluruh acara berakhir, upgrading ditutup dengan sesi foto bersama anggota dan juga pembina KSR PMI Unit XI.

Setiap permainan dan rangkaian dalam upgrading ini memiliki makna. Upgrading ini sebagai bentuk penguatan internal KSR PMI Unit XI. Harapannya setiap anggota dapat mengambil makna dan manfaat dari upgrading kali ini. Secara umum, upgrading kali ini berjalan cukup lancar.

Lihat Selengkapnya
Kamis, 13 April 2017, 2:17 WIB

Sakina Qatrunnada, mahasiswi D3 Farmasi STIKES Surya Global lolos seleksi untuk mengikuti FIMA Youth Summer Camp 2017 di Turki


 

FIMA Youth Summer Camp adalah salah satu program kerja yang dibuat oleh FIMA untuk membentuk, melatih dan mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa kesehatan Muslim yang ada di dunia. FIMA Youth Summer Camp tahun ini akan dilaksanakan di TURKI pada tanggal 16 - 23 Juli 2017. Pada program kerja ini Indonesia akan diwakili oleh PROKAMI (Perimpunan Profesi Kesehatan Muslim Indonesia) yang akan menyeleksi dan juga mengkoordinasikan delegasi yang akan diikutsertakan dalam kegiatan FIMA Youth Summer Camp. FULDFK sebagai bagian dari PROKAMI MUDA memperoleh amanah untuk melakukan seleksi tahap awal FIMA Youth Summer Camp. Syarat untuk mengikuti FIMA Youth Summer Camp antara lain: beragama Islam, mahasiswa aktif di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan lainnya, berkomitmen dalam pengembangan dakwah profesi kesehatan di Indonesia, kontrak dengan IIMA, dsb.

 

Kina panggilan dari Sakina Qatrunnada, mahasiswi yang berasal dari Depok Jawa Barat ini lolos seleksi melalui essay yang bertemakan “Aplikasi Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW di Era Sekarang”. Ia masuk 4 besar dari ke-13 peserta yang lolos seleksi dan satu-satunya yang berasal dari Sekolah Tinggi diantara Universitas-universitas lain seperti UGM, UI, UNS, UII, dll. Mahasiswi semester IV yang juga aktif sebagai Sekretaris di Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFA) STIKES Surya Global ini juga aktif di berbagai kegiatan seperti: terpilih sebagai Inovator Desa pada program DESA MENGGLOBAL, mengajar mengaji anak-anak jalanan, mengajar kursus bahasa Inggris dan sebagai tour guide para turis asing di Malioboro Jogja. Lulusan Pondok Pesantren Modern Gontor yang fasih berbahasa Inggris dan Arab ini rencananya akan menjadi Keynote Speaker mewakili delegasi Indonesia di ajang FIMA Youth Summer Camp di Istanbul Turki yang berlangsung pada 16 Juli - 23 Juli 2017. Pada forum tersebut Sakina akan menyampaikan 4 makalah, diantaranya:

 

1. Jamu Gendong di Jogja

2. Budaya Masyarakat Sunda yang suka makan dengan sayuran mentah

3. Budaya Suku Baduy di Banten yang suka jalan kaki

4. Budaya Pemuda Indonesia yang peduli terhadap anak jalanan

 

Lihat Selengkapnya
Senin, 27 Maret 2017, 11:17 WIB

PELATIHAN PUBLIC SPEAKING PMKM STIKES SURYA GLOBAL

PMKM STIKes Surya Global mengadakan Pelatihan Public Speaking dengan tema “Explore Your Mind and be a Good Speaker” yang dilaksanakan pada hari Ahad, 12 Maret 2017 dengan pembicara Drs. Trisno Heru Nugroho, APP, M.Kes sebagai Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sarjito yang bertempat di Graha Santripreneurship. Materi yang disampaikan adalah bagaimana cara menjadi Public Speaking yang baik dan mengatasi masalah yang biasa dihadapi dalam Public Speaking.
Public Speaking adalah bentuk komunikasi dimana seorang pembicara menghadapi pandangan dalam jumlah yang relatif besar dan pembicaraan yang relatif kontinue. Apa pentingnya public speaking? Public Speaking penting karena kompetensi lisan (berbicara) merupakan syarat kesuksesan seseorang baik sukses di akademik, personal, maupun professional. Tujuan public speaking antara lain:
•    To persuade, mempengaruhi audience agar mempercayai public speaker
•    To educate, mendidik audience menjadi cerdas dan mempunyai pengetahuan
•    Mind set, merubah pola pikir.

Ada yang beranggapan bahwa kesuksesan seseorang berkomunikasi (berbicara) adalah karena seseorang tersebut memiliki talenta, padahal hal tersebut belum tentu benar karena talenta hanyalah salah satu faktor dari faktor pembentuk. Faktor pembentuk itu sendiri antara lain:
•    Proses belajar, terbiasa, dan berlatih
•    Lingkungan yang kondusif
•    Talenta

Public speaking yang baik :
•    Spontan, dengan kunci menguasai materi
•    Catat yang ingin disampaikan dalam bentuk point-point
•    Interaktif dengan audience (tanya jawab diselingi humor)
•    Menguasai materi (bisa melakukan improvisasi)
•    Pelajari target komunikasi
•    Bersikap optimis
•    Jangan senggan bertemu kontak mata dengan audience
•    Hindari berbicara SARA dan komperatif
•    Mainkan intonasi suara pada point-point penting
•    Berkostum yang sesuai
•    Menggunakan waktu yang efisien
•    Artikulasi AIUEO yang jelas

Tanda tanda public speaking mengalami gangguan cemas:
•    Detak jantung keras
•    Lutut bergetar
•    Suara bergetar
•    Keringat dingin
•    Mulas, pusing, gagap
•    Mata berair dan lupa materi

Cara mengatasi hal tersebut adalah :
•    Menguasai materi
•    Mencari pengalaman berbicara sebanyak mungkin
•    Usahakan ketika akan melakukan public speaking dalam keadaan fresh pikiran
•    Atur pernapasan dengan baik agar intonasi juga jelas
•    Teknik membuka dan menutup public speaking dengan semenarik mungkin sesuai dengan kondisi audience.

Tips public speaking yang sukses :
•    Percaya diri
•    Variasi suara (sesuai kebutuhan)
•    Ekspresi wajah
•    Bahasa tubuh
•    Rebut perhatian audience :
?    Busana serasi
?    Tepat waktu
?    Audio visual
?    Kemukakan tujuan

Lihat Selengkapnya