Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2019 2020 masih dibuka sampai akhir September 2019 -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺

PESANTREN MAHASISWA

Rekam sejarah “ Imperium Seljuk” telah mengajarkan pada kita bagaimana membangun sebuah “Peradaban”. Latar belakang berdirinya “ Madrasah Nazhamiyah” tidak bisa dipisahkan dari dua nama besar yaitu, Menteri Hasan bin Ali bin Ishaq At-Thusy yang bergelar “ Nazhamul Mulk” dan ulama besar saat itu Al-Ghazali. Keduanya begitu risau dengan kondisi umat yang lemah karena “kejahilan” yang mencengkeram umat saat itu, bahwa menyadari persoalan inilah yang menjadi akar masalah dari redupnya peradaban umat. Memperbaiki keadaan tersebut harus dimulai dengan adanya gerakan perubahan (Tajdid) dan perbaikan di tubuh umat itu sendiri. Salah satu program utama yang menjadi wasilah perjuangan beliau adalah dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan (Madrasah Nazhamiyah) yang bertugas mendidik dan mencetak kader-kader pejuang peradaban yang aqidahnya benar, imannya mendalam dan ilmu pengetahuannya mapan.

Menteri Agama RI dalam sambutannya pada acara 13 th ANNUAL INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC STUDIES ( AICIS XIII) di Mataram NTB menyatakan “Ke depan Islam di Indonesia yang Rahmatan lil Alamin, yang ramah, yang toleran, bersahabat dengan kultur dan kearifan lokal, nyaman, teduh, damai dan solutif, akan menjadi salah satu rujukan PERADABAN ISLAM DI DUNIA ( INDONESIA MEMENUHI SYARAT MENJADI PUSAT PERADABAN BARU ISLAM)”. Selanjutnya beliau juga menyampaikan, “SUDAH SAATNYA, KITA MENGINTEGERASIKAN ILMU AGAMA DAN ILMU UMUM. HILANGKAN DIKOTOMI DIANTARA KEDUANYA”.

Tradisi pendidikan yang dibangun Islam tidak sama dengan tradisi pendidikan barat pada umumnya. Jika menilik tradisi pendidikan Islam sejak masa Rasulullah, ada satu tradisi Pondasi dasar yang wajib dibangun dalam sistem pendidikan sebelum memasukkan ilmu-ilmu umum. Pondasi dasar itu adalah Ilmu Agama, selebihnya akan menjadi beban tanggungjawab dan bisa jadi menjadi penyesalan kalau hanya berhenti pada jidal (debat), kebanggaan, dan alat penarik keuntungan dunia semata. 

PROGRAM PENDIDIKAN KADER SANTRI PROFESI (Kader Dakwah Profesi)
Program ini wajib diikuti oleh Mahasiswa Santri di PESANTREN STIKes SURGA Program ini bertujuan untuk membentuk karakter dasar mahasiswa santri, yang meliputi : Pengetahuan, Kepahaman, Kesadaran, Keyakinan dan Amal Islami, kesemuanya sebagai modal dasar yang harus dimiliki mahasiswa santri di dalam menjalankan profesinya di tengah-tengah masyarakat :
1. Membentuk mahasiswa santri yang menjadikan profesinya sebagai wasilah dalam melaksanakan tugas amar ma'ruf nahi mungkar.
2. Sebagai kader kesehatan yang taat, peduli, empati, dan kasih sayang terhadap orang lain.
3. Menjadi kader pejuang bangsa yang jujur, amanah, islami, dan cinta tanah air. 

VISI DAN MISI
Visi program ini adalah melahirkan Generasi Rabbani, sedangkan misinya adalah :
1. Mendidik dan Membentuk Mahasiswa Santri Kesehatan yang Berkepribadian Islami
2. Mendidik dan Membentuk Mahasiswa Santri Kesehatan yang Berkepribadian Da'i/Da'iah
3. Mendidik dan Membentuk Mahasiswa Santri Kesehatan yang Berkepribadian Ilmiah, Berwawaskan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air. 

Karakter Mahasiswa Santri
1. Berakidah lurus
2. Beribadah dengan benar
3. Berakhlak yang baik
4. Mampu bekerja (mandiri)
5. Berwawasan kebangsaan
6. Berbadan sehat dan kuat
7. Memiliki etos kerja yang tinggi
8. Tertata urusannya
9. Efektif dengan waktunya
10. Bermanfaat bagi orang lain 

8 Tertib Mahasiswa Santri :
1. Sholat Berjamaah di masjid
2. Qiyamul lail di 1/3 malam terakhir
3. Dzikir Pagi dan Petang
4. Baca Al Qur’an setiap hari
5. Sholat Dhuha
6. Puasa Senin dan Kamis
7. Menjaga Wudhu
8. Terbina dan Membina

Program Mulazamah :
1. Tauhidullah
2. Ma’na al ilaah
3. Arti Laa ilaa ha Illallah
4. Memaknai syahadat
5. Kedudukan niat dalam amal
6. Aurat dan pakaian
7. Islam Wasathiyah (moderat)

Materi Dirosah Mahasiswa Santri
1. TAUHID
2. AKHLAQ
3. FIQIH
4. BAHASA ARAB
5. TAHSIN & TAHFIDZ
6. THIBBUN NABAWI & TERAPI QUR’ANI

 Fasilitas
- Kamar Tidur Berjama’ah*
*) Lemari dan Alas Tidur (kasur) disediakan oleh santri yang bersangkutan
Biaya Mondok Pesantren STIKes SURGA per bulan sebesar Rp. 300.000
( Biaya makan Pagi & Sore, Biaya Kebersihan Lingkungan, Listrik, Air )